-->

Laporan hasil Wawancara pedagang es dawet

 

I.Latar belakang
Anda tau es dawet?
Yah minuman yang satu ini sangat populer sekali  dikalangan anak-anak maupun orang dewasa karena memang rasanya manis dan gurih di mulut membuat yang meminum nya ketagihan, belum lagi ditambah dingin es yang menambah rasa segar memasuki tenggorokan membuat sensasi seakan berada di tempat yang sejuk angin sepoi-sepoi.biasanya tukang es ini membawa gerobak dengan mengetukan sendok ke piring dan kain yang di pasangkan di gerobak bergambar wayang dan sepasang kipas bertuliskan Es dawet Ayu yang menjadikan ciri khas nya.
Minumam ini dihidangkan di gelas besar dengan disediakan sendok dan sedotan sebagai pengaduk dan meminum nya lewat sedotan.
Namun sayangnya tukang es dawet ini sudah lumayan jarang ditemui karena sudah terdapat banyak sekali saingan minuman dingin di pinggir jalan seperti es buah.
II.Maksud dan tujuan
1.Memenuhi tugas bahasa Indonesia
2.Menambah wawasan tentang cara pembuatan es dawet
3.Melatih disiplin dan kreativitas siswa
4.Mengembangkan inspirasi tentang pola pikir siswa
5.Menumbuhkan rasa percaya diri
III.Waktu dan tempat
Tanggal: 20 Desember 2018
Tempat: lapangan baperkam Rw 17 Ciremai Giri
Pukul: 07.38 WIB
IV.Anggota Wawancara
Narasumber: Bapak Hardiyana
Ketua: Rhesa Anggiyana
Sekretaris: Budi Sanjaya
Juru Foto: Harkriesna Diah
Juru video: Gunawan Purnawa
Juru Rekam: Yuni sarah prawita
V.Percakapan wawancara
Pewawancara: permisi pak,saya dari SMA Gracika ingin mewawancarai bapak tentang usaha bapak ini?apakah bapak punya waktu sebentar?
Narasumber: boleh.
Pewawancara:bapak berjualan es dawet ini berapa lama pak?
Narasumber: 3 bulan, dulu nya bapak jualan tahu gejrot tapi kayanya kurang laku jadi bapak beralih aja jual es dawet.
Pewawancara: bapak jualan es cendol ini tau resep nya dari mana?
Narasumber: bapak beli buku bekas kebetulan bapak lewat toko buku bekas ketika sedang jualan tahu gejrot, bapak mampir dulu sebentar melihat-lihat taunya ada buku yang menarik tentang proses pembuatan es dawet ini,jadi bapak tertarik membuat nya dan akhirnya bapak jualan es dawet ini.
Pewawancara: apakah sekarang lebih laris jualan nya dibanding jualan tahu gejrot?
Narasumber: iya lumayan lebih banyak peminatnya,apalagi kalau cuaca lagi panas banget, kan adek sendiri tau kalau Cirebon pas waktu siang gimana? Panas banget sampai kulit jadi hitam. Jadi banyak yang istirahat dulu sebentar buat minum es disini.
Pewawancara: bisa dijelaskan pak apa saja bahan untuk membuat es dawet ini dan bagaimana cara membuat es dawet ini?
Narasumber: bahan-bahan nya tepung beras,tepung tapioka,sari daun pandan,santan,gula merah,gula pasir,garam,air hangat,es batu,air biasa.
Caranya: pertama bikin dawetnya dulu kalau yang mau langsung jadi juga ada di pasar banyak yang jual tapi buat sendiri lebih enak dan lebih banyak. Cara buat nya campurin kedua tepung beras dan tapioka sama sari daun pandan rebus sampai kental, setelah selesai cetak adonan nya seperti bentuk kecebong, nah jangan lupa ya hasil cetakan nya masukin air panas biar cetakan nya jadi tidak menyatu lagi.
Setelah buat dawetnya bikin santan nya pertama parut kelapa nya setelah itu campurkan air panas tunggu sampai 15 menit sampe turun panasnya,setelah itu remas remas parutan kelapa nya supaya santan nya keluar, setelah itu peras pake saringan nanti santan nya akan keluar,lakuin dua kali ya dari sisa ampas kelapa tadi supaya bisa terserap semua santan kelapa nya.
Nah setelah selesai rebus santan nya harus diaduk-aduk terus supaya tidak pecah oh iya campurin daun panda biar wangi sama garam secukupnya.
Setelah membuat santan, gula merah disisir dulu terus rebus sampe cair terus tambahin sedikit air waktu pengen merebus tambahin juga satu sendok gula pasir.
Nah setelah selesai semuanya tinggal campurin aja semua bahanya dimulai dari santan nya kemudian dawet  terus gula merahnya jangan lupas es serutan nya, bagi yang punya nangka boleh ditambahin supaya rasanya lebih enak.
Pewawancara:oh begitu,ternyata lebih enak buat sendiri ya pak jika sewaktu waktu lagi pengen tidak perlu mengandalkan bahan sudah jadi, tinggal buat saja.
Narasumber: iya, selain itu lebih terjamin kesehatan,biaya lebih murah dan juga hasil buat sendiri biasanya lebih banyak.
Pewawancara: berapa bapak jual satu es dawet ini pak?
Narasumber: bapak jual 5 ribu per gelas
Pewawancara: berapa pak perhari penghasilan yang bisa bapak dapat?
Narasumber: sekitar 50-70 ribu yah syukurin aja rezeki mah udah ada yang ngatur
Pewawancara: iya juga pak,terimakasih ya pak atas Wawancara nya,saya harap dagangan bapak bisa laris terus.
Narasumber: iya makasih, sama-sama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel