-->

5 tempat wisata cirebon yang paling sering dikunjungi

Apakah sobat tau tempat wisata di cirebon? kota dengan makanan khas empal gentong ini ternyata banyak menyimpan tempat wisata yang unik serta menarik lho untuk kita jelajahi. dengan luas wilayah yang tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit kota cirebon sering dikunjungi oleh wisatawan luar kota bahkan sampai luar negeri. ragam budaya dan adat istiadatnya juga tidak kalah banyak dengan kota-kota lain di jawa barat yaitu diantaranya ada tari topeng,sintren,kesenian gembyung,genjring rudat dan masih banyak lagi.

bagi sobat yang lagi mencari tempat wisata, sobat bisa menjadikan kota cirebon sebagai tempat wisata tujuan dikarenakan selain kita bisa berlibur disana juga banyak bangunan yang bersejarah sehingga kita bisa juga langsung belajar disana. untuk masalah biaya tidak usah khawatir dikarenakan tampat wisata kota cirebon tidak membutuhkan biaya yang besar untuk masalah makanan, transportasi umum dan tiket masuknya bahkan ada yang tidak bayar sama sekali alias gratis . tetapi hal yang harus dipersiapkan ialah kita jangan menggunakan pakaian yang terlalu tebal dikarenakan suhu disana lumayan panas jika pada siang hari.

berikut merupakan tempat wisata kota cirebon yang paling sering dikunjungi

1. Gua Sunyaragi

siapa nih yang pernah mengunjungi gua sunyaragi? arti dari kata sunyaragi berasal dari bahasa sanskerta yang mempunyai arti dari dua kata sunya yaitu sepi dan ragi yang artinya raga. gua sunyaragi menjadi salah satu tempat wisata yang sangat fenomenal dikarenakan banyak cerita misteri yang belum terungkap didalam nya. konon katanya ada sebuah patung yang membuat seseorang pria tidak bisa mendapatkan jodoh entah mengapa bisa seperti itu karena tidak dijelaskan secara jelas antara lain yaitu patung bernama patung batu perawan sunti.

pembangunan mulanya gua sunyaragi ini memiliki dua versi yaitu pertama menurut caruban nagari yaitu dibangun oleh pangeran kararangen sebagai tempat peristirahatan dan mediatasi para sultan untuk meningkatkan kekuatan tetapi versi kedua menurut caruban kandha menceritakan gua sunyaragi sebagai pasanggrahan giri nur sapta rengga yaitu sebagai tempat pemakaman raja-raja Cirebon. bangunan gua sunyaragi juga memiliki beberapa nama gua yaitu gua pawon, gua kelaggengan, gue peteng, gua langse, gua simanyang dan gua arga jumud.

bangunan nya pun sangat unik dan terlihat seperti bentuk karang. pada masa itu gua sunyaragi dibangun pada zaman belanda yanng akhirnya dipimpin oleh sultan yang beragama islam sehingga bentuk arsitekturnya merupakan percampuran antara eropa dengan timur tengah. pada saat penjajahan belanda bangunan gua sunyaragi sudah mengalami beberapa perbaikan dikarenakan saat itu tempat ini dijadikan tempat pertahanan yang akhirnya mengalami kerusakan yang cukup parah.

2. Keraton kesepuhan


tempat yang kedua ialah keraton kesepuhan, tahukah anda keraton keseputan merupakan tempat berkumpulnya para sultan cirebon dikarenakan tempat ini adalah tempat pertama kerajaan islam dan disinilah tempat kesultanan cirebon berdiri. dikeraton kesepuhan sangatlah banyak sekali benda-benda bersejarah salah satunya ada kendaraan kereta singa barong sebagai alat transportasi sunan gunung jati selain itu ada juga beberapa peninggalan yang merupakan ciri khas keraton kesepuhan  yaitu dua buah patung macan yang dilambangkan sebagai keluarga besar pajajaran

keraton kesepuhan dibangun oleh Mas Mochammad Arifin yaitu cicit dari sunan gunung jati. keraton kesepuhan memiliki nama lain yaitu keraton pakungwati bisa disebut keraton pakungwati yaitu karena berasal dari nama dewi pakungwati binti pangeran cakrabuana yang menikah dengan sunan gunung jati. karena usia dewi pakungwati yang hidup sangat tua akhirnya nama nya diabadikan oleh sunan gunung jati  menjadi nama keraton yang akhirnya menjadi nama keraton pakungwati

bangunan yang ada disekitar keraton kesepuhan ada masjid agung sang cipta rasa yang dibangun oleh para wali untuk tempat beribadah, masjid tersebut terlihat sangat megah sekali dan sampai sekarang masih dipakai untuk tempat ibadah umat islam. dilihat dari bangunan nya masih terlihat seperti bangunan kuno yang membuktikan bahwa bangunan ini sangat awet dan juga dapat merasakan sensasi seperti berada pada zaman dulu. selain itu disekitar keraton ada alun-alun yang dulunya juga sempat menjadi tempat perekonomian penduduk disana dan sampai sekarang alun-alun tersebut juga masih menjadi tempat orang-orang berjualan berbagai macam makanan serta barang-barang.

3.  Pantai Kejawanan


nah untuk yang suka main air jangan lupa nih mampir ke pantai kejawanan. suasananya yang indah dan sejuk membuat banyak orang berkunjung ke sini pada waktu liburan. ombak yang menabrak batu membuat pemandangan disana sangat mendukung untuk melakukan foto - foto bersama keluarga atau teman-teman. jangan lupa juga melihat kapal-kapal besar disana yang biasa diggunakan para nelayan untuk melaut mencari ikan. untuk masuk ke tempat ini tidaklah membutuhkan tiket untuk masuk alias gratis bagi kalian yang tidak membawa kendaraan karena jika menggunakan kendaraan akan dikenakan biaya parkir.

untuk dapat menikmati pemandangan ini jangan hanya melihat dan duduk saja disana, sempatkanlah untuk bermain air atau pergi menggunakan kapal agar bisa menikmati bagaimana rasanya mengarungi lautan tetapi harus memperhatikan arus laut nya karena jika terlalu besar akan membuat kita terbawa jauh dari daratan. disana juga disediakan tempat lesehan,banyak yang menjual berbagai macam makanan dan minuman setelah lelah bermain.

4. Pelabuhan Cirebon


pelabuhan cirebon merupakan pelabuhan yang meliki keindahan yang tidak kalah dengan pelabuhan yang lainnya. disini kita dapat melihat berbagai macam kapal di dermaga serta lautan yang luas sekali. apabila sobat mengunjungi pada waktu senja alangkah bagusnya pemandangan matahari terbenam yang merupakan kesempatan bagus untuk melakukan foto pada waktu senja tersebut. jangankan melihat pemandangan disana kita juga bisa melihat berbagai hasil tangkapan laut atau melihat pengiriman barang yang dikirim dari luar pulau.

5. Taman Ade Irma


tempat wisata di cirebon yang paling wajib dikunjungi terakhir adalah taman ade irma. yap tempat wisata ini sering kali dikinjungi oleh kebanyakan anggota keluarga yang mempunyai anak-anak dikarenakan tempatnya yang bagus seperti taman wisata air. disana banyak sekali wahana tempat bermain seperti perosotan, waterboom dan juga air mancur. letak taman ade irma ini tidaklah jauh dari pelabuhan cirebon yang hanya beberapa meter saja. jadi apabila selesai mengunjugi pelabuhan tidak ada salahnya mengunjungi taman bermain ini untuk menyenangkan sang buah hati. harga untuk menikmati taman air ini hanya 65 ribu saja.

selain taman bermain air disana ada juga taman dermaga bambu untuk tempat bersantai apabila lelah selepas bermain di waterland. biaya masuknya hanya 15 ribu perorang saja disana kita sudah dapat duduk dan bersantai menikmati pemandangan serta angin yang berhembus. apabila ingin menikmati jalan-jalan mengelilingi lautan ada tempat penyewaan kapal laut yang bisa dinaiki sebesar 10 ribu perorang kita bisa mengelilingi lautan.

nah itulah beberapa tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. jika dikira mempunyai waktu berkunjung ke cirebon jangan sampai ketinggalan mengunjungi tempat wisatanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel