-->

Laporan hasil Wawancara ternak ikan bandeng

Laporan hasil Wawancara budidaya ikan bandeng
I.Latar belakang
Ikan bandeng merupakan ikan yang sangat banyak ditemui dipasaran bentuknya yang besar dan harganya terjangkau menjadi pilihan bagi ibu-ibu yang ingin memakan ikan. selain itu rasanya yang enak mengandung banyak protein seperti vitamin B2,zat besi dan masih banyak zat yang lainya yang membantu proses pertumbuhan. bagi yang kekurangan zat gizi dan menambah berat badan ikan bandeng ini sangat direkomendasikan sekali, proses pembudidayaan nya pun tidak terlalu repot karena ikan bandeng bisa tumbuh di mana saja terutama di air yang berlumpur. Namun yang paling di sayangkan ikan ini durinya sangat banyak jika ingin menghilangkanya bisa di kukus pada panci (presto)
II.Maksud dan tujuan
1.Memenuhi tugas bahasa Indonesia
2.Membangun solidaritas antar sesama kelompok
3.Membentuk improvisasi setiap siswa,sehingga mengetahui setiap karakternya
4.Menerima informasi dari Narasumber
5.Mengambil pelajaran tentang budidaya ikan bandeng
III.waktu dan tempat
Selasa 20 November 2018
Waktu: 2.32 WIB
Tempat: jalan jagasatru no 21,tambak ikan unilan
IV.Anggota Wawancara
Narasumber: Pak ojan
Sekretaris: indri maulina
Juru foto: Sindy nurhikmah
Juru video: turham derpollan
Juru rekam: indra prawira
V.Percakapan wawancara
Pewawancara: permisi saya dari SMA Negeri 9 Cirebon mau mewawancarai bapak tentang budidaya ikan bandeng ini untuk tugas sekolah kami, apakah saya boleh meminta waktunya untuk wawancara sebentar?
Narasumber: boleh nak
Pewawancara: berapa lama bapak sudah budidaya ikan bandeng ini?
Narasumber: sudah 5 tahun
Pewawancara: berapa lama biasanya pak untuk menunggu hasil panen ikan bandeng ini?
Narasumber: biasanya 3 bulan 5 hari kalau bapak
Pewawancara: mengapa bapak lebih memilih ikan bandeng dari pada yang lainya untuk di ternak?
Narasumber: karena budidaya bandeng lebih mudah dan tidak memakan banyak biaya, terus saya suka dengan ikan ini karena rasanya
Pewawancara: biasanya bapak setelah panen mau di apakan hasil panennya?
Narasumber: biasanya bapak buat makan sendiri, dijual di pasar,dijual ke restoran yang membutuhkan Ikan ini, satu lagi saya bagikan ke anak-anak panti asuhan.
Pewawancara: Manfaat apa saja sih pak yang bisa didapat ketika memakan ikan ini?
Narasumber: Memakan ikan lebih banyak manfaat nya ketimbang memakan ayam atau daging sapi diantaranya bisa mengurangi penyakit jantung karena di ikan terkandung minyak tak jenuh yang sangat bagus bagi kesehatan jantung, bisa juga merendahkan kolesterol.
Pewawancara: tolong bisa bapak jelaskan bagaimana cara membudidayakan ikan bandeng ini mulai dari tempat nya sampai selesai panen?
Narasumber: boleh, pertama pilih jenis kolam nya dulu apa mau di tambak apa di terpal atau yang lainya, kalau bapak make yang diterpal,setelah terpal dibuat usahakan kolam terpal tadi tidak ada benda atau hewan yang dapat menggangu karena benih bisa saja dimangsa oleh hewan laut ataupun mati karena kolamnya tidak bersih,setelah itu periksa keadaan suhu dan keadaan ph nya jangan sampai suhu di kolam terlalu panas atau terlalu dingin biasanya sih kolam ikan bandeng antara suhu 26-32, untuk keasaaman kadar nya 7 ph,setelah semua itu taburkan benih, selalu jaga ikan benih bandeng itu setiap hari karena kalau masih kecil harus dirawat lebih teliti soalnya gampang mati. Sekiranya sudah 2 minggu ikan bandeng mulai dipindah ke kolam yang lain jadi harus disiapkan kolam keduanya ya minimal 1 kolam 50 ikan biar tidak penuh karena benih ikan bisa mencapai ratusan, kasih pupuk supaya ada pakanan alami seperti plankton jadi tidak harus di kasih makan oleh kita saja harus diingat Kalau mau ngasih makan jangan terlalu banyak Nanti kolam bisa keruh, selalu kasih makan minimal 3x sehari, jangan lupa Kalau ingin sehat kasih vitamin sesekali saja. Jika sudah usia 5 bulan baru ikan bisa dipanen untuk dijual, untuk Mengambil ikan nya bisa pake jaring
Pewawancara: oh begitu, makanan apa pak yang diberikan kalau masih dalam bentuk benih ikan?
Narasumber: kasih ganggang contoh nya Chlorella, usahakan budidaya ini juga biar gampang,kalau masih benih rawan jadi bapak sekalian aja bikin ganggang untuk makanan nya.
Pewawancara: makasih pak atas Wawancara nya sangat bermanfaat sekali semoga saya bisa budidaya Ikan seperti bapak
Narasumber: iya sama-sama semangat ya nak belajarnya
Pewawancara: iya pak

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel