-->

Contoh makalah tentang bahaya merokok bagi kesehatan

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Cigarette, Smoke, Embers, Ash, Burns

Salah satu kebiasaan yang masih sering orang lakukan sehari-hari yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan adalah merokok. baik orang tua maupun remaja sudah banyak yang telah menjadikan rokok sebagai makanan sehari-hari mereka dan tidak dapat dihilangkan dari kehidupanya meskipun mereka sudah mengetahui dampak buruk yang akan didapat dari rokok tersebut. sebenarnya sudah banyak kasus yang diakibatkan oleh rokok ini terutama penyakit yang menyerang pada paru-paru. hal ini membuktikan bahwa merokok dapat membawa penyakit yang sangat parah.

Bila dipikirkan secara jelas merokok tidak hanya dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan diri sendiri. tetapi bisa membawa kita menuju kemiskinan. bagaimana tidak? karena tiap hari kita bisa menghabiskan beberapa batang yang jika dihitung sampai satu bulan kita bisa mengeluarkan uang yang lumayan banyak hanya untuk membeli rokok saja.

Rumusan Masalah
  1. Mengapa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan?
  2. Penyakit apa saja yang dapat timbul akibat merokok?
  3. Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan merokok?
Tujuan Penelitian
  1. Menjelaskan dampak negatif dari merokok
  2. Menjelaskan penyakit yang dapat timbul ketika merokok
  3. Menjelaskan tips bagaimana cara menghilangkan kebiasaan merokok
Manfaat penelitian
  1. Menyadarkan masyarakat betapa berbahayanya merokok
  2. Menghimbau masyarakat untuk mengganti kebiasaan buruk merokok dengan berbagai aktifitas yang sangat bermanfaat
  3. Membuat masyarakat hidup sehat

BAB II

PEMBAHASAN


Bahaya Merokok
Merokok adalah suatu kebiasaan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. kerugian yang didapat dari merokok adalah terganggunya kesehatan dan akan membuat timbulnya suatu penyakit seperti infeksi paru-paru,asma,penyakit jantung,stroke dan masih banyak lagi. selain merugikan diri sendiri ternyata merokok bisa merugikan orang lain karena asap yang dikeluarkan ketika merokok akan menyebabkan pernapasan orang lain menjadi terganggu. hal yang dapat dilakukan untuk menghindari dari penyakit mematikan ini adalah dengan membehentikan diri kita untuk merokok. tetapi kebiasaan ini tidak dapat dihilangkan begitu saja. butuh waktu dan keinginan yang benar-benar kuat untuk dapat berhenti sepenuhnya. dan pastinya dukungan dari orang-orang terdekatnya.

Cara menghilangkan kebiasaan merokok
Untuk menghilangkan kebiasaan merokok dapat dilakukan dengan cara mengalihkan perhatian dari rokok yaitu dengan melakukan kegiatan yang positif diantaranya adalah berolahraga,ikut ke berbagai organisasi, memancing dan jangan sampai membuat diri kita menggangur. dengan hal ini
kita akan lupa sama rokok dengan sendirinya. cara lain juga dapat kita lakukan dengan cara tidak bergaul dengan orang yang  merokok karena faktor seseorang yang dapat menyebabkan melakukan kebiasaan merokok adalah pergaulan dengan orang yang merokok.

Jenis-jenis kandungan dalam rokok yang sangat berbahaya
  • Nikotin
  • Tar
  • Hidrogen sianida
  • Benzena
  • Formaldehida
  • Arsenik
  • Kadmium
  • Amonia

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan
Merokok akan menyebabkan berbagai jenis penyakit yang berbahaya seperti stroke,jantung,paru-paru,diabetes dan asma. cara agar dapat menghindari itu semua adalah dengan berhenti merokok. cara yang dapat dilakukan untuk dapat berhenti merokok adalah dengan menjalani aktifitas yang bermanfaat seperti memancing,sepeda atau bisa dilakukan juga dengan cara bergaul dengan orang yang tidak merokok. semua orang yang mempunyai kebiasaan merokok akan bisa berhenti jika ada keinginan yang sangat kuat untuk berhenti.

Saran
Apabila tidak ingin terkena penyakit yang sangat berbahaya maka sesegeralah berhenti merokok karena jika diteruskan akan bisa berakibat buruk bagi kesehatan. cegahlah hasrat kita untuk merokok. semakin banyak kita merokok maka akan semakin banyak juga kita menimbun penyakit. apabila sudah terkena penyakit maka hanya penyesalan yang dapat kita nikmati. oleh karena itu mencegah akan lebih baik dari pada mengobati. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel