-->

Laporan hasil Wawancara tanaman hidroponik

Laporan hasil Wawancara budidaya tanaman hidroponik
I.Latar belakang
Apa itu tanaman hidroponik?
Tanaman hidropnik merupakan budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah diganti menjadi air,selain menghemat lahan untuk berkebun tanaman ini juga tidak memakan banyak biaya untuk perawatanya,cocok untuk orang yang bertempat tinggal di perkotaan karena disana tidak banyak disediakan lahan,bagi yang suka berkebun teman-teman bisa menggunakan cara ini karena sangat mengguntungkan, banyak sekali contoh tanaman yang bisa dijadikan tanaman mulai dari sayur-sayuran,buah-buahan dan masih banyak lagi.
II.Maksud dan tujuan
1.Memenuhi tugas biologi untuk ulangan akhir semester ganjil
2.Memperoleh informasi dari Narasumber mengenai cara Membuat tanaman hidroponik
3.Melatih Kerja sama antar kelompok
4.Menumbuhkan rasa percaya diri
5.Mempelajari dan men-aplikasikan ilmu hidroponik untuk diterapkan di sekolah
III.Anggota Wawancara
1.Narasumber: pak Gunawan
2.Ketua: Dedi rusmana
3.Sekretaris: hendrik sinaga
4.juru rekam: Tuti prisyanti
5.Juru video:Mainah
6.Juru foto:orion lazuardi
IV.waktu dan tempat
Minggu 18 November 2018
Tempat: jalan gunung salak no 18
Pukul: 12.34-13.00
V.Persiapan Wawancara
Ketika pulang sekolah kami berunding dikelas mempersiapkan beberapa alat untuk Persiapan Wawancara keesokan hari, peralatan yang kami bawa sudah disepakati berikut daftar peralatan yang dibawa
1.Handphone
2.Kamera
3.Lembar buku kerja
4.Bingkisian untuk Narasumber
5.Beberapa makanan
VI.Percakapan Wawancara
Pewawancara: permisi pak saya dari SMAN 9 Cirebon ingin mewawancarai bapak untuk tugas akhir sekolah kami,apakah saya bisa meminta waktu sebentar?
Narasumber: iya mangga.
Pewawancara: sebelumnya saya memperkenalkan diri saya dan anggota saya, nama saya dedi sebagai Ketua pelaksana,hendrik sebagai sekretaris,mainah sebagai juru video,orion sebagai juru foto dan tuti sebagai juru rekam.
Langsung saja ya pak saya mulai Wawancara nya.
Pewawancara: Bapak disini menanam tanaman hidroponik, Apakah keunggulan menanam tanaman menggunakan air ini?
Narasumber: banyak manfaat nya selain kita tidak memakai tanah, kita tidak perlu banyak lahan untuk membuat nya,bisa menanam dimana saja sangat mudah.
Pewawancara: jenis tanaman apa saja yang bapak tanam disini?
Narasumber: disini bapak cuman menanam 3 jenis ada cabai,daun bawang dan bayam, bapak menanam yang sering bapak pakai saja jadi ga perlu jauh-jauh pergi lagi ke pasar.
Pewawancara: apakah bapak berniat untuk menambah beberapa tanaman dan menjadinkanya usaha?
Narasumber: iya, nanti saya mau ganti rumah yang mempunyai lebih banyak tempat nanti saya membuka usaha sampingan dirumah
Pewawancara: bapak punya ide ini dari mana pak? Saya lihat usaha menanam tanaman ini sangat bagus dan sehat-sehat tanamanya
Narasumber: pertama saya di kasih tau teman kalau mau menanam pakai cara hidroponik saja, setelah Saya di kasih tau saya mencari beberapa informasinya di buku di internet juga. Yah akhirnya Saya coba-coba aja iseng 1 tanaman dulu,taunya berhasil saya lanjutkan saja buat 2 jenis tanaman lagi
Pewawancara: bisa bapak jelaskan bagaimana cara menanam tanaman hidroponik ini pak?
Narasumber: bisa, tetapi yang bapak baru mencoba dua metode saja, yaitu metode wick NFC,water cultur dan drip system  sebenarnya ada banyak cara, tapi saya jelaskan yang sudah saya pakai saja ya.
Pake Metode wick
Bahan yang harus disiapkan pisau,rockwool,air hangat,tusuk gigi,benih yang ingin di tanam,plastik hitam,kain flanel dan netpot (netpot itu semacam pot kecil yang dibawahnya sudah diberi lubang) pertama tuangkan air hangat dan masukan biji benih,jika ada biji yang mengambang dibuang karena itu bagian yang jelek atau tidak bisa tumbuh, kemudian potong rockwool persegi panjang kemudian iris setengah rockwool berbentuk dadu jangan sampai potong seperti mengiris bagian mangga yang ingin dimakan berbentuk seperti dadu.
Setelah itu basahi rockwool pake air dan masukan benih ke dalam sela-sela yang sudah di iris tadi setelah semua keisi dengan benih kita tutup dengan plastik hitam dan tunggu sampai benih mengeluarkan daun empat biasanya tujuh sampai sepuluh hari.
Setelah sepuluh hari potong bagian dadu tadi menjadi satu,kemudian siapkan air bersih dan masukin dua nutrisi yang sudah disiapkan tadi,satu tutup botol saja,
kemudian masukan kain flanel ke bawah netpot dan basahkan dengan air nutrisi yang tadi dibuat,kemudian masukan netpot ke instalasi dan masukan juga tanaman ke dalam netpotnya.

Pewawancara: mudah ya pak ternyata, dengan alat dan bahan yang tidak terlalu banyak
Narasumber: iya mangkanya bapak tidak perlu repot membeli banyak barang,tetapi ada juga metode yang lumayan repot yang memakai paralon itu
Pewawancara: wawancara saya tutup ya pak karena saya sudah banyak bertanya sama bapak,terimakasih pak atas waktunya
Narasumber: iya sama-sama

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel