-->

20 Contoh Paragraf deduktif dan induktif lengkap dengan penjelasanya

Knowledge, Book, Library, Glasses


PARAGRAF DEDUKTIF

Paragraf deduktif ialah paragraf yang diawali oleh "kalimat utama" dan diikuti oleh "kalimat penjelas" dengan ciri kalimat kedua dan seterusnya akan menjelaskan sesuatu yang berkaitan dengan kalimat utama tersebut. contohnya ialah " empal gentong adalah makanan khas cirebon yang enak" kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang memulai awal paragraf dan selanjutnya diikuti oleh paragraf yang menjelaskan kalimat tersebut yaitu mengapa makanan empal gentong tersebut enak.

Berikut merupakan kelanjutan dari paragraf utama

Empal gentong adalah makanan khas Cirebon yang enak. dikarenakan empal gentong dibuat dengan banyak rempah yang bermacam-macam rasanya dimulai dari kunyit,sereh,daun jeruk,lengkuas dan masih banyak bahan pendukung lainnya. apalagi memakanya dengan menggunakan kerupuk pasti akan menambah rasa gurih pada makanan, oleh karena itu tidak heran rumah makan empal gentong selalu ramai pada waktu jam makan siang. 

sangat mudah bukan? hanya dengan menambahkan kalimat yang menjelaskan dari paragraf utama itulah yang dinamakan paragraf deduktif.

Berikut 20 contoh Paragraf deduktif yang bisa teman-teman pelajari

 1. Pada zaman sekarang ini teknologi sudah sangat berkembang dengan cepat terutama pada ponsel android. bagaimana tidak, setiap bulan atau bahkan harinya pasti selalu banyak iklan mengenai perilisan smartphone terbaru dengan fitur-fitur terbaru di dalamnya. salah satu fitur smartphone yang terbaru ialah dengan model layar yang full view serta sistem operasi pie yang pastinya akan dapat lebih memudahkan pengguna dalam menggunakannya.

2. Pohon kelapa merupakan pohon yang bisa disebut sebagai pohon seribu manfaat. karena disetiap bagian nya selalu bisa dijadikan sesuatu yang bermanfaat bagi manusia, misalnya bagian daun nya yang berguna untuk membungkus makanan , batangnya berfungsi sebagai jembatan serta buahnya yang bisa dipakai untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya penyakit demam bahkan sabut kelapa nya bisa diggunakan sebagai bahan pembuatan sapu.

3. Pada saat ini transportasi online sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat khususnya di daerah perkotaan.dikarenakan harganya yang terjangkau selain itu pelayanan nya pun bisa 24 jam jadi kita tidak usah repot lagi menyewa supir. selain dapat menjadi alat trasnportasi ada beberapa fitur yang bisa membantu aktifitas keseharian kita yaitu memesan makanan secara online, melakukan pengiriman barang dan juga bisa disuruh berbelanja kebutuhan bulanan.

4. Mengadakan program pelatihan kerja adalah metode yang paling efektif yang diluncurkan oleh pemerintah. karena dengan perbekalan pelatihan bekerja semua masyarakat khusus nya bagi yang baru lulus sekolah akan lebih mudah mendapat pekerjaan dibandingkan lulusan fresh graduate. tidak hanya selain mendapatkan keahlian untuk bekerja para peminat nya juga akan mendapatkan gaji dan sertifikat bagi yang telah menjalani nya.

5. Melakukan pembinaan kepada anak sejak dini merupakan hal yang harus dilakukan. melihat pada saat ini kenakalan remaja sangat banyak, maka dengan melakukan pembinaan oleh orang tua diharapkan bisa mengurangi tingkat kenakalan remaja, oleh karena itu ajarilah anak dengan memberi tahu mana hal yang benar dan mana hal yang salah sehingga ketika besar nanti tidak terjerumus pada kenakalan remaja.

6. Penyalahgunaan narkoba saat ini sudah sangat meluas dikalangan masyarakat. bagaimana tidak, sekarang sudah banyak pengedar narkoba bahkan ada yang dari luar negeri ikut masuk membawa barang haram ini ke Indonesia. polisi beserta tim nya haruslah segera membasmi para pengedar narkoba ini agar semua jaringan narkoba di negeri ini tidak terus menyebar keseluruh daerah.

7.  Bimbel online merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi pada saat ini. perbedaan antara bimbel online dan bimbel biasa sangat-sangatlah berbeda. dengan menggunakan bimbel online kita tidak bersusah payah pergi ke tempat bimbel karena semua sudah tersedia pada aplikasi android selain itu kita tidak perlu mendatangkan guru dikarenakan semua proses belajar mengajar sudah tersedia lewat video sehingga kita hanya melihat dan mendengarkan apa yang disampaikan dalam video tersebut.

8. Nasi lengko adalah salah satu makanan khas Cirebon yang menggunakan bahan sederhana. membuat nasi lengko tidaklah menggunakan daging melainkan hanya menggunakan bahan yang mudah ditemui di pasar ataupun di tukang sayur diantaranya yaitu toge,daun kucai,tempe,tahu,kecap manis dan bumbu kacang.

9. Dengan menggunakan dompet elektronik semua masalah transaksi jual beli sangatlah mudah dilakukan. bagaimana tidak? dengan menggunakan dompet elektronik kita tidak perlu lagi menggunakan uang secara langsung untuk membeli barang, kita hanya menggunakan kartu yang digesek secara otomatis maka saldo dana elektronik kita akan langsung terpotong ketika berbelanja.

10. Kejahata Internet sudah banyak berkeliaran di dunia maya. mulai dari bentuk dan motifnya pun sangat beragam dimulai dari pencurian data pribadi yang diggunakan untuk membuat identitas palsu, melakukan modus penipuan dengan menawarkan barang murah dan juga melakukan pembobolan kartu kredit dengan cara carding. dihimbau bagi warganet selalu berhati-hati dalam menggunakan internet jangan sampai terkena tipu dengan berbagai modus kejahatan untuk itu kita harus mengetahui dulu sumber informasi harus berasal dari lembaga yang terpercaya.

11. Facebook merupakan media sosial yang sangat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. dengan menggunakan facebook semua orang dapat berkomunikasi walaupun berada di tempat yang jauh bahkan sampai ke luar negeri sekalipun. selain berkomunikasi kita dapat melakukan jual beli barang yang kita miliki secara online. kita hanya memfoto suatu barang lalu mempostingnya dan tinggal menunggu pembeli yang berminat dengan barang yang kita jual.

12. Pisang merupakan buah yang kaya akan manfaatnya untuk anak-anak hingga orang dewasa. kandungan yang dimilikinya memang sangat bagus untuk segala kalangan yakni mengandung serat serta vitamin C. mengkonsumsi pisang bisa membantu melancarkan pencernaan,meningkatkan daya ingat, membantu menjaga kesehatan jantung dan sebagai sumber energi bagi tubuh. bahkan untuk anak bayi yang baru berusia 6 bulan pun sudah memperbolehkan menjadikan pisang sebagai makananya.

13. Pada era modern ini menggunakan handphone sudah menjadi kebutuhan primer bagi para masyarakat. karena semua kebutuhan yang kita butuhkan sudah banyak tersedia hanya dalam satu genggaman tangan contohnya dapat mencari informasi dengan cepat, menggunakan kamus, mengetahui peristiwa dunia, dan memesan tiket kereta pun suda bisa melalui handphone.

14. Ikan merupakan makanan yang paling banyak berperan untuk mencerdaskan otak. karena didalam kandungan ikan terdapat Omega-3 dan DHA untuk mendukung fungsi otak selain meningkatkan fungsi otak, DHA dapat mencegah berbagai penyakit yang menyerang saraf otak seperti demensia. ketika anak sedang ujian ikan merupakan asupan yang terbaik apabila diberikan pada waktu makan. orang tua haruslah memperhatikan kandungann gizi terhadap anak agar anak bisa meraih prestasi.

15. Orang tua haruslah selalu waspada ketika anaknya sedang bermain dimanapun. karena anak-anak selalu mencoba hal-hal baru yang belum mereka ketahui. apabila anak sedang mencoba sesuatu yang dapat membahayakanya hendaklah melarangnya atau menjauhkan dari tempat yang bisa mengancam keselamatanya karena dengan mencegah lebih baik dari pada mengobati.

16. Banjir merupakan musibah yang sering terjadi di desa juana. penyebab banjir ini disebabkan karena para warga yang sering membuang sampah sembarangan di sungai yang membuat aliran sungai terhambat dan menyebabkan terjadinya banjir berkepanjangan. hal ini tentunya para warga resah dan memutuskan untuk mengadakan kerja bakti di sekitar sungai untuk mencegah terjadinya banjir kembali.

17. Mengikuti bimbingan belajar merupakan hal yang penting bagi para siswa. dikarenakan sulitnya pelajaran disekolah membuat para siswa memerlukan bimbingan belajar lebih untuk bisa menanyakan materi yang belum dipahaminya. dengan demikian siswa akan memahami semua materi dan bisa mendapatkan hasil yang terbaik disekolah.

18. Jogging merupakan salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh semua orang. jogging merupakan aktifitas lari kecil yang umunya dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. jogging bisa dilakukan didalam rumah ataupun luar yang kita butuhkan hanyalah tempat luas dan memiliki lintasan untuk melakukanya. dengan melakukan jogging kita dapat membakar lemak dan kalori dalam waktu yang telah ditentukan selain itu juga dapat membuang zat beracun dan menguatkan jantung dengan begitu badan akan sehat.

19. penggunaan mie instan secara berlebihan akan menyebabkan dampak yang buruk bagi kesehatan. salah satunya adalah penyakit obesitas yang dapat menyerang siapa saja pria maupun wanita selain itu ada berbagai jenis penyakit yang cukup parah apabila mengkonsumsi mie instan terlalu banyak yaitu penyakit gagal ginjal serta kerusakan pada hati. konsumsilah makanan instan minimal seminggu dua kali. mengkonsumsi mie instan juga tidak diperbolehkan pada malam hari dikarenakan akan menyebabkan gula darah menjadi naik drastis dan akan menyebabkan penyakit diabetes.

20. Menggunakan narkotika dapat menyebabkan kerugian pada diri sendiri dan juga orang lain. narkotika banyak sekali jenisnya dan semuanya mempunyai kandungan zat yang berbahaya didalam nya seperti ganja mengandung tetrahidrokarbinol dan heroin yang mengandung diamorfin hidroklorida yang benar-benar keduanya membuat orang bisa kecanduan selain kecanduan juga bisa menumbuhkan penyakit-penyakit lain yang mematikan. oleh karena itu jauhkan lah diri dari narkoba yang akan membuat masa depan anda bisa hancur.

PARAGRAF INDUKTIF

Paragraf Induktif adalah merupakan kebalikan dari paragraf deduktif yaitu paragraf yang diawali dengan "kalimat penjelas" dan diakhiri oleh "kalimat utama" yang berarti kalimat penjelas berada di awal kalimat sampai sebelum terakhir kalimat dan yang terakhir adalah kalimat utama.
contohnya ialah sebagai berikut :

Sinta selalu mendapatkan nilai terbaik disekolah, teman-teman nya mengakui Sinta adalah murid yang sangat pintar dikelasnya. ia selalu mengikuti berbagai lomba cerdas cermat dan selalu meraih juara yang membuat harum nama sekolah nya. padahal usia nya masih berumur 9 tahun sudah mempunyai prestasi sebesar itu. ini dikarenakan Sinta selalu belajar dengan giat dirumahnya.

paragraf diatas diakhiri Sinta selalu belajar dengan giat dirumahnya yang merupakah kalimat utama dan yang lainnya merupakan kalimat penjelas.

Berikut adalah 20 contoh paragraf Induktif yang bisa teman-teman pelajari

1. Dodi melakukan survey ke sekolah SD Junawijaya untuk kepentingan tugas skripsi nya. disana  Dodi menanyakan kepada siswa mata pelajaran apa yang paling disukai nya. dari 500 siswa beberapa siswa menyukai Matematika ada 200 orang, Bahasa Inggris ada 40 orang , Bahasa  Indonesia ada 100 orang , Olahraga 120 ada orang dan Seni budaya ada 40 orang. dari data yang sudah didapatkannya dapat disimpulkan bahwa SD Junawijaya lebih banyak menyukai pelajaran Matematika.

2. Tio sedang mengalami sakit yang tidak pernah ia rasakan seumur hidup nya. tubuhnya yang dulu kuat tidak lagi seperti dulu. nafas nya selalu tersengal-sengal, badan nya mulai tidak mau menerima makanan apapun dan selalu dimuntahkan, kaki nya sekarang sudah berwarna abu bengkak yang membuatnya tidak bisa berjalan lagi. dokter menjelaskan bahwa Tio menderita penyakit kanker usus. ini dikarenakan Tio selalu mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

3. Sudah beberapa hari ini Lita selalu bersikap pemarah dan jarang bergaul dengan teman-teman nya. setiap pulang dari sekolah nya Lita langsung masuk kedalam kamar nya mengurung diri. ibu dan ayah nya pun bingung ada apa yang terjadi pada dirinya. ketika ibu nya bertanya apa yang terjadi pada dirinya ia selalu menjawab tidak sopan dan langsung pergi begitu saja. teman-teman nya berusaha mendekatinya dan menanyakan mengapa sifat Lita menjadi seperti itu. tiba-tiba Lita menangis dan mulai bicara mengungkapkan isi hatinya. ini dikarenakan Lita diputuskan oleh pacarnya tanpa sebab.

4. Roni sering disebut teman-teman nya sebagai sang juara, dikarenakan ia sangat menguasai teknik semua jenis olahraga disekolah nya. diantaranya adalah renang,bermain sepak bola, lempar cakram , bahkan olahraga gulat pun ia sampai mendapatkan juara satu. padahal dilihat dari postur tubuhnya sangatlah kurus dan kecil tetapi dengan semangat nya yang tinggi Roni mampu menguasai permainan. ini karena Roni selalu berlatih keras di rumah.

5. Selama menjalani hidup nya di desa, pak Endang tidak pernah mengeluh dengan profesinya. menjadi pembajak sawah merupakan satu-satunya mata pencarian yang ia miliki. setiap hari pak Endang membajak hingga 10 petak sawah di desanya dari pagi hingga sore hari. walaupun gajinya yang sangat sedikit tidak membuat pak Endang putus asa dalam menjalani hidup. ia sadar bahwa bekerja keras adalah cara agar kita bisa meraih kesuksesan.

6. Pagi-pagi sekali Deni pergi ke sekolah untuk belajar. diperjalanan nya ia tak lupa selalu membaca buku sambil menunggu angkot datang. disekolahnya pun ia selalu belajar dengan giat dan selalu menanyakan mata pelajaran yang belum dipahaminya kepada guru ataupun teman nya. guru-guru dan temanya pun sangat salut dengan kegigihan dan ketekunan Deni dalam belajar. karena ia ingin sekali mengikuti ujian beasiswa masuk perguruan tinggi. dan hari ujian itu tiba, Deni bergegas dan sangat antusias mengikutinya. tidak disangka Deni lulus mengikuti ujian tersebut dan dapat masuk perguruan tinggi dengan menggunakan beasiswa. ini membuktikan bahwa dengan bekerja keras akan membuat seseorang memperoleh apa yang diinginkan nya.

7. Ketika bel istirahat semua siswa bermain dengan riang nya. ketika bermain Doni selalu mengejek teman-teman nya. tidak hanya itu Doni selalu merusakan barang teman nya dan membuat nya menangis. pernah disuatu hari Doni mengerjai teman nya sampai jatuh ke dalam kolam karena di dorong oleh Doni. dan setelah kejadian itu, teman-teman nya sangat takut dengan Doni . yang akhirnya Doni selalu dijauhi oleh teman-teman nya.

8. Selain diggunakan menjadi bahan makanan, ternyata kelapa juga bisa dijadikan obat penghilang racun yaitu dengan cara meminum air kelapa murni langsung dari batok nya. serabut kelapa nya pun bisa diggunakan sebagai sapu,kerajinan yang menarik dan juga sebagai bahan bakar. daun nya bisa diggunakan untuk pembungkus makanan dan batang nya bisa dibuat sebagai jembatan. itulah mengapa pohon kelapa merupakan pohon yang sering disebut pohon seribu manfaat.

9. Cirebon merupakan kota yang dulunya sempat dijadikan kerajaan yang dipimpin oleh seorang sultan. sampai sekarang kota cirebon masih menyimpan berbagai macam peninggalan kerajaan salah satunya yaitu ada keraton yang dulunya tempat tinggal para raja nama-nama diantaranya ialah keraton kesepuhan,keraton kanoman,keraton dan keraton kacirebonan. letak kota Cirebon sangat dekat sekali dengan laut. tidak heran di kota Cirebon banyak menghasilkan binatang laut terutama udang. itulah sebab nya kota Cirebon sering disebut sebagai kota udang.

10. Selain untuk menambahkan rasa gurih pada makanan, pecin juga dapat mempercepat waktu mencerna makanan karena kandungan glutamat yang ada pada micin merangsang produk saliva sehingga makanan bisa cepat halus pada saat dikunyah. tetapi dampak yang diberikan micin apabila mengkonsumsi nya terlalu banyak bisa menyebabkan seseorang terkena hipertensi, merusak sel saraf bahkan yang lebih bahayanya lagi bisa menyebabkan kerusakan ginjal. itulah kekurangan dan kelebihan menggunakan micin.

11. Beberapa hari yang lalu Diki terkena demam berdarah. sudah tiga hari suhu tubuh nya tidak kunjung turun juga. akhirnya ibunya membawanya ke rumah sakit. setelah dirawat beberapa hari Diki diperbolehkan pulang. seketika itu juga beberapa tetangganya mengalami hal yang serupa yakni terkena demam berdarah dan harus dilarikan ke rumah sakit. belum ada tanggapan dari ketua desa untuk membasmi para nyamuk mematikan ini. sekarang penyakit demam berdarah menyerang anak-anak maupun orang dewasa semakin bertambah.

12. Menjaga kebersihan desa tidak hanya dilakukan oleh tukang sampah saja. tetapi para anak-anak dan orang tua pun harus ikut serta demi menjaga lingkungan desa. ini semua demi menghindari bibit-bibit penyakit yang bisa menyerang siapa saja. oleh karena itu, semua warga dihimbau untuk melakukan kerja bakti pada hari minggu demi kesejahteraan bersama. semua warga desa wajib menjaga kebersihan desa.

13. Sopan santun tidak hanya diperlukan disekolah saja,baik di rumah maupun dimasyarakat sopan santun harus selalu diterapkan. sopan santun merupakan etika yang harus kita bentuk sejak kita masih kecil. karena dengan begitu orang dapat menerima kita dimanapun kita berada. oleh karena itu etika sopan santun sangatlah penting dalam kehidupan kita.

14. Dengan membaca seseorang dapat mengetahui informasi. oleh karena itu, anak-anak maupun orang tua diharuskan banyak membaca agar bisa mendapatkan ilmu yang mungkin bisa bermanfaat bagi dirinya. dengan membaca juga bisa menguatkan daya ingat seseorang sehingga tidak mudah lupa. itu sebabnya banyak yang berkata membaca adalah jembatan ilmu.

15. Banyak orang yang memburu buaya. mereka mengincar kulitnya untuk dijual dikarenakan harganya yang sangat mahal. mereka menggunakanya untuk membuat berbagai macam barang diantaranya tas,dompet,ikat pinggang dan masih banyak yang lainnya. akhirnya populasi buaya semakin menurun. akibatnya kini buaya semakin langka.

16. Semua orang sangat membutuhkan matahari. tanpa matahari kita tidak bisa melakukan aktifitas dengan baik. cahaya matahari sudah menjadi kebutuhan primer manusia diantaranya untuk menjemur baju,mengeringkan makanan,pembangkit tenaga listrik dan masih banyak yang lainnya. oleh sebab itu, matahari sering disebut sebagai sumber energi utama d bumi.

17. Manusia sangat membutuhkan makanan. dengan makan manusia dapat melakukan aktifitas sehari-hari nya. tanpa makanan manusia tidak bisa bertahan hidup dan bahkan bisa menyebabkan kematian. oleh karena itu produksi bahan makanan sangatlah penting dan harus dilestarikan seperti mengolah sumber daya nabarti dan hewani. oleh sebab itu, makanan merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi.

18. Ruangan kelas terasa sunyi. semua murid sedang fokus mengerjakan soal ujian nya masing-masing. tampak terlihat rasa tegang dan sekaligus takut pada wajah murid-murid. guru pengawas mengawasi dengan sangat ketat sehingga tidak ada satupun murid yang berani mencontek. itulah suasana kelas siswa SD Banjar yang sedang mengikuti ujian kenaikan kelas.

19. Saat berkendara gunakanlah perlengkapan berkendara terutama helm. karena itu semua dilakukan untuk menjaga keamanan mengantisipasi terjadinya kecelakaan. selain menggunakan perlengkapan berkendara patuhilah peraturan lalu lintas karena hal ini juga merupakan bagian dari keselamatan. janganlah kebut-kebutan dijalan raya dan jangan bermain handphone ketika sedang mengemudi karena ini dapat membahayakan pengguna jalan yang lainnya. itulah tata cara menjaga keselamatan berkendara yang baik dan benar.

20. Rebuslah air sampai mendidih. selanjutnya ketika sudah mendidih masukan mie dan tunggu selama lima menit. tiriskan mie sampai benar-benar hilang airnya. letakan mie pada piring. dan yang terakhir masukan bumbu seperti kecap, minyak penyedap , saos , dan bahan pelengkap lainnya. itulah cara membuat indomie goreng spesial yang enak.

Itulah 20 contoh paragraf Deduktif dan Induktif lengkap dengan penjelasanya semoga bisa membantu teman-teman. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel