-->

Laporan hasil Wawancara budidaya burung puyuh


I.Latar Belakang
Burung puyuh merupakan unggas yang tidak dapat terbang persis seperti ayam yang hanya terbang dengan jarak yang sangat pendek.
Bentuknya yang kecil dan gemuk menjadikan ciri khas dari burung puyuh ini.mungkin burung puyuh dipasaran tidak terlalu banyak peminatnya mungkin dikarenakan mengolahnya lumayan sulit namun disisi lain telurnya sangat banyak sekali peminatnya bahkan bisa dibilang kekurangan sehingga pasokan produksi telur puyuh harus ditingkatkan lagi sangat bagus untuk dijadikan peluang usaha telur puyuh. Selain burung puyuh nya ternyata telur puyuh juga mengandung banyak manfaat diantaranya menjaga kesehatan gigi,penambah stamina,menjaga kesehatan mata cocok untuk anak-anak yang lagi mengalami masa pertumbuhan. Selain banyak manfaat telur puyuh juga dapat dijadikan bahan makanan yang simple yang semua orang bisa melakukan nya contoh nya sambal goreng telur puyuh,aneka sayuran,opor telur puyuh,semur telur puyuh tentunya sangat enak sekali dan lebih murah.
Untuk orang tua yang sedang menderita penyakit kolesterol tidak disarankan memakan telur puyuh terlalu banyak karena kadar kolesterol yang terkandung pada telur puyuh sangat tinggi jadi, lebih berhati-hati lah terhadap olahan makanan yang mengandung telur puyuh.
II.Maksud dan Tujuan
1.Memenuhi tugas bahasa Indonesia
2.melatih kerja sama antar kelompok
3.Menambah wawasan tentang kandungan yang terdapat pada telur puyuh
4.Melatih siswa untuk dapat berekspresi dan berbicara di depan umum
5.Mengetahui cara budidaya burung puyuh
III.Waktu dan tempat
Rabu 10 April 2019
Waktu: 16.30 WIB
Tempat: peternakan telur puyuh
Jalan sudarsono  no 19 Rt 08 silih asuh kecamatan Taruna Wijaya
(Persis depan Tukang es kelapa Muda)
IV.Anggota Wawancara
Narasumber: Pak Hartono
Ketua: Tomy Hermawan
Sekretaris: Endang miftahul huda
Juru Foto: Een Sugiarti
Juru video: Andi M
Juru Rekam: Wahyudi sallam Tjahyadi
V.Percakapan Wawancara
Pewawancara: Permisi pak saya dari SMA Negeri 21 ingin mewawancarai bapak mengenai peternakan burung puyuh ini apakah kami boleh minta waktunya sebentar?
Narasumber: boleh nak
Pewawancara: sudah berapa lama bapak sudah budidaya burung puyuh ini?
Narasumber: sudah 3 tahunan nak
Pewawancara: ada berapa banyak burung puyuh disini pak?
Narasumber: ada banyak, disini ada beberapa kandang,tiap kandang disesuain dengan umur burung puyuh nya  yang ini tempatnya burung puyuh yang sudah mulai dewasa,ada yang masih kecil-kecil dan ada yang sudah dewasa.
Pewawancara: bagaimana sih pak awal mula-mula membudidayakan burung puyuh ini?
Narasumber: pertama siapkan kandang nya terlebih dahulu,kelompokan jenis kandang nya berdasarkan isi burung puyuh jangan lupa sediakan alat penerangan ini akan membuat burung puyuh lebih merangsang jadi cepat bertelur,setelah memilih kandang pilih jenis burung puyuh yang bagus,burung puyuh yang bagus itu burung yang aktif bergerak, larinya lincah dan warna bulunya yang cerah oh iya burung puyuh yang aktif untuk bereproduksi yang berumur sekitar 45 hari tanyakan dulu sama penjual burung puyuh untuk memastikan usianya. Untuk makanan nya karena burung puyuh pemakan segala kasih makanan yang mengandung banyak vitamin dan protein yang cukup contoh nya dedak atau biji-bijian seperti jagung,beras atau bisa juga serangga kecil atau bisa beli dipasar kalau tidak mau ribet
Pewawancara: berapa lama telur puyuh menetas pak?
Narasumber:telur puyuh menetas antara 16-17 hari.
Taro telur di tempat yang hangat sekitar 38 derajat celsius.
Pewawancara: setelah panen mau dijual kemana pak?
Narasumber: dijual ke pasar terutama telur nya satu kilo harganya 22 ribu. Kalau harga burung puyuh dewasa nya 25 rb perekor.
Pewawancara: apa saja sih pak manfaat yang terkandung didalam burung puyuh ini?
Narasumber: kandungan nya banyak ada protein dan vitamin untuk kesehatan tubuh cocok buat yang lagi masa pertumbuhan. Sumber energi tubuh dan memberi nutrisi untuk meningkatkan kerja otak nak.
Untuk kotoran nya juga bisa dijadikan manfaat untuk pupuk tanaman
Jadi tidak hanyak burung dan telur nya saja yang bermanfaat,kotoranya pun bisa dijadikan pupuk.
Pewawancara: apakah ibu pernah mengolah sendiri jadi makanan bu?
Narasumber: oh pernah jadi burung puyuh goreng,disayur juga bisa rasanya enak banget. Tapi harus pintar ngolah nya karena memasak burung puyuh beda dengan ngolah ayam kalau belum matang dagingnya bisa keras.
Pewawancara: terimakasih ya pak atas wawancara nya.
Narasumber: sama-sama

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel