-->

7 Cara supaya bangun pagi Ampuh


Bangun pagi merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan apalagi jika anda mempunyai suatu kewajiban yaitu pergi sekolah atau bekerja. karena itu juga ada pepatah mengatakan rezeki akan datang di pagi hari ternyata pepatah tersebut memang benar, itu dapat dibuktikan karena sudah banyak pedagang yang berjualan pada pagi hari dagangan nya bisa lebih laris dibandingkan berjualan di siang hari. bangun pagi bisa menyegarkan pikiran kita selepas tidur, menghirup udara segar di luar dan membantu merilekskan tubuh yang membuat badan menjadi lebih segar sehingga bisa menjalani aktivitas dengan sangat maksimal.

Selain itu manfaat bangun pagi juga bisa memperkuat daya ingat otak contohnya apabila belajar dipagi hari kita dapat mengigatnya lebih baik dibanding dengan belajar di siang atau sore hari.

Bagi kebanyakan orang bangun pagi merupakan hal yang sangat sulit dilakukan karena mungkin mereka tidak bisa mengatur pola tidur nya bahkan ada juga yang sudah berusaha mengatur waktu tidurnya dengan baik tetapi tetap saja tidak bisa bangun di pagi hari. Faktor tersebut memang bisa diperoleh dari kebiasaan yang tidak pernah bangun pagi atau kurang nya waktu tidur.

Berikut merupakan tips agar bisa bangun di pagi hari

1. Atur waktu tidur anda


Mengatur waktu tidur merupakan hal utama yang harus dilakukan agar waktu bangun anda bisa dijadwal sesuka hati anda. Ketika dimalam hari waktu tidur bagi orang dewasa ialah 8 jam sementara  anak-anak 10 jam. Oleh karena itu, jika anda ingin bangun pagi sekiranya minimal tidur lah pada jam 9 atau 10 agar bisa bangun dipagi hari. Apabila anda belum terbiasa dengan jadwal tidur yang sekarang ini anda bisa membaca sebuah majalah, meminum segelas air putih dan bisa juga dibacakan dongeng sebelum tidur agar pikiran sadar anda akan berpindah ke cerita dongeng yang anda dengar ini bisa membantu tidur anda lebih cepat.

2. Siapkan alat yang bisa membantu anda bangun dengan tepat waktu


Dengan menyediakan alat ini seperti alarm ataupun bell yang sangat berisik anda bisa bangun dengan tepat waktu tanpa adanya bantuan dari orang lain untuk membangunkan anda. Jangan lupa sebelum tertidur ingat-ingat untuk mengatur alarm dan usahakan diri anda untuk bangun ketika alarm berbunyi tanpa menunda-nunda waktu bangun sampai alarm berikutnya berbunyi walaupun anda masih sangat  mengantuk, karena setelah bangun pasti rasa ngantuk nya akan hilang. Apabila anda tidak beranjak dari tempat tidur maka rasa ngantuk ini tidak akan menghilang bahkan akan lebih menambah rasa ngantuk.

3. Atur tempat tidur anda senyaman mungkin


Mengatur tempat tidur merupakan salah satu cara agar tidur anda merasa nyaman. ketika tidur anda sudah terasa nyaman maka tubuh akan terasa lebih fresh pada saat bangun nanti dan dapat bangun lebih cepat. Agar tidur anda nyaman pilihlah tempat tidur yang empuk dan pilih kasur yang sesuai dengan tinggi badan anda agar semua bagian tubuh tidak ada yang menggantung, jangan lupa pakailah bantal untuk melindungi kepala atur posisi kepala agak tinggi dari badan, gunakan juga selimut agar badan bisa terasa hangat saat tidur. Posisikan tidur anda berbaring atau menghadap kekanan, mengapa harus kekanan? Karena jika ke kiri ada organ jantung yang tepat berada sebelah kiri yang membuat terganggunya fungsi karena tertimpa tubuh.

4. Makan makanan yang mengandung serat dan protein


Memakan makanan yang sehat akan menjadikan tubuh lebih sehat dan tahan dari serangan penyakit. Ini membuat tidur anda juga lebih maksimal dari biasanya karena tubuh sudah memenuhi nutrisi dan asupan yang cukup. Ketika anda bangun nanti pasti tubuh anda akan terasa bersemangat dan lebih produktif untuk melakukan aktivitas di esok hari.
Bebera makanan yang bagus diantarnya ialah pisang,susu dan sayur

5. Jangan Lakukan aktifitas yang sangat berat


Melakukan aktifitas yang berat akan sangat membuat tubuh kita terasa lelah, apabila hal ini dilakukan pada malam hari pasti akan berdampak pada bangun kita di keesokan harinya. Oleh karena itu janganlah melakukan aktifitas yang membuat fisik kita terasa lemah karena jika tubuh sudah terasa sangat letih maka sudah dipastikan tidur anda akan lebih lama karena tubuh pasti sangat memerlukan istirahat yang cukup lama untuk mengembalikan energi yang kita habiskan.

6. Mintalah orang lain untuk membangunkanmu



Meminta orang untuk membangunkan anda memang cara yang sangat efektif untuk bisa bangun dengan tepat waktu apalagi bangun di pagi hari.
Tetapi cara ini tidak bisa dilakukan secara terus-menerus di khawatirkan orang yang diminta bangunkan akan bosan.

7. Taruhlah jam di ruang kamarmu


Jika tidak ada cara yang lebih efektif anda bisa menaruh jam dinding di ruang kamar anda agar tidak bangun terlambat.
Dengan demikian pada saat anda bangun mata anda sudah terlihat langsung ke arah jam.

Itu saja 7 tips cara bangun pagi tepat waktu. Semoga bisa membantu

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel