-->

Laporan hasil Wawancara budidaya burung pipit


I.Latar belakang
Burung pipit ialah spesies burung yang memakan biji bijian dan bentuknya imut karena lebih kecil dari burung yang lainnya. Burung pipit ini memakan biji bijian dan lebih suka ditempat yang hangat, burung pipit suka sekali mencari makan berkelompok.burung pipit mempunyai warna yang bermacam-macam tergantung jenis nya, karena ada banyak jenis dari burung pipit ini diantaranya pipit bondol haji,bondol peking,bondol coklat,bondol rawa,bondol dwi warna dan masih banyak lagi.
Makanan burung pipit ada banyak sekali jenis nya bisa biji-bijian seperti biji padi,biji jagung,biji matahari atau juga bisa memakan telur semut yang biasa disebut kroto lebih menyehatkan karena banyak yang bilang kroto mengandung banyak protein untuk kesehatan burung dan bisa membuat kicauan burung menjadi lebih merdu.
Menurut sebagian orang daging burung pipit dapat membantu kesehatan manusia diantaranya mengatasi mata berair,menghilangkan kutil dan membantu menambah stamina.
II.Maksud dan Tujuan
1.Memenuhi tugas Indonesia
2.Melatih siswa kerja sama antar kelompok
3.Mengetahui jenis-jenis burung pipit
4.Mengetahui cara budidaya burung pipit
5.Mengetahui ciri-ciri jenis kelamin jantan dan betina pada burung pipit
III.Waktu dan Tempat
Kamis 11 April 2019
Waktu: 13.50 WIB
Tempat: pemeliharaan burung pipit jalan sukajadi no 17 kecamatan Utara barat
IV.Anggota Wawancara
Narasumber: Bapak Yono Sutrisno
Ketua: Adi jaya abadi
Sekretaris: Udin brawijaya
Juru Foto: Restu apriliani
Juru Video: Hikmatul Amalia
Juru Video:Elin Rohmalia
V.Percakapan Wawancara
Pewawancara: Permisi pak saya  dari sekolah Menengah pertama negeri 8 Ingin mewawancarai bapak tentang cara budidaya burung pipit,apakah boleh pak?
Narasumber: iya boleh nak
Pewawancara: ada berapa jenis spesies burung pipit disini pak?
Narasumber: ada 3 jenis yang pertama gelatik jawa,kedua Gouldian Finch,yang ketiga matari.
Pewawancara: burung pipit bapak bermacam-macam ya pak warna nya.
Narasumber:iya bapak sengaja memelihara yang warna nya berbeda biar keliatan nya bagus
Pewawancara: bagaimana sih pak cara budidaya burung pipit ini?
Narasumber: pertama pilih dulu nih burung pipit jantan dan betina nya, cara nya gampang bedain mana yang jantan dan betina nya tinggal dilihat dari fisik nya saja yang pertama kalau burung pipit jantan bentuk tubuh nya lebih besar dari betina, yang kedua berdirinya lebih tegak dibanding yang betina,yang ketiga jambul nya lebih keliatan dari pada yang betina biasanya sedikit.
Setelah itu sediakan sangkarnya soalnya burung pipit ukuran nya kecil jadi cuman butuh sangkar gantung juga bisa tidak usah besar-besar,didalam nya taruh rumput kering untuk tempat telurnya dan makan sama minum nya,usia burung puyuh buat siap kawin bagusnya 7 bulan dan lebih suka kawin pada musim hujan.telur puyuh biasanya bertelur 3-8 atau bisa juga lebih tergantung kondisi burung nya. Sekitar 2 minggu telur burung puyuh akan menetas, sekitar 3 minggu telur menetas baru bisa dipanen
Pewawancara: apa saja sih bu kebiasaan burung pipit?
Narasumber: burung pipit biasanya sering buat sarang sendiri dipohon yang tinggi jauh dari manusia  suka terbang berkelompok, suka cari makan sendiri juga dan mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan nya,kalau musim dingin  biasanya mereka bermigrasi/pindah ke tempat yang lebih hangat.
Pewawancara: oh begitu terimakasih ya pak atas wawancaranya
Narasumber: sama-sama

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel