-->

Cara menggunakan rumus COUNT pada Microsoft Excel terbaru

Sebelum melakukan perumusan, sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu apa itu microsoft excel. microsoft excel adalah program aplikasi windows yang sering diggunakan untuk melakukan berbagai macam pengolahan angka yang sering dipakai di kantor ataupun dikampus. tentunya dengan microsoft excel semua perhitungan data yang dilakukan akan lebih simple dan cepat dilakukan seperti misalnya menghitung daftar hadir siswa, membuat laporan perhitungan penjualan, bahkan sampai melakukan penjumlahan dari beberapa kolom dalam waktu hitungan detik saja.

Tidak hanya satu rumus saja tetapi pada microsoft exce ada banyak macam rumus yang harus diketahui agar bisa menggunakan nya. pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan rumus COUNT pada Microsoft Excel.

Penggunaan Rumus Count

Rumus count berfungsi untuk menghitung banyaknya data yang ada. berapapun data yang tercantum bisa kita hitung dengan cepat. rumusannya yaitu sebagai berikut :

 =count(data awal:data akhir)

Contoh :
kita akan menghitung banyak data yang ada pada tabel dibawah ini, yaitu menghitung banyaknya mahasiswa yang ada pada tabel tersebut dapat dituliskan data banyaknya mahasiswa seperti gambar dibawah ini



setelah menuliskan data =count( maka tidak diharuskan menulis rumus B3:B9 pada keyboard, yang perlu dilakukan hanya memblok data yang ada pada tabel dimulai dari data pertama sampai terakhir. setelah terblok maka akan otomatis pada rumus count akan tertera kolom yang akan dijumlah yaitu kolom B3 sampai B9. lalu tekan enter maka otomatis jumlah data siswa yang ada pada tabel sudah terjumlah  yaitu ada sebanyak 7 siswa. seperti gambar di bawah ini


begitulah cara menggunakan rumus count yaitu menjumlah banyaknya data siswa. berebeda dengan sum yang memiliki berfungsi untuk menjumlahkan nilai bukan data siswa.

Demikian penjelasan ini semoga bisa membantu sobat untuk megoperasikan microsoft ini dengan sebagaimana mestinya. selanjutnya saya akan menjelaskan fungsi-fungsi yang lain karena tidak hanya rumus count dan sum saja tetapi ada 20 macam rumus excel yang harus dipahami supaya dapat menggunakanya dengan benar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel