-->

Cara mudah menggunakan rumus SUM pada Microsoft Excel

Sebelum melakukan perumusan, sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu apa itu microsoft excel. microsoft excel adalah program aplikasi windows yang sering diggunakan untuk melakukan berbagai macam pengolahan angka yang sering dipakai di kantor ataupun dikampus. tentunya dengan microsoft excel semua perhitungan data yang dilakukan akan lebih simple dan cepat dilakukan seperti misalnya menghitung daftar hadir siswa, membuat laporan perhitungan penjualan, bahkan sampai melakukan penjumlahan dari beberapa kolom dalam waktu hitungan detik saja.

ada beberapa rumus yang harus dipahami agar bisa menggunakan nya dan pada postingan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan rumus SUM pada microsoft excel.

CARA MENGGUNAKAN RUMUS SUM

rumus SUM adalah rumus yang ada pada microsoft excel yang berfungsi untuk menjumlahkan data pada range. untuk menggunakan rumus sum ini kita harus mempunyai data yang akan dijumlahkan.
dengan menggunakan rumus SUM ini kita tidak perlu repot lagi menjumlahkan data satu persatu karena akan otomatis terjumlah semuanya.

rumus SUM adalah =sum(data awal:data akhir)
yaitu apabila dipraktekan data yang ada didalam kurung kita hanya memilih data yang mau dijumlahkan lalu tekan enter
contohnya adalah sebagai berikut :


pada tabel diatas saya akan menjumlahkan data total nilai anak SMA Tunas bangsa dengan menggunakan rumus sum. tuliskan rumus sum pada kolom total.


setelah menuliskan =sum( maka selanjutnya kita harus mengisi range yang ingin dijumlahkan. supaya tidak pusing langsung saja blok nilai awal 90 lalu tarik kebawah sampai nilai terakhir yaitu 86.
contoh seperti dibawah ini :


nantinya rumus akan otomatis memasukan kode range pada kolom nilai seperti ini =sum(D3:D9) setelah di tarik kebawah maka langsung saja tekan enter maka rumus tersebut nantinya akan langsung terjumlah


maka total jumlah nilai dari 6 siswa SMA Tunas bangsa adalah 614

Seperti itulah cara menggunakan rumus sum, bila diperhatikan rumus  D3 dan D9 itu dapat dibaca dari kolom horizontal dan vertikal tabel itu sendiri yaitu seperti dijelaskan dibawah ini


semoga cara menggunakan rumus sum ini dapat bermanfaat bagi sobat untuk yang ingin melakukan penjumlahan dengan cara cepat. Rumus sum hanyalah salah satu rumus pada microsoft excel karena yang sebenarnya ada 14 macam rumus excel yang harus dipahami karena setiap rumus mempunyai fungsi yang berbeda-beda. oleh karena itu, apabila sobat sering menggunakan microsoft excel maka haruslah menghafal 14 rumus tersebut agar lebih mudah dalam menggunakan nya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel