-->

Prosedur Cara berobat ke puskesmas cirebon


Puskesmas merupakan singkatan dari pusat kesehatan masyarakat yang melayani berbagai macam produk kesehatan dimulai dari solusi keluhan penyakit masyarat,sosialisasi tentang kesehatan dan melayani perawatan pengobatan kepada masyarakat.

Keberadaan puskesmas kini sangat penting sekali untuk meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat khususnya di tempat-tempat pelosok yang jauh dari kota, dengan begitu kesehatan masyarakat dapat terus ditingkatkan.
Namun sebagian masyarakat ada yang belum mengetahui bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan ketika ingin berobat ke puskesmas,

Hal ini tentunya akan membuat masyarakat ragu dan akhirnya tidak bisa mendapatkan pengobatan yang diinginkan karena tidak mengerti alur pengobatan di puskesmas tersebut. Oleh karena itu disini saya akan menjelaskan bagaimana prosedur yang harus dilakukan ketika ingin berobat ke puskesmas dengan benar.

1. Siapkan uang atau kartu BPJS kesehatan.



Sebelum datang ke puskesmas alangkah baiknya kita persiapkan dulu beberapa hal terutama uang untuk membayar biaya pengobatan nya, akan tetapi bila mempunyai kartu bpjs tidak usah membutuhkan uang lagi.
Kita juga harus datang pagi-pagi agar kita dapat nomor antrian yang lebih kecil,sehingga bisa segera mendapatkan pelayanan yang lebih cepat, apabila datang terlalu siang bisa saja nomor antrian sudah habis dan kita disuruh datang lagi besok.
biasanya ada dua jenis nomor yang bisa kita ambil yaitu nomor antrian umum dan nomor antrian BPJS, jika anda mempunyai  kartu BPJS  anda bisa menggambil nomor antrian BPJS agar tidak mengeluarkan biaya.

2. Menunggu panggilan nomor antrian


Setelah mengambil nomor antrian, tunggu di ruang tunggu yang sudah disediakan. apabila sudah dipanggil nomornya silahkan datang ke tempat pendaftaran terlebih dahulu, isi semua biodata yang diperlukan. apabila ditanyakan ingin berobat kebagian mana untuk yang ingin memeriksa selain berobat gigi bilang sajan ingin berobat umum dan apabila ingin ke gigi bilang ke gigi setelah itu anda akan diminya kartu BPJS maka serahkan kartu BPJS anda, setelah itu tunggu lagi sampai nama anda dipanggil.

3. Melakukan pemeriksaan tekanan darah


Ketika nama anda sudah dipanggil nanti pertama-tama anda ditensi terlebih dahulu untuk mengetahui tekanan darahnya dan bisa dijadikan bahan pemeriksa di dokter nantinya apakah suatu penyakit yang diderita ada hubungan nya dengan tekanan darah anda atau tidak dan juga anda akan ditimbang berat badan serta diukur tinggi badan nya.

4. Masuk ke ruangan periksa


Setelah itu nanti anda akan dipanggil lagi untuk memasuki ruangan periksa dokter dan siap untuk diperiksa. Sebelum itu anda harus jelaskan keluhan penyakit anda dan jelaskan riwayat kesehatan anda agar dokter bisa memeriksa secara detail dan dapat memberikan obat yang sesuai dengan keluhan penyakit anda.

5. Menuju tempat peracikan obat


Setelah diperiksa anda akan diberikan resep dokter, pergilah ke tempat peracikan obat taruh resep dokter di tempat yang sudah disediakan dan tunggu sampai nama anda dipanggil.

Itulah beberapa langkah ketika ingin melakukan pengobatan di puskesmas.
Semoga dapat membantu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel