-->

Jenis-jenis tanaman herbal dan manfaatnya lengkap Sangat ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit


Tahukah anda, semua yang terdapat di dunia ini pasti memiliki manfaat.
tuhan sudah menyediakan berbagai macam kebutuhan manusia dimulai dari sumber daya hewan dan tanaman untuk dijadikan bahan makanan dan tentu saja obat-obatan jika kita dapat mengolah nya dengan baik.
Banyak orang tidak mengetahui tentang obat herbal karena kurangnya ilmu pengetahuan, mereka tidak menyadari bahwa penyakit ringan maupun berat yang diderita bisa diatasi dengan obat yang didapatkan dari tanaman yang ada di sekeliling kita tanpa harus pergi ke dokter dan bisa-bisa mengeluarkan banyak biaya, sangat merugikan bukan?
Oleh sebab itu sahabat herbal akan menjelaskan tanaman herbal apa saja yang dapat menyebuhkan berbagai macam penyakit

1. Kunyit

Siapa sangka kunyit yang biasa diggunakan sebagai bumbu dapur ini bisa dijadikan obat herbal yang bagus sekali.
Walaupun berbentuk kecil dan baunya sangat menyengat, kandungan yang dikandung rempah-rempah ini banyak memberikan khasiat melebihi dari obat dokter lho.
Diantaranya ialah dapat menghilangkan

penyakit gatal-gatal
Kunyit sangat ampuh dalam menghilangkan gatal-gatal dikulit, penyakit apapun itu seperti gatal terkena nyamuk atau terkena binatang seperti ulat bulu maupun gatal karena alegri yang membuat kulit merah dapat diatasi menggunakan kunyit ini dan tentunya tidak menimbulkan efek samping apapun. gunakan kunyit ini cukup dengan menumbuknya sampai halus campurkan air sedikit lalu tempel di area kulit yang mengalami gatal-gatal, maka kandungan curcumin yang ada dalam kunyit bisa langsung bekerja menghilangkan radang di kulit yang gatal.

Penyakit tekanan darah tinggi
Tentunya para orang tua selalu mengalami penyakit tekanand darah tinggi yang jika dibiarkan bisa mengancam keselamatan jiwa, oleh sebab itu jangan khawatir dengan menggunakan kunyit anda bisa mengontrol tekanan darah sendiri tanpa harus ke dokter.
Cara menggunakannya yaitu rebus kunyit dan ambil sarinya lalu minum rutin sehari 3 kali lalu cek tekanan darah anda akan turun perlahan.

Menurunkan Penyakit demam
Siapa sangka kunyit dapat menurunkan demam, yap kunyit merupakan obat herbal dengan fungsi yang bermacam-macam salah satunya penyakit demam ini. Bagi ibu-ibu yang mempunyai anak yang sedang demam bisa menggunakan kunyit ini untuk menurunkan panas.
Supaya disenangi oleh anak kunyit bisa diolah menjadi susu atau pun makanan agar lebih mudah dikonsumsi oleh anak.

2. Sambiloto


Jika anda belum pernah mendengar sambiloto ini pasti beruntung.
Karena apa? Sambiloto ini memiliki rasa yang sangat pahit sekali dilidah tetapi khasiat nya sebagai obat sangat mujarab menyembuhkan berbagai macam penyakit sangat ampuh sekali.
Jika anda ingin meminum ini jangan lupa sediakan makanan lain untuk mengurangi rasa pahit bagi yang tidak kuat dengan rasa pahitnya
Manfaat sambiloto untuk mengatasi berbagai penyakit yaitu

Menurunkan gula darah
Bagi penderita diabetes pastinya selalu mengontrol gula darah. Bagi yang mengalami peningkatan gula darah tinggi sambiloto lah jawabanya.
Karena dengan meminum sambiloto ini bisa menurunkan kadar gula darah.
Caranya ialah dengan meminum ekstrak dari daun sambiloto.

Mencegah penyakit jantung
Sambiloto juga dapat mencegah penyakit jantung, karena khasiat yang diberikan dari daun sambiloto bisa melancarkan peredaran darah dan juga memecah darah yang menggumpal sehingga aliran darah bisa lancar kembali

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh merupakan sebuah proteksi tubuh untuk melindungi tubuh supaya tidak terkena berbagai macam penyakit yang berbahaya, Sehingga harus dilindungi bahkan harus diperkuat tingkat keamanan nya.
Sambiloto mempunyai khasiat yang bagus untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh seseorang caranya ialah hanya dengan meminum air rebusan dari daun sambiloto, lakukan ini secara rutin untuk menjaga imunitas anda
Harap diperhatikan sambiloto tidak boleh dikonsumsi oleh penderita ibu hamil atau menyusui sebaiknya konsultasi dulu ke dokter ya.

3. Kayu Manis


Rempah-rempah satu ini pasti tidak asing lagi kan dengan yang namanya kayu manis.
Yap kayu manis yang berasa pedas dan manis ini seringkali dipakai oleh ibu-ibu rumah tangga untuk keperluan membuat masakan dan sudah banyak jenis masakan yang dihasilkan dari kayu manis ini dimulai dari masakan,bolu-boluan, makanan berkuah seperti empal gentong dan juga minuman teh.
Dibalik manfaat nya untuk memasak ternyata kayu manis juga dapat dijadikan obat herbal yang bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan.
Diantaranya yaitu :

Menurunkan berat badan
Jika berbicara masalah berat badan kayu manislah jawabanya, banyak yang tidak mengira bahwa kayu manis hanya dipakai sebagai bumbu bahan makanan saja, akan tetapi kayu manis juga dapat menurunkan berat badan yang dapat membantu menjalani program diet harian anda.
Caranya dengan meminum air rebusan kayu manis dengan madu maka akan membuat anda serasa lebih kenyang walaupun anda belum makan sama sekali. Karena minuman ini membantu mendetoksifikasi sistem tubuh

Meningkatkan Fungsi otak
Bagi yang sedang ujian atau menghafal mata pelajaran marilah sekali-kali mencoba kayu manis karena nutrisi yang ada didalamnya bermanfaat untuk menambah daya ingat dan konsentrsi belajar anda.
Selain meningkatkan fungsi otak kayu manis juga bisa memperlambat perkembangan penyakit otak seperti alzheimer ataupun parkinson.

Mengobati infeksi saluran pernapasan
Bagi anda yang lagi mengalami radang infeksi saluran pernapasan apapun seperti asma,brongkitis atau pneumonia coba konsumsi kayu manis karena kayu manis dipercaya bisa menyembuhkan infeksi pada saluran pernafasan cobalah untuk meminum air hangat dicampur dengan bubuk kayu manis karena kayu manis mengandung antioksidan yang bagus untuk mengurangi kerusakan akibat radikal bebas.

4. Daun keji beling



Yang keempat adalah daun keji beling, daun keji beling bisa disebut sebagai tanaman herbal yang bisa mengatasi berbagai macam penyakit ringan yang sering diderita orang pada umum nya.
Tanaman ini akan lebih bagus dibudidaya di rumah sebagai tanaman obat untuk kepentingan kesehatan keluarga.
Daun keji beling lebih mudah hidup di lingkungan yang lembab dan banyak airnya. Daun keji beling mempunyai warna hijau tua yang sangat pekat sekali berbeda dari daun yang hijau pada umumnya.
Manfaat dari daun keji beling ialah

Mengatasi kencing batu
Penyakit kencing batu merupakan penyakit yang bisa dibilang sangat serius apabila dibiarkan begitu saja akan mengakibatkan rasa yang sangat sakit yang amat hebat dan biasanya berakhir pada operasi, tetapi sejauh ini kencing batu dapat diatasi tanpa menjalani operasi yaitu dengan melarutkan batu ginjal yang ada di dalam kantung empedu dengan menggunakan daun keji beling. karena daun keji beling mempunyai zat kalium yang dapat melarutkan kencing batu.

Mengatasi sembelit
Penyakit ini kerap kali pasti pernah dialami oleh orang-orang tanpa memandang usia muda maupun dewasa.
Gejala sembelit yaitu ketika seseorang tidak bisa melakukan buang air besar dan merasakan sakit yang amat perih pada perut yang diakibatkan feses tidak bisa keluar dengan lancar dan ketika keluar feses keras seperti batu.
Rasa sakit yang dialami ketika sembelit yaitu dikarenakan gaya hidup yang kurang baik seperti jarang minum,memakan makanan yang keras dan duduk terlalu lama.
Jika hal ini terjadi pasti sangat menggangu aktivitas anda. Cobalah daun keji beling yang direbus dengan air dua gelas lalu di saring dan minumlah

Mengatasi penyakit maag
Penyakit maag terjadi karena menunda-nunda waktu makan dalam jangka waktu yang lama, yang mengakibatkan asam lambung naik yang mengakibatkan peradangan pada lambung.
Kejadian ini pasti dialami oleh semua orang.
Apabila penyakit maag menyerang alangkah baiknya

5. Kapulaga


Tanaman herbal terakhir yang sangat bagus manfaat nya untuk kesehatan ialah kapulaga.
Kapulaga sebenarnya tidak hanya dijadikan sebagai obat saja melainkan biasanya orang timur tengah membuat makanan menggunakan tanaman kapulaga ini. Orang-orang juga biasanya membuat teh menggunakan kapulaga dan ternyata bisa memberikan dampak positif bagi yang meminumnya.
Manfaat dari kapulaga ini diantaranya ialah :

Menurunkan hipertensi
Bagi orang tua ataupun lansia, tekanan darah tinggi merupakan suatu hal yang bisa mengancam jiwa jika tidak ditangani serius. Hipertensi adalah keadaan dimana tekanan darah pada dinding arteri sangat tinggi apabila dibiarkan bahkan dapat menimbulkan penyakit baru yang lebih parah seperti penyakit jantung,stroke dan masih banyak lagi.
Apabila mempunyai penyakit ini minumlah bubuk kapulaga karena kapulaga bisa menurunkan tekanan darah yang cukup ampuh. bisa juga menambahkan kapulaga di setiap makanan yang ingin dimakan.

Mencegah penyakit maag
Mengkonsumsi kapulaga dapat juga menjaga kesehatan lambung. Terkadang penyakit lambung datang dengan sendirinya yang mengakibatkan perut terasa kembung dan akhirnya mengalami mual-mual. konsumsilah kapulaga untuk menjaga lambung sehingga dapat terhindar dari penyakit asam lambung

Menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit
Seperti yang kita lihat akhir-akhir ini banyak sekali anak-anak bahkan orang dewasa pun sering terserang penyakit, diantaranya : flu,batuk dan demam.
Penyakit seperti ini memang bukan penyakit yang serius tetapi bisa menganggu aktifitas kita dan orang lain yang ada di lingkungan sekitar pun bisa jadi tertular juga penyakit yang kita alami.
Konsumsilah kapulaga karena kapulaga diyakini dapat membunuh bakteri maupun kuman yang dapat menyerang tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh akan semakin kuat untuk membasmi penyakit.

Itulah beberapa Macam-macam tanaman herbal dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit semoga anda bisa lekas sembuh secepatnya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel