-->

Prosedur dan cara membuat surat keterangan sehat di puskesmas

Ecg, Electrocardiogram, Stethoscope

Surat keterangan sehat ialah surat yang menjelaskan tentang kondisi kesehatan seseorang. surat keterangan sehat ini biasanya diperlukan untuk berbagai keperluan seperti membuat sim, melamar pekerjaan, mendaftar menjadi PNS dan masih banyak lagi fungsinya. dengan demikian surat keterangan menjadi sesuatu yang sangat penting untuk melengkapi persyaratan. membuat surat kesehatan tidak harus di rumah sakit tetapi di puskesmas terdekat kamu sudah bisa membuatnya. dan selalu perhatikan jam dan hari untuk membuat surat kesehatan ini, dikarenakan tidak semua jam dan hari bisa dilakukan untuk membuatnya.

untuk membuat surat kesehatan kita harus datang lebih pagi yaitu pada jam 7 dikarenakan banyak nya pasien yang mengantri untuk berobat maka haruslah datang lebih awal untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu lalu membuat surat tersebut. dikarenakan membuat surat sehat labih cepat dari pada berobat jadi kita tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk menganri dengan pasien puskesmas. dan harinya pun antara senin sampai sabtu saja dikarenakan hari minggu puskesmas tutup.

berikut merupakan langkah dan prosedur yang harus dilakukan untuk membuat surat keterangan sehat dokter :

  • siapkan uang untuk membuat surat tersebut
untuk setiap keperluan membuat surat keterangan sehat berbeda-beda jadi selalu sedia uang lebih apabila ingin membuat. salah satunya yaitu perbedaan membuat surat keterangan sehat untuk melamar pekerjaan dan untuk pendaftaran pendidikan. apabila untuk melamar pekerjakan kita diharuskan membayar 10 ribu dan apabila surat keterangan sehat untuk keperluan pendaftaran pendidikan hanya membayar 5 ribu rupiah saja.


  • Mengambil nomor antrian
untuk membuat surat sehat kita diharuskan mengambil nomor antrian sama seperti pasien yang ingin berobat jadi jika ingin cepat harus datang lebih pagi dan apabila kita mendapatkan nomor yang paling besar maka kita harus menunggu semua pasien yang berobat terlebih dahulu itu akan cukup memakan waktu dikarenakan 1 antrian berobat pasien itu sangatlah lama.


  • Melakukan pendaftara
setelah mendapatkan nomor antrian dan dipanggil maka kita harus mengisi daftar dulu yang nanti nya disini akan ditanyakan untuk keperluan apakah surat tersebut dibuat. dan disini juga kita bayar untuk membuat surat tersebut. lalu kita disuruh lagi untuk menunggu sampai ada panggilan nama kita untuk memasuki ruangan dokter


  • Cek tensi,tinggi dan berat badan
Setelah dipanggil maka kamu akan diukur terlebih dahulu dimulai dari tensi ,tinggi dan berat badan untuk pengisian data surat tersebut setelah itu baru kamu melakukan pemeriksaan dimulai dari penglihatan mata, golongan darah dan tes buta warna. lalu kamu sudah bisa medapatkan surat dokter.

nah itulah Langkah-langkah dan prosedur cara membuat surat keterangan sehat/surat dokter semoga bisa membantu sobat untuk membuat nya.

CATATAN

Surat keterangan sehat berlaku 1 bulan sejak waktu pembuatan, oleh karena itu apabila telah dibuat gunakanlah sesegera mungkin agar data yang diterima sesuai dengan yang ada pada diri kita. apabila telah lewat batas waktu haruslah membuat kembali dengan datang ke puskesmas lagi untuk melakukan pemeriksaan dan membuatkan surat yang terbaru.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel