-->

Contoh makalah singkat tentang penyalahgunaan narkoba di Indonesia

CONTOH MAKALAH TENTANG PENYALAHGUNAAN NARKOBA


BAB I

PENDAHULUAN



Drugs, Cocaine, User, Addiction

Latar belakang

Pada zaman sekarang ini penggunaan narkoba sudah semakin merajalela. penggunanya tidak hanya orang dewasa saja bahkan anak-anak dibawah umurpun sudah mengkonsumsi narkoba. hal ini tentu nya akan membuat dampak buruk bagi masa depan anak tersebut. tidak hanya itu, menggunakan narkoba bisa membuat seseorang menjadi kecanduan dan tidak akan bisa berhenti. salah satu jalan yang harus dilakukan untuk menghilangkan efek kecanduan tersebut ialah dengan melakukan rehabilitasi.dampak yang didapatkan jika diteruskan maka akan bisa merusak sistim saraf yang membuat orang tersebut tidak bisa berfikir secara jernih dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Untuk mengurangin penggunaan jaringan narkoba Badan Narkotika Nasional harus selalu membasmi pengedar maupun pengguna narkoba. yaitu dengan cara melakukan patroli dibeberapa titik tempat narkoba tersebut berasal. pada beberapa kasus banyak sekali narkoba yang berasal dari luar negeri yang dikirim ke Indonesia melalui jalur darat maupun laut. dengan melakukan hal ini Indonesia bisa terbebas dari narkoba. dan untuk para pengedar khususnya semoga bisa dihukum semaksimal mungkin agar tidak terjadi lagi perdagangan bebas barang haram ini.

Rumusan Masalah

  1. Apa yang membuat seseorang mengkonsumsi narkoba?
  2. Bagaimana agar kita bisa menghindari mengkonsumsi narkoba?
Tujuan Penelitian
  1. Untuk mengetahui bahayanya zat yang terkandung pada narkoba
  2. Untuk menyelamatkan penduduk dari penggunaan narkoba
Manfaat penelitian
  1. Sebagai himbauan kepada masyarakat seberapa bahayanya narkoba bagi kesehatan
  2. Membuat pengguna narkoba tidak akan menggunakannya kembali
  3. Sebagai bahan pembelajaran bahwa menjadi pengguna narkoba akan membuat hidup menjadi ketergantungan



BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian Narkoba

Narkoba adalah obat yang sangat berbahaya yang bisa menimbulkan efek pecandu apabila dikonsumsi oleh penggunanya. sebenarnya narkoba adalah obat yang paling sering dibutuhkan pada bidang kedokteran yaitu untuk membius,pengobatan operasi serta masih banyak lagi fungsinya untuk pasien. namun yang perlu di khawatirkan ialah penyalahgunaan narkoba kepada orang-orang yang tidak membutuhkan nya contohnya menggunakan heroin hanya untuk medapatkan kepuasan tersendiri seperti merasa tenang, damai dan pikiran terasa melayang yang justru malah berdampak buruk bagi kesehatan tubuh pengguna.

Jenis-jenis narkoba
  1. Morfin
  2. Heroin
  3. Ganja
  4. Metadon
  5. Kodein
Penggunaan narkoba mungkin hanya menyenangkan sesaat saja tetapi efek negatifnya akan terus berkepanjangan dan membuat hidup menjadi lebih tidak sehat. berdasarkan pengalaman orang yang mengkonsumsi narkoba akan mengalami perubahan perilaku seperti lebih sering berdiam diri, jarang berbicara kepada orang lain, emosi yang sangat tidak stabil dan yang lebih mencolok yaitu berbicara secara melantur/tidak jelas.
3. Dampak Penggunaan narkoba
Ketika seseorang menggunaka narkoba akan berdampak pada perilaku serta beberapa ciri-ciri sebagai berikut :
  • Menjadi lebih sering berdiam diri dan tidak ingin orang lain bersamanya
  • tidak bisa mengontrol emosi nya lebih mudah marah
  • berbicara tidak jelas/ngelantur
  • selalu berusaha menemukan kesenangan sendiri
  • selalu pergi keluar rumah pada malam hari
  • pupil pada mata mengecil dan ketika berbicara selalu menghindari kontak mata
4. Upaya pencegahan
Untuk dapat terhindar dari jeratan narkoba bisa melakukan hal sebagai berikut ini :
  1. Bergaulah dengan orang yang tidak mengkonsumsi narkoba
  2. Hindari pergaulan dengan orang yang tidak dikenal
  3. Jangan selalu mempercayai orang yang baru dikenal
  4. Hindari pemberian obat-obatan dari orang yang tidak dikenal
  5. Buatlah komunitas atau kegiatan positif lainnya 


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Apabila seseorang sudah mengkonsumsi narkoba maka kehidupan yang dijalaninya 100% akan lebih jauh berbeda dari sebelumnya dan pasti akan terus merasa ketergatungan pada obat yang dikonsumsinya. apabila tidak terpenuhi maka pengguna bisa melakukan hal-hal yang nekat untuk dapat memenuhi keinginanya seperti mencuri.membunuh atau luapan emosional yang sangat besar yang dapat membahayakan orang lain disekitar.

Saran

  • Semoga apa yang disampaikan bisa berguna dan bermanfaat bagi pembaca dan selalu terhindar dari penggunaan obat-obat terlarang dan bagi pengguna bisa secepatnya terlepas dari kecanduan nya karena efek dan dampak yang didapat akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita sendiri.
  • Diharapkan kepada Badan Narkotika Nasional yang memerangi narkoba terus bekerja keras untuk memerangi narkoba sehingga seluruh jaringan narkoba yang ada di Indonesia ini bisa terhapuskan 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel