-->

7 Tips Cara memperbaiki tulisan tangan yang jelek menjadi bagus dan rapih


Mempunyai tulisan yang jelek merupakan bawaan yang didapat dari lahir dan tentunya tidak ada kaitanya dengan penyakit kelainan karena hal ini sudah menjadi sesuatu yang alamiah terjadi.

Menulis merupakan hal yang sangat sering dilakukan setiap hari untuk mengirimkan pesan atau mencatat berbagai hal-hal penting. Tentunya bagi yang mempunyai tulisan jelek akan mengalami masalah pada isi pesan yang dibuat bisa saja mengalami miss komunikasi sehingga pembaca tidak mengerti maksud isi pesan yang dibaca.

Tapi jangan khawatir tentunya gaya tulisan yang jelek bisa diubah menjadi lebih baik apabila ingin belajar sungguh-sungguh dan mau memperbaiki tulisan nya. Seperti yang kita tau proses belajar menulis ini akan memakan waktu lebih lama dibandingkan belajar seperti matematika atau pelajaran sekolah yang lain, karena selain kita dilatih untuk membuat tulisan yang bagus kita juga dituntut untuk membuang kebiasaan buruk gaya cara menulis yang dimiliki sebelumnya dan menggantinya menjadi gaya tulisan yang baru yang tentunya lebih bagus dari sebelumnya

Berikut ada 10 tips cara memperbaiki tulisan tangan yang jelek

1. Meniru tulisan orang lain yang lebih bagus


Meniru gaya tulisan orang lain merupakan hal yang paling sederhana dilakukan karena kita hanya perlu meniru tulisan kita sama persis seperti mereka, namun hal ini tidak hanya dilakukan 1 kali saja melainkan harus dilakukan berkali-kali sampai hafal betul bagaimana gaya tulisan yang ditirunya. Pastinya juga tulisan yang ditiru harus memiliki banyak kata setidaknya bisa meniru 1 buku tulis full agar lebih terbiasa menulis nya
Menulis bukanlah hal susah dilakukan jika kita mau bersungguh-sungguh memperbaiki tulisan dengan benar maka seiring berjalanya waktu tulisan kita yang dulu nya jelek maka akan terlihat lebih rapih dibandingkan sebelumnya.

2. Berlatih dengan membuat gaya tulisan sendiri


Berlatih membuat gaya tulisan sendiri merupakan cara yang paling efektif untuk memperbaiki tulisan yang jelek. Dengan begini penulis dapat membuat variasi tulisan khas kita sendiri dan bisa mengetahui letak kesalahan nya setelah mengetahui itu anda bisa rapihkan tulisan sendiri yang masih sekiranya jelek atau tidak dapat terbaca, apapun hasil karya tulisan anda jangan berpikir tulisan sudah cukup/lebih baik dari sebelumnya terus anda tinggalkan begitu saja karena berlatih 1 kali saja belum cukup bahkan itu bisa membuat tulisan anda kembali lagi ke tulisan yang sebelumnya, kembangkanlah kembali tulisan itu menjadi lebih bagus lagi atau jika perlu latihan menulis 1 buku novel full dengan tulisan anda sendiri, jika dilihat dari halawan awal yang ditulis sampai akhir pasti anda akan menemukan perubahan yang terjadi pada tulisan anda.

3. Gunakan alat tulis yang enak diggunakan


Menggunakan alat tulis yang tidak nyaman juga ternyata bisa mempengaruhi hasil tulisan lho. Pilihlah pulpen atau pensil yang sekiranya nyaman kita gunakan dengan demikian rasa semangat menulis akan semakin tinggi dan tulisanpun akan semakin rapih.

Cara pemilihan alat tulis yang enak diantaranya ialah

  • Pilih alat tulis yang enak digenggam ditangan
  • Pilih tinta yang tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu tipis
  • Gunakan ujung pena yang tidak terlalu lancip agar hasil tulisan tidak berbekas dibelakang
Setelah anda memilih pemilihan alat tulis yang anda sukai anda dapat membeli alat tulis yang cocok dengan anda
30% cara ini bisa menambah keindahan tulisan anda

4. Pilihlah waktu dan kondisi mod yang baik


Memilih waktu yang bagus akan membuat rasa keinginan menulis akan semakin tinggi dan akhirnya pengaruh tulisan pun menjadi lebih bagus dibandingkan menulis di waktu yang tidak tepat (misalnya pada waktu malam hari)
Begitu juga dengan keadaan mod kita yang tidak menentu bisa sangat berpengaruh pada tulisan.
Pemilihan waktu yang bagus ketika ingin melatih tulisan ialah pada waktu pagi hari ataupun di sore hari tetapi itu semua tergantung dengan kondisi anda yang lebih enaknya lebih memilih pagi,siang sore ataupun malam hari.

5. Berusaha mencoba gaya tulisan baru


Bagi seorang penulis tidak ada salahnya Mencoba gaya tulisan baru, bahkan bagi orang yang mempunyai tulisan yang buruk sangat bagus mempelajari beberapa gaya tulisan yang bervariasi, ini membuat tulisan kita tidak mudah bosan dilihat oleh orang lain bahkan akan lebih mengarah ke tulisan unik yang bisa dijadikan cerita novel ataupun buku komik. Dan karena hal ini juga tulisan buruk kita bahkan akan lenyap begitu saja dikarenakan kita sudah banyak mengenali berbagai jenis karakter sehingga bisa melupakan tulisan sendiri.
Mencari gaya bahasa baru sangatlah mudah bisa didapati dari buku tulisan indah ataupun mencari nya di internet ada banyak sekali gaya bahasa bahkan ada sampai ribuan jenis.

6. Rajin Menulis


Ketika seseorang terus menerus latihan menulis maka tulisan yang tadinya jelek maka lambat laun akan semakin bagus dan selalu berusaha memperbaiki secara perlahan, tidak usah terlalu terburu-buru.
Sehari minimal lakukanlah menulis 5 sampai 10 lembar halaman. Ini akan membuat tangan anda terlatih tanpa harus memaksakan membuat tulisan yang bagus.
Gunakan alat tulis pensil terlebih dahulu agar lebih mudah menghapusnya ketika terjadi kesalahan saat menulis.
Dari sekian banyak orang tulisan yang jelek disebabkan oleh jarangnya latihan menulis oleh karena itu rajin-rajinlah menulis yang sehingga anda terbiasa.

7. Buatlah buku diary


Membuat sebuah buku diary memang sangat menyenangkan. bagi yang sering menulis alangkah baiknya membuat buku diary itung-itung melatih tulisan tangan anda menjadi lebih bagus. Tulislah beberapa lembar dari cerita keseharianmu di sebuah buku kecil.
Ini akan melatih kemampuan menulismu setiap hari.

Itulah beberapa tips merubah tulisan yang jelek menjadi bagus dan rapih semoga dapat membantu anda

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel