-->

Inilah dia Kenapa saldo ATM BCA Bisa Berkurang Sendiri

Saldo ATM BCA BNI berkurang sendiri - Pernahkah anda mengalami kejadian saldo ATM terpotong dengan sendirinya? Jika ya anda bukan orang satu-satunya yang mengalami hal seperti ini. banyak kejadian orang mendapatkan saldo ATM yang tiba-tiba hilang atau berkurang padahal mereka tidak melakukan penarikan atau transaksi apapun pada ATM mereka.

Kehilangan saldo ATM tentu akan sangat menjengkelkan sekali terlebih lagi saldo yang ada di dalam jumlahnya cukup besar. Jika sudah seperti ini anda harus menanggani masalah ini dengan sangat serius.

Sebelum artikel ini membahas lebih jauh mengenai penyebab hilangnya saldo ATM perlu anda ketahui sebenarnya ada beberapa hal yang membuat saldo ATM anda berkurang secara otomatis yaitu karena :

1. Biaya admin

Saldo anda akan berkurang secara otomatis apabila rekening bank yang anda miliki tersebut terdapat biaya admin yang harus dibayar perbulanya. untuk membayarnya biasanya yaitu dengan memotong saldo yang ada di dalam ATM.

Pemotongan saldo untuk biaya admin berbeda-beda tiap bulanya tergantung jenis ATM apa yang anda gunakan. untuk masalah jumlahnya pastinya tidak lebih dari 50 ribu. 

2. Biaya transaksi

Ketika anda melakukan transaksi apapun semacam transfer,tarik saldo dan belanja. tanpa anda sadari itu juga membutuhkan biaya yang dibebankan kepada kita. jadi cek kembali kemungkinan saldo anda berkurang itu disebabkan oleh anda sendiri ketika melakukan beberapa transaksi.

3. Proses pergantian kartu & buku tabungan

Jika anda pernah mengganti kartu ATM atau buku rekening maka penyebab saldo anda berkurang itu disebabkan oleh biaya pergantian pembuatan atm baru tersebut.

Karena setiap pergantian buku tabungan & ATM itu membutuhkan biaya. jika anda tidak membawa uang cash bisa dilakukan dengan pemotongan lewat saldo ATM sebagai biayanya.

4. Mengaktifkan auto debet

Ada layanan yang namanya auto debet. kemungkinan layanan ini aktif tanpa anda ketahui. Layanan auto debet ini merupakan sebuah potongan biaya yang dimana akan terjadi setiap bulan. itu mungkin karena anda sedang mengambil cicilan motor atau melakukan pinjol dan tanpa disadari sedang mengaktifkan fitur auto debit yang dimana saldo anda akan disedot sampai batas waktu yang telah ditentukan. 

Biasanya untuk mengaktifkan fitur ini tidak langsung aktif dibutuhkan verifikasi otp dan persetujuan dari pemilik rekening. jika tidak maka fitur ini tidak dapat aktif. 

JIKA BUKAN KARENA HAL DIATAS LALU APA YANG MENYEBABKAN SALDO ATM HILANG DENGAN SENDIRINYA?

Alangkah baiknya anda telusuri kembali dan yakinkan bahwa pengurangan saldo ATM tersebut bukan karena aktivitas anda. anda bisa cek mutasi terlebih dahulu sebagai langkah awal untuk mulai mengetahuinya. siapa tahu ada keluarga teman atau sahabat yang menggunakan kartu ATM anda untuk berbelanja dan anda tidak mengetahui hal tersebut. cek juga tanggal dan waktunya agar anda bisa mengingat apakah pada saat itu anda sedang menggunakan transaksi dengan ATM atau tidak.

Jangan lupa cek juga transaksi tanpa kartu. Fitur ini biasanya tanpa orang sadari sedang melakukan permintaan penarikan tanpa kartu hal tersebut yang membuat saldo berkurang. tapi kode rahasia tarik kartu hanya berlaku selama 30 menit sampai 1 jam dan setelah itu jika tidak ada penarikan makan saldo akan kembali lagi. 

Pastikan tidak ada transaksi mencurigakan yang ada di daftar mutasi anda.

Jika memang ada aktivitas bukan anda yang melakukanya segeralah melapor ke pihak bank agar segera memblokir ATM anda agar tidak ada yang bisa mengambil kembali saldo anda.

Jika saldo anda memang terbukti hilang karena korban tindak kejahatan maka pihak bank akan berusaha menggantinya. coba anda hubungi pihak bank dengan cara datang kesana dan berikan bukti transaksi mencurigakan tersebut. maka pihak bank akan melakukan proses pergantian terhadap saldo yang hilang tersebut. biasanya membutuhkan waktu berminggu-minggu.

MODUS KEJAHATAN APA YANG MEMBUAT KITA KEHILANGAN SALDO ATM DALAM JUMLAH BESAR?

Menurut pengalaman seseorang mereka yang saldonya telah diambil secara misterius disebabkan karena telah menggunakan mesin ATM yang telah dibekali dengan alat perekam seperti kamera. sehingga data pribadi anda yang berupa nomor pin bisa diketahui oleh orang lain. hal ini dilakukan oleh orang jahat yang ingin menguras saldo ATM anda secara diam-diam untuk itu waspadalah.

Terdapat beberapa tindak kejahatan pombobolan kartu ATM yang harus anda ketahui dan sebaiknya dihindari. beberapa tindak kejahatan tersebut yaitu sebagai berikut :

1. Mengintip PIN ATM

Kejahatan pertama yaitu adalah mengintip pin. modus kejahatan ini yaitu si pelaku berusaha mendapatkan nomor pin ATM anda dengan cara pura-pura berdiri didepan akan tetapi sebenarnya sedang mencoba melihat pin seseorang yang ingin mengambil uang di ATM

Dengan begitu pencuri bisa langsung menggasak ATM anda dengan menggunakan kartu ATM palsu dan saldo anda akan berkurang habis tak tersisa.

Sebaiknya cara aman ketika ingin mengambil uang di mesin ATM yaitu dengan selalu waspada menutup nomor pin ATM anda jangan sampai orang yang ada dibelakang melihatnya. 

2. Skimming

Cara kejahatan lain yang sangat berbahaya yaitu menggunakan metode skimming. tindak kejahatan ini pelaku berusaha mengcopy atau menggandakan informasi yang ada pada kartu ATM anda tepatnya yaitu mereka mengincar label berwarna hitam yang biasanya ada di belakang kartu ATM lalu mengcopy nya dengan menggunakan alat super canggih yang bernama skimmer.

Alat ini biasanya diletakan di bagian mulut tempat kartu ATM masuk sehingga otomatis alat tersebut akan bekerja menyalin informasi data kartu ATM anda. 

Dengan bermodalkan informasi dari alat tersebut pelaku bisa mengakses dan mengendalikan rekening korban dengan mudah. 

Sebaiknya jika anda ingin menggunakan ATM alangkah baiknya cek terlebih dahulu di atas dan bawah mulut ATM untuk memastikan tidak ada kamera tersembunyi disana dan jika ada maka sebaiknya anda pindah ATM saja karena kemungkinan pelaku mempunyai cara lain untuk mengetahui informasi data pribadi kita.

3. Lebanese Loop

Pada modus kejahatan ini pelaku mencoba menghalangi kartu ATM agar tidak masuk ke dalam mesin. sehingga jika seseorang yang ingin menarik uang disana akan menyebabkan kartu ATM tertelan. mesin ATM akan mencoba meminta pin yan sebenarnya mesin tersebut juga tidak bisa mendeteksi kartu ATM yang dimasukan karena terhalangi dengan benda yang semacam pita.

Begitu korban pergi maka pelaku bisa dengan mudahnya mengambill kartu ATM dan menggasak uang sampai habis.

Apa sebenarnya yang menyebabkan saldo ATM BCA kita berkurang sendiri tanpa adanya jejak tindak kasus kejahatan? 

Apabila memang anda mengalami hal seperti ini disarankan memang harus segera melapor mengenai permasalahan akun ke kantor cabang terdekat agar bisa diselidiki lebih lanjut. 

Sebenarnya kasus ini tidak hanya terjadi pada anda saja melainkan banyak orang yang mengalami hal serupa. 

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa penyebab berkurangnya saldo rekening BCA memang selalu tanpa kita sadari adalah kita sendiri yang melakukan akan tetapi jika memang anda tetap tidak merasa bukan anda yang melakukanya maka kejadian seperti ini harus segera dilaporkan ke kantor. 

Hal yang harus dilakukan jika memang saldo ATM BCA berkurang sendiri


Ada beberapa metode yang bisa anda lakukan untuk mencegah kembali terjadinya saldo ATM BCA dapat berkurang sendiri untuk kesekian kalinya yaitu sebagai berikut :

1. Melakukan penutupan akun


Dari pada saldo BCA kita terus berkurang dengan sendirinya maka hal yang tepat yaitu dengan melakukan penutupan akun. jika memang anda sudah sangat menyadari bahwa tindakan berkurang nya saldo BCA sudah sangat meresahkan maka sebaiknya pindahkan saldo ke rekening lain/tarik seluruh saldo lalu lakukan penutupan rekening. 

Jika penutupan akun sudah beres dan anda masih sangat membutuhkan rekening BCA nya maka bisa lakukan pembukaan kembali rekening baru. silahkan bisa datang ke kantor cabang BCA terdekat atau bisa daftar melalui mobile banking. tapi sebaiknya jika lebih mudahnya dan jelas silahkan datang saja ke kantor cabang sekalian membicarakan masalah penutupan akun apakah bisa melakukan pembukaan rekening kembali yang baru. 

2. Melakukan pengecekan saldo rekening tiap waktu 


Cobalah pantau akun rekening anda secara berkala apakah memang benar ATM BCA nya bisa berkurang sendiri tanpa sebab?

Caranya yaitu adalah dengan menyisakan setidaknya saldo 100 ribu selama kurang lebih 1 bulan dan apa yang akan terjadi. jika selama 1 bulan itu rekening hanya memotong biaya bulananya saja dan tidak ada transaksi apapun yang dilakukan maka bisa dipastikan rekening anda memang masih aman karena tidak ada pengeluaran yang mencurigakan. 

3. Selalu rutin melakukan cetak rekening koran setiap bulan


Apabila anda yang tidak memiliki mobile banking sebaiknya lakukan pencetakan rekening koran untuk dapat mengetahui mengenai laporan keuangan yang terjadi di rekening BCA anda setiap bulannya. 

Justru orang yang tidak memiliki mobile banking tidak selalu bisa cek saldo setiap saat karena harus pergi ke ATM dulu setiap ingin cek saldo. Jadi rasanya jadi kurang aman saja. untuk itu cek rekening koran tiap bulanya.

Penutup

Penyebab dari Saldo BCA berkurang sendiri memang sangat memberikan efek shock karena hal tersebut berkaitan dengan kondisi keadaan keuangan kita.

Jika anda seorang pekerja sudah bertahun-tahun menabung di rekening dan tiba-tiba suatu hari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yaitu saldo ATM berkurang sendiri secara drastis maka buat apa kita bekerja keras sedangkan uang kita disedot habis oleh orang yang tidak dikenal? 

Itulah beberapa penyebab yang membuat saldo kartu ATM anda tekuras habis. semoga kita selalu berhati-hati dalam hal mengambil uang di ATM.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel