-->

Cara menjaga kesehatan lingkungan agar selalu terlihat bersih dan rapih

Lingkungan merupakan sebuah kawasan tempat tinggal kita yang harus selalu di jaga dan di rawat. sudah seharusnya kita sebagai penghuni rumah membersihkan lingkungan setiap hari untuk menjaganya tetap bersih dan rapih.

Disisi lain menjaga lingkungan bukan berarti hanya agar terlihat bersih dan rapih saja, melainkan ada hal penting dibalik semua itu yaitu agar kita semua terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya. tentu kalian pasti sudah mengetaui bahwa lingkungan yang kotor akan menimbulkan berbagai macam bibit penyakit.

Berbagai jenis bibit penyakit bisa berdampak pada kesehatan tubuh kita bahkan sampai bisa merenggut nyawa seseorang, diantanya ialah Demam berdarah, infeksi saluran pernapasan,tifus,eksim dan masih banyak lagi. 

Tentunya kita tidak ingin hal tersebut terjadi kepada kita bukan? sebelum hal yang buruk terjadi alangkah baiknya kita mencegah karena mencegah itu sangat lebih baik dari pada mengobati. nah untuk itu kita harus selalu membersihkan lingkungan secara keseluruhan agar terhindar dari ancaman penyakit diatas. 

Dibawah ini ada 20 macam cara yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan agar tetap terlihat bersih dan rapih.

1.Tidak membuang sampah sembarangan


Bagi anda yang ingin menjaga lingkungan  maka hal terpenting yang harus dilakukan adalah tidak membuang sampah sembarangan. jika anda masih saja membuang sampah sembarang maka bagaimana ingin mewujudkan lingkungan yang bersih? untuk itu selalu biasakan membuang sampah pada tempatnya.

Untuk melakukan kebiasaan seperti itu adalah hal yang sangat mudah, karena anda hanya perlu menyediakan tempat sampah pada setiap tempat yang sering anda kunjungi. dengan begitu anda tidak akan lagi bisa membuang sampah dengan seenaknya. 

2. Tumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan


Menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan merupakan cara yang tepat untuk dapat menjaga lingkungan tetap bersih. dengan begitu anda akan selalu protektif menjaga lingkungan dari sampah ataupun hal yang membuat lingkungan tercemar.

Jadilah orang yang selalu menjaga lingkungan karena dengan menjaganya mereka juga akan memberikan hal positif kepada diri anda sendiri. contohnya dengan menanam tanaman anda akan mendapatkan manfaat darinya yaitu dapat menghindari dari bencana banjir.

3. Bersihkan lingkungan minimal sebanyak 2 kali sehari


Membersihkan lingkungan wajib dilakukan setiap hari. mengapa? Karena tiap hari pasti akan ada saja partikel debu dan sampah yang hinggap di area sekitar rumah apalagi yang keadaan rumahnya berada di kawasan kota yang terdapat banyak pabrik pasti akan selalu kotor setiap harinya. bayangkan saja setiap hari angin berhembus dari satu daerah ke daerah lain terbang membawa berbagai macam debu,virus dan sampah yang salah satunya menuju ke lingkungan kita.

Untuk itu biasakan melakukan bersih-bersih minimal 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari. apalagi bagi anda yang memiliki bayi yang masih rentan terhadap serangan penyakit maka kebersihkan ini sangat perlu diperhatikan.

Ada banyak sekali peralatan yang bisa anda gunakan untuk bisa membersihkan lingkungan diantaranya yaitu sapu,pel,lap dan beberapa peralatan pembersih lainnya

4. Jangan biarkan ada air menggenang


Jika terdapat air yang menggenang di sekitar lingkungan anda maka segeralah untuk membuang atau mengosongkanya karena itu adalah salah satu bibit penyakit. biasanya jika ada genangan air sering dijadikan tempat bagi nyamuk untuk melakukan perkembangbiakan. 

Lihatlah gambar dibawah ini


Gambar di atas adalah gambaran dari benih nyamuk pada genangan air. jika dibiarkan maka rumah anda akan semakin banyak nyamuk berkeliaran. bukan masalah besar apabila nyamuk tersebut adalah nyamuk biasa, tapi jika benih nyamuk tersebut berasal dari jenis nyamuk DBD maka bisa menjadi wabah yang sangat mengerikan. tidak hanya satu rumah saja yang bisa terjangkit bahkan bisa menjangkit tetangga lain yang lingkungan nya bersih.

Untuk itu selalu peringatkan tetangga anda yang memiliki genangan air disekitar rumahnya. jangan berlama-lama menyimpan air yang menggenang di tempat terbuka. jika memang diperlukan lakukan pengurasan air satu kali seminggu untuk menjaga kualitas air.

5. Hindari penumpukan sampah


Jika di lingkungan rumah anda terdapat tumpukan sampah maka sangat dianjurkan untuk sesegera membuangnya jauh-jauh. segala sesuatu yang berupa tumpukan kotor bisa dijadikan sarang penyakit.

Pernahkan anda melihat tumpukan sampah di tps sekitar rumah? jika diperhatikan ada banyak sekali berbagai macam serangga yang hinggap dan bersarang didalamnya seperti lalat,nyamuk,kecoa. itu semua mereka hinggapi karena memang seperti itulah keinginan rumah mereka.

Oleh karena itu jika anda tidak ingin ada binatang seperti mereka maka buanglah jauh-jauh apa-apa saja yang mereka sukai.

6. Mengubah sampah menjadi barang yang berguna


Jika dirumah anda terdapat barang bekas menumpuk yang tidak terpakai maka buatlah barang tersebut menjadi berguna kembali yaitu dengan cara melakukan daur ulang. pasti pernah kan kalian melihat video cara daur ulang barang yang tidak terpakai? Pasti pernah dong, maka coba anda lihat hasilnya cantik dan indah bukan? dari pada tumpukan barang tidak terpakai tersebut dibuang atau menjadi sarang penyakit akan lebih baik dilakukan daur ulang yang akan kembali bermanfaat.

Melakukan daur ulang pada sampah tidak sekedar mengurangi sampah saja, melainkan bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. jika anda adalah orang yang kreatif maka mengubah sampah plastik menjadi barang unik tentu bukanlah hal yang sulit. kita bisa menjualnya atau memakainya secara pribadi. contoh barang-barang rumah tangga yang bisa di daur ulang yaitu ada botol plastik,bungkus kemasan makanan,kardus dan beberapa tempat kotak sereal.

7. Hindari pengurangan sampah dengan cara dibakar


Untuk mengurangi jumlah sampah dirumah sebaiknya jangan menghilangkanya dengan cara dibakar. melakukan pembakaran sampah akan menyebabkan pencemaran udara yang sangat parah. selain dapat menggangu pernapasan asap dari pembakaran sampah bisa menyebabkan iritasi pada mata,terganggunya penglihatan dan dapat menyebabkan masalah serius pada organ tubuh. 

Partikel sampah yang terbakar akan terbang dibawa udara yang akhirnya terhirup kita yang bisa berdampak penyakit serius pada paru-paru. untuk itu sebaiknya anda melakukan cara lain untuk membuangnya. misalkan membuangnya di tempat pembuangan sampah (TPS) dengan begitu kesehatan dapat terjaga.

8. Menanam Pohon


Cara keenam yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan yaitu adalah dengan menanam pohon. dengan menanam pohon maka kita sudah membantu membersihkan udara kotor di lingkungan sekitar. pohon menghasilkan oksigen yang bisa membantu udara terasa lebih segar selain itu pohon juga dapat mempercantik area rumah anda. jika terdapat banjir pohon juga bisa berfungsi menyerap air sehingga dapat terhindar dari masalah banjir. 

Dengan menanam sebuah pohon maka kita juga tidak perlu khawatir dengan keadaan cuaca panas yang ekstrim karena fungsi pohon bisa mengurangi pemanasan global yang menyebabkan udara disekitar rumahmu menjadi lebih dingin dari biasanya. menanam pohon yang bagus bisa menggunakan pohon mangga atau pohon jambu. karena buahnya juga bisa kita manfaatkan untuk dimakan.

9.Lakukan sosialisasi kepada warga


Untuk dapat menjaga lingkungan kita perlu adanya sosialisasi agar dapat terwujudnya lingkungan yang bersih. kebanyakan orang masih belum mengerti betapa pentingnya menjaga lingkungan. padahal jika dibahasa secara mendalam banyak sekali manfaat dari menjaga lingkungan. untuk itu lakukanlah sosialisasi bersama para tetangga untuk bisa menerapkan hidup bersih dan sehat yaitu diawali dengan menjaga lingkungan.

Lakukan juga gotong royong untuk membersihkan area komplek rumah supaya bisa meringankan beban kerja. kalau bisa buatlah jadwal rutin untuk bisa bekerja sama membersihkanya. jika anda berhasil memberikan pengarahan kepada warga maka mewujudkan lingkungan bersih tidak akan menjadi hal yang sangat sulit lagi untuk dilakukan. 

10.Dukung selalu gerakan penghijauan tanaman


Dengan melakukan support kepada komunitas penghijauan maka anda sudah berperan dalam menjaga lingkungan. pada saat ini banyak orang yang sudah tidak peduli dengan menjaga pelestarian tumbuhan. mereka selalu saja merusak ekosistem untuk kepentingan pribadi yang menyebabkan lingkungan menjadi rusak dan membuat keadaan lingkungan menjadi gersang. 

Dengan mengikuti komunitas penghijauan kita dapat mencegah hal tersebut terulang kembali. berkontribusi bagaimana cara menjaga lingkungan dengan benar dan bisa membawa negara ini terhindar dari dampak global warning.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat menjaga pelestarian lingkungan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel