-->

Macam-macam Olahraga ringan untuk penderita diabetes


Diabetes merupakan penyakit yang menyerang di berbagai kalangan baik muda maupun tua. Pada saat ini penyakit diabetes merupakan penyakit jangka panjang yang tidak bisa disembuhkan normal seutuhnya, akan tetapi kita bisa meminimalisir penyakit itu agar tidak semakin parah.

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang menyerang insulin sehingga tidak bisa mengatur kadar glukosa di dalam darah secara normal.
Beberapa hal ini penderita diabetes diharuskan kontrol setiap minggu atau bulan sesuai anjuran yang diberikan oleh dokter. apakah kalian tahu?  Penderita diabetes ternyata bisa berakibat sangat-sangat parah dari yang penyakit yang lain karena penyakit diabetes bisa menumbuhkan penyakit baru yang akan menyerang bagian organ tubuh lainnya seperti jantung,mata, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu setiap penderita diabetes sangat perlu konsultasi dari dokter apabila ingin menjalani pengobatan lain (misalnya cabut gigi) dikarenakan bisa-bisa memperburuk kondisi dari penyakit diabetes tersebut.

Setiap penderita diabetes harus melakukan pengobatan yang rutin dan juga membutuhkan olahraga yang cukup dikarenakan hal ini juga dapat membantu untuk kesehatan pasien

Berikut adalah beberapa olahraga yang sangat mudah dilakukan dirumah

1. Jogging


Jogging merupakan olahraga sederhaha yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja
Jogging adalah salah satu olahraga yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh karena dapat mengembangkan otot dan juga membuat jantung menjadi lebih sehat.
Sebelum melakukan jogging terlebih dahulu lakukanlah pemanasan untuk mencegah terjadinya cedera.
Lakukanlah pemanasan dengan gerakan yang benar karena jika salah melakukan akan mengakibatkan rasa kram pada otot, hal ini bisa terjadi karena tubuh melakukan gerakan yang tidak semestinya yang berakibat otot menjadi tegang.
cara pertama untuk melakukan pemanasan ialah memutarkan kepala secara perlahan ke arah kanan dan kiri setelah itu lakukan pemutaran tangan dilanjut lengan ke depan,samping dan kebelakang lalu gerakan pinggang ke kanan dan kiri dilanjut lutut dan berakhir hingga kaki.

2. Senam


Senam ialah suatu olahrga yang membutuhkan pergerakan khusus untuk memperoleh kebugaran pada tubuh.
Senam memerlukan setidaknya 2 orang dimana satu untuk guru dan yang lainnya mengikuti gerakannya.
Lakukanlah senam dengan rutin setidaknya seminggu 2 hingga 4 kali sesuai kebutuhan untuk memperoleh hasil nya.
Jika letak tinggal anda dekat dengan pusat kebugaran ikutilah dengan teratur atau anda bisa memanggil guru senam ke rumah jika tidak ingin pergi keluar.
Manfaat yang didapat dari senam sangat besar sekali diantaran tekanan darah menjadi lancar,melatih tulang dan sendi yang kaku, bagi penderita diabetes senam bisa mengontrol gula darah pada tubuh.

3. Berjalan


Bagi anda yang memiliki halaman luas jadikanlah tempat untuk olahraga jalan kaki. Olahraga jalan kaki sangat bagus sekali bagi kesehatan, lakukan olahraga ini pada pagi hari karena akan terasa lebih segar. Manfaat yang didapat dari berjalan kaki bisa membakar lemak dan mengurangi resiko datangnya penyakit.
Lakukanlah selama 30 menit bawalah air minum untuk mencegah dehidrasi.

4. Berenang


Bagi yang memiliki kolam renang tidak ada salahnya melakukan olahraga di kolam. Sebelum itu lakukan pemanasan terlebih dahulu untuk mencegah kram pada otot. Jangan lupa atur pola pernafasan anda sehingga pada saat berenang anda sudah bisa mengatur pernafasan dengan baik.
Lakukan berbagai gerakan yang anda bisa lakukan, ada banyak sekali gerakan renang yang bisa dicoba seperti gaya bebas, gaya meluncur, gaya katak, gaya dada dan yang lainnya.
Jika anda tidak punya kolam renang tidak ada salah nya pergi ke suatu kolam renang umum tetapi jangan memilih tipe kolam yang sangat tinggi karena bisa membahayakan keselamatan, Pilihlah kolam renang yang sesuai dengan tinggi badan anda.
Lakukan olahraga renang minimal seminggu sekali atau dua kali sesuai kebutuhan.

5. Bersepedah


Bersepedah ialah olahraga yang sangat mudah dilakukan untuk siapa saja baik muda maupun tua.
Bersepedah sangat bagus untuk melatih otot paha dan betis.
Lakukan perjalanan selama 30-45 menit dengan jarak yang pendek.
Olahraga bersepedah juga dapat mencegah penyakit diabetes dan penyakit obesitas karena bisa mengurangi kadar kolesterol pada tubuh

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel