-->

7 Cara ampuh mengatasi kulit telapak tangan/kaki yang kering dan pecah

Physiotherapy, Foot Massage, Massage

Memiliki kulit kaki yang pecah memang sangat menggangu aktifitas kita apalagi kulit kaki yang pecah tersebut menimbulkan rasa sakit ini tentunya tidak boleh dibiarkan begitu saja karena akan menimbulkan infeksi kuman ataupun bakteri masuk ke dalam. hal yang harus dicegah pertama adalah jangan menggaruk atau mengelupas bagian kulit dikarenakan bisa menambah rasa sakit. jika gatal alangkah baik nya kita menggaruk tidak menggunakan kuku karena bisa memperburuk keadaan permukaan kulit karena sudah banyak kejadian karena sering menggaruk kulit yang pecah bisa menyebabkan berdarah serta mengeluarkan nanah.

Hal ini tentunya akan membahayakan dan bisa memperburuk keadaan, pasalnya jika sudah semakin parah penyembuhan nya bisa menjadi lama. sangat disayangkan bukan jika tiba-tiba kulit sobat bisa berbekas dan tidak kembali seperti semula lagi hanya karena terlambatnya tindakan pengobatan terutama wanita yang mengalami nya tentunya bisa-bisa dijauhi oleh para pria. memang bukan penyakit yang serius tetapi sesuatu yang kecilpun bisa menambah parah juga.


oleh karena itu sebelum melakukan pengobatan alangkah baiknya kita harus tahu apa saja yang membuat kulit menjadi pecah-pecah agar tidak mengalami hal ini kembali.
  1. jangan biarkan kulit terkena debu atau kotor segeralah mencuci dengan bersih
  2. hindari  bahan kimia seperti sabun cuci, deterjen dan yang lainnya
  3. jangan terlalu sering mencuci tangan menggunakan sabun dikarenakan kulit bisa menjadi kering dan pecah-pecah.
  4. jangan menggunakan produk kecantikan yang tidak dijamin kualitasnya karena bisa menyebabkan kulit rusak.
nah setelah kita mengetahui hal-hal yang menyebabkan kaki pecah-pecah saatnya bagaimana cara mengatasi kulit yang pecah pecah. berikut merupakan cara menghilangkan kulit yang pecah-pecah.

1. Menggunakan Salep

Coconut Oil On Wooden Spoon

bagi yang mempunyai masalah dengan penyakit kulit salep adalah obat yang mujarab dikarenakan semua yang berhubungan dengan kulit pasti banyak diselesaikan menggunakan salep. salep merupakan obat berbentuk krim yang apabila diraba rasanya licin berlemak, karena iitulah kandungan lemak ini bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering pecah-pecah. salep tersedia di apotek dan banyak macam jenisnya. sobat bisa menanyakan langsung kepada orangnya salep untuk mengobati telapak kulit yang pecah.

gunakan salep dengan teratur dan setelah menggunakan nya disarankan jangan sampai terkena air dkarenakan tidak bisa bekerja dengan baik. waktu yang tepat penggunaanya yaitu pada saat malam hari atau sebelum tidur karena pada saat itulah tidak banyak melakukan aktifitas yang membuat salep bisa bekerja dengan efektif.

2. Tepung beras

Flour, Cereals, Food, Nutrition, Bread

bahan makanan yang satu ini ternyata bisa lho dijadikan krim untuk menghilangkan kulit pecah-pecah. tepung beras yang biasanya diggunakan ibu-ibu sebagai bahan adonan kue ini bisa membersihkan kulit mati dan juga memberikan mineral yang dibutuhkan kulit. cara membuatnya yaitu dengan mencampurkanya madu dan sari cuka apel yang akhirnya dibuat mejadi krim. setelah siap bersihkan dulu kulit kaki yang pecah menggunakan air hangat lalu balurkan krim yang sudah dibuat tadi secara merata sambil dipijat-pijat agar kulit yang mati bisa mengelupas keluar.

untuk mendapatkan tepung beras sobat bisa membelinya di pasar atau jika ada tempat penggilingan beras sobat bisa membawa beras sendiri untuk digiling menjadi tepung beras paling hanya membutuhkan biaya 10 ribu untuk jasa megiling beras nya. sangat mudah bukan?

3. Pisang

Bananas, Fruit, Fruits, Carbohydrates

setelah sobat mendengar pisang bisa diggunakan untuk mengobati kulit yang pecah, pasti mulai hari ini sobat tidak selalu membelinya untuk dimakan tetapi mengolah nya sebagai krim obat kulit. mengapa bisa? karena kandungan yang ada di dalam pisang sangat kaya akan vitamin dimulai dari vitamin A hingga vitamin B12 ada di dalamnya. belum lagi zat besi, kalsium dan lainnya pokok nya sangatlah direkomendasikan bila diggunakan untuk mengatasi kulit yang pecah.

cara penggunaan nya cukup mudah yaitu hanya dengan menghaluskan pisang hingga halus ( ingat ya pisang yang sudah matang ) lalu diamkan saja beberapa menit sampai kandungan vitamin serta zat yang lainnya meresap kedalam kulit dan bereaksi. setelah itu bisa sobat berikan air hangat untuk membilasnya. jangan lupa lakukan ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Minyak Sayur

Olive Oil, Salad Dressing, Cooking

untuk bahan yang satu ini juga tidak perlu dicari sudah bisa sobat dapatkan dirumah. siapa sih yang tidak memiliki minyak goreng dirumahnya? yap selain dapat mengobati kulit pecah-pecah minyak sayur juga bisa mencegah kulit yang pecah-pecah karena kulit tidak akan mengalami pecah-pecah selama ada cairan minyak pada kulit. itulah penyebabnya jika kita sering mencuci tangan atau kaki menggunakan sabun maka kandungan minyak yang ada didalam permukaan kulit bisa menghilang dan akhirnya bisa membuat kulit kering dan berakhir menjadi pecah.

cara penggunaanya sobat tinggal mengoleskan tipis saja minyak ke permukaan kulit yang pecah lalu biarkan sampai kulit terasa lebih lembab lalu bilas namun jangan menggunakan sabun karena kandungan minyak yang mulai menyerap ke kulit bisa-bisa hilang terbawa sabun.

5. Jeruk nipis

Lime, Citrus, Fruits, Healthy, Vitamins

jeruk nipis yang rasanya asam ternyata bisa juga membantu mengatasi kulit yang pecah.walaupun kebanyakan orang menggunakan nya sebagai penyegar makanan berkuah namun bisa juga diggunakan sebagai obat. tetapi bagi yang ingin menggunakan jeruk nipis harus menahan sedikit rasa sakit karena memang seperti itu rasanya lumayan merasakan sakit  sedikit tapi bila kita memikirkan manfaat yang didapat tentunya tidak seberapa bukan bila menahan rasa sakit sebentar saja.

cara penggunaanya jeruk nipis yang lumayan sudah tua dibersihkan terlebih dahulu lalu dipotong menjadi dua lalu gosokan perlahan kebagian kulit yang pecah. lakukan dengan rutin sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Mentimun

Cucumber, Vegetables, Salad, Eat

mentimun adalah bahan yang sering diggunakan untuk keperluan berbagai macam makanan seperti nasi lengko, pempek, capcay dan masih banyak lagi. tapi penggunaan timun sudah lebih melebar tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan makanan melainkan sebagai obat dan salah satunya yaitu membantu mengatasi kulit yang pecah. bagi sobat yang sedang tidak mempunyai banyak uang tidak masalah karena mentimun ini sangat direkomendasikan karena lebih mudah didapatkan dan harganya murah.

cara penggunaanya yaitu hanya dengan menghaluskan mentimun lalu oleskan ke bagian kulit yang pecah-pecah. lakukan dengan rutin supaya kulit sobat bisa kembali halus. jika ingin hemat dan bisa dipakai lagi maka gunakan timun hanya 1 cm saja agar sisanya dapat dipakai kembali pada keesokan harinya tentunya hal ini sangat mengirit uang bukan?

7 Alpukat

Avocado, Vegetable, Cut, Half, Pit

siapa yang tidak kenal dengan alpukat? makanan yang sering dibuat jus ini bisa membantu melembutkan kulit serta memperbaiki kulit yang rusak lho. orang indonesia masih sangat beruntung mempunyai alpukat dengan harga murah tetapi di negara korea harga alpukat ternyata sangat mahal sekali dan yang mampu membelinya hanya orang kaya saja.

cara penggunaan nya cukup dengan membuat alpukat diolah menjadi masker lalu menggunakanya selama 15 sampai 20 menit lalu bilas dengan air. lakukan secara rutin sampai kulit benar-benar halus.

itulah beberapa cara mengatasi kulit pecah-pecah yang bisa sobat coba. silahkan pilihlah bahan yang mudah didapat disekitar rumah sobat. apabila setelah sembuh dari penyakit kulit selalu jagalah kebersihan dan kesehatan kulit agar tidak mengalami penyakit kuit kembali karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel