-->

Laporan hasil Wawancara pedagang Roti bakar


I.Latar Belakang
Roti bakar merupakan cemilan manis yang berisi aneka rasa yang dijajakan di pinggir jalan. Roti ini dipanggang di atas kuali menggunakan mentega agar terasa gurih dan nikmat. isi dari roti bakar ini bermacam-macam varian nya mulai rasa coklat,keju,blueberry,strawberry,selai madu,selai kacang bisa juga campuran dari semua rasa yang disebutkan menjadi satu, pasti rasa nya mantap sekali.
Makanan ini biasanya dijual pada sore hari tidak tahu mengapa tapi penjual roti bakar baru mulai bermunculan ketika matahari sudah mulai tenggelam.

Yang membuat makanan ini digemari banyak orang ialah varian rasa nya yang sangat beragam dan tentunya bisa membuat orang ketagihan lagi dan lagi. harganya pun tidak mahal berkisar antara 10 sampai 20 ribu rupiah tergantung rasa dan jumlah topping yang dipilih. roti bakar akan lebih enak disantap selagi hangat apabila dimakan pada waktu dingin maka rasa gurih nya sudah hilang.

Roti bakar sangatlah mudah ditemukan yaitu ada dipinggir jalan dirumah makan, pasar malam, dan yang paling mudah ditemukan yaitu di tukang gerobak keliling yang biasanya ada pada malam hari. jika tidak lagi sedang ingin makan nasi roti bakar merupakan salah satu makanan yang tepat untuk mengenyangkan perut. bahkan orang barat menjadikan roti sebagai makanan pokok sehari--hari karena sangat mudah dibawa kemana-mana. 

II.Maksud dan tujuan
1.Memenuhi tugas bahasa Indonesia
2.Melatih kerja sama antar kelompok
3.Meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab setiap siswa
4.Meningkatkan rasa percaya diri dan kemauan untuk berbicara dengan orang lain
5.Mendapatkan pengetahuan seputar kuliner

III.Anggota Wawancara
Narasumber: Pak Yono Tusmarto
Ketua: Indra inawan
Sekretaris:Siska Tsania Putri
Juru foto: Tera janna
Juru Video: Turah kurniawan
Juru rekam:Ismi suriyanti

IV.Waktu dan tempat
Sabtu 19 Januari 2018
Pukul: 16.30 WIB
Tempat: Depan SDN Ciremai Giri

V.Percakapan Wawancara
Pewawancara: Permisi pak saya dari SMAN 9 Cirebon ingin mewawancarai bapak untuk tugas sekolah kami,apakah saya boleh meminta waktu nya sebentar?
Narasumber: boleh tapi sebentar aja ya soalnya nanti ada yang beli
Pewawancara: iya pak.
Pewawancara: berapa harga roti bakar ini pak?
Narasumber: satu rasa harga 13 ribu, kalau dua rasa 15 ribu, kecuali kalau ada keju 22 ribu dua rasa, kalau lebih 25 ribu.
Pewawancara: ada rasa apa saja pak roti bakar ini?
Narasumber: ada keju,selai strawberry,selai blueberry,selai kacang,coklat,susu.
Pewawancara: pak bagaimana cara membuat roti bakar ini?
Narasumber: caranya harus ada roti ya yang penting
Pertama belah satu bungkus roti menjadi dua kemudian panaskan dulu api nya masukan mentega,kemudian masukan oleskan selai atau coklat sesuai selera dikedua sisi roti kemudian tutup kembali rapatkan jadi satu dan olesin bagian luar dengan mentega juga setelah itu taruh dipanggangan,bolak balik sampai warna nya berubah coklat setelah coklat angkat dan potong-potong. roti bakar siap disajikan
Pewawancara: kenapa orang yang jualan roti bakar biasanya ada pada sore hari dan malam hari saja pak?
Narasumber: tidak juga, yang jualan pagi juga ada tapi kebanyakan sore sampai malam karena roti bakar enaknya makanan yang dimakan sambil santai kan biasanya orang kerja pulang jam 5 sore beli roti bakar buat makanan penutup atau buat cemilan buat malam hari kalau lapar.
Pewawancara: berapa modal bapak beli roti satu bungkus ini pak?
Narasumber: 5 ribu.
Pewawancara:murah sekali ya pak
Narasumber: iya soalnya dari pabriknya langsung, kalau beli ditukang jualan mah 8 ribuan.
Pewawancara: berapa bungkus pak biasanya yang bapak beli buat jualan?
Narasumber: biasanya bapak beli 20 bungkus itu buat 3 hari karena roti tidak tahan lama mudah jamuran jadi buat jaga-jaga bawa sedikit saja takut nya ga abis bisa rugi.
Pewawancara: oh begitu. Bapak jualan dari jam berapa sampai jam berapa?
Narasumber: dari jam 5 sore sampai jam 10
Pewawancara:Berapa bungkus roti yang bapak jual dalam 1 hari?
Narasumber: 7-10 an
Pewawancara: berapa kuntungan bapak dalam satu hari?
Narasumber: sekitar 60 ribu
Pewawancara: biasanya yang beli disini siapa aja pak?
Narasumber: ya banyak bapak-bapak,ibu-ibu remaja juga ada.
Pewawancara: bagaimana pak apakah ramai berjualan roti bakar?
Narasumber: kebanyakan sepi sih nak soalnya bapak hanya berjualan ditempat karena lagi sakit kakinya waktu dulu berkeliling lumayan rame. tapi disyukuri saja karena mungkin hanya segini rezeki yang didapat.
Pewawancara: apa kuntungan dan kerugian bapak selama berjualan roti bakar disini pak?
Narasumber: keuntungan nya bahan pembuatanya murah yaitu hanya butuh roti dan topping nya seperti meses,kacang,susu,keju jadi bapak bisa memperoleh untung lebih banyak dibanding berjualan yang lain. kalau kerugianya jika sepi pelanggan 3 sampai 5 hari roti yang masih ada bisa berjamur, jadi kalau bapak beli roti tidak selalu banyak-banyak karena jika lagi sepi pelanggan bisa-bisa bapak rugi karena roti nya berjamur.
Pewawancara: terimakasih ya pak atas Wawancara nya
Narasumber: ya sama-sama

Kesimpulan
berdagang roti bakar bukanlah hal yang mudah dilakukan. karena ada kalanya sepi pelanggan dan roti yang tidak laku akan berjamur dalam 3 sampai 5 hari. hal ini tentunya akan membuat pedagang roti bakar menjadi mengalami kerugian. oleh karena itu apabila ingin melakukan sebuah usaha seperti berdagang selalu rencanakan alat dan bahanya lalu perkirakan modal serta keuntungan yang didapat karena dengan begini kita bisa mengetahui gambaran keuntungan yang diperoleh.

Saran
Dalam hal berdagang sudahlah hal biasa mengalami sepi pembeli, oleh karena itu untuk mengatasi hal ini sebagai pedagang haruslah membuat sebuah perubahan yaitu dengan cara membuat promosi dagangan nya. yang membuat orang tertarik untuk membelinya. misalnya dengan membagikan brosur atau mengadakan diskon bisa juga dengan melakukan suatu renovasi pada tempat daganganya seperti menyewa badut atau mempercantik tempat agar orang-orang penasaran dan lama-lama tertarik untuk membeli.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel