-->

Bisakah memiliki 2 rekening bank dengan KTP dan nama yang sama?

Credit Card, Signature, Credit, Card

Pada era digital saat ini, memiliki rekening bank adalah salah satu hal yang wajib dilakukan untuk setiap orang khususnya bagi orang yang telah bekerja. bagaiaman tidak? kebanyakan saat ini bos manager atau atasan sudah melakukan pemberian gaji kepada karyawan dengan sistem transfer untuk memudahkan dalam pembayaran, karena dengan begini tidak perlu repot lagi untuk memberikan gaji kepada semua pegawai secara satuper satu karena akan merepotkan terlebih lagi jika pegawai yang dimiliki sangatlah banyak. selain dari pada fungsi itu ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari membuka sebuah rekening pada bank. diantaranya seperti transfer, melakukan pembayaran, menyimpang uang dan masih banyak lagi.

Semakin banyaknya kebutuhan akan layanan perbankan ini kebanyakan diantara orang-orang menginginkan membuat dua rekening menggunakan identitas atau KTP yang sama. apakah hal tersebut bisa dilakukan? jawabanya tentu saja bisa. tentu anda bisa membuat rekening yang sama dengan identitas yang sama dalam satu jenis bank. misalnya anda sudah membuat rekening BCA maka anda pun bisa membuat rekening baru untuk yang kedua kalinya. lalu apakah persyaratan untuk membuat rekening bank yang kedua ini? apakah sama seperti waktu pendaftaran pada saat pertama kali?

Tidak usah terlalu dibikin pusing. untuk membuka rekening baru yang hanya anda perlu lakukan yaitu adalah menyiapkan E-KTP,NPWP dan uang saja sebagai langkah awal untuk setoran awal. lalu mengisi formulir pembukaan rekening baru dan tanda tangan lalu selesai sudah. lantas banyak pertanyaan hampir dari semua orang apakah membuat rekening bank harus memiliki NPWP? kebanyakan pertanyaan ini diajukan oleh mahasiswa perkuliahan yang belum bekerja. mereka memerlukan segera rekening bank untuk memudahkan dalam transfer uang dari orang tua mereka. memang wajar mahasiswa kebanyakan belum memiliki NPWP karena orang yang memiliki NPWP kebanyakan adalah orang yang sudah bekerja. fungsi NPWP ini sendiri adalah untuk melakukan pembayaran pajak. tetapi bisa diperlukan dalam hal lain yaitu seperti membuat rekening bank ini salah satunya.

APAKAH TIDAK MEMILIKI KTP BISA MEMBUAT REKENING?

Bagi anda yang tidak memiliki KTP atau sedang berada diluar kota dan KTP nya tertinggal, sebagai pengganti bisa menggunakan SIM ataupun untuk yang baru saja membuat KTP dan masih belum jadi bisa minta membuat surat keterangan identitas atau yang sering disebut kebanyakan orang KTP sementara sebagai syarat untuk membuat rekening bank. cobalah untuk bertanya kepada orang tua atau kantor kecamatan bagaimana cara membuat ktp sementara tersebut selagi ktp yang asli sedang dibuat.

JADI APAKAH PERLU MEMBUAT NPWP TERLEBIH DAHULU UNTUK MEMBUAT SEBUAH REKENING BANK?

Bagi anda yang belum mempunyai NPWP jangan risau. karena jika nantinya ditanyakan oleh pegawai banknya bilang saja belum memilikinya. nanti pegawai teller akan memberikan formulir tambahan yang berisi pernyataan tidak memiliki NPWP. isilah sesuai dengan identitas yang kamu miliki. menurut pengalaman seseorang jika tidak punya NPWP bisa diganti dengan membawa Kartu Keluarga. jadi supaya tidak bulak balik disarankan membawa KK juga. tetapi peraturan tersebut mungkin berbeda untuk bank lain.

SETORAN AWAL BANK BCA

Untuk melakukan setoran awal nasabah harus membawa uang minimal 500 ribu (bawalah uang lebih untuk berjaga-jaga) karena memang ada biaya tambahan untuk membuat kartu dan buku tabunganya. 500 ribu tersebut itulah yang nantinya menjadi uang pertama di tabungan direkening bank kita. harap diingat saldo dalam tabungan BCA tidak semuanya dapat ditarik minimal harus ada sisa 50 ribu di dalam tabungan tersebut. untuk setoran tabungan selanjutnya kamu bisa menabung dengan minimal 50 ribu.

BIAYA ADMIN PERBULAN BANK BCA

Untuk biaya admin perbulan tersebut tergantung dengan kartu yang kita punya. karena setiap kartu memiliki biaya admin yang berbeda-beda. dimulai dari 15 ribu hingga 20 ribu rupiah. dan begitu juga kartu bank memiliki berbagai jenis nama yaitu ada blue,gold dan platinum. dari ketiga jenis kartu tersebut platinum lah memiliki biaya admin perbulan yang lebih besar dari kedua kartu yang lainnya. tentu kepemilikian kartu platinum memiliki keuntungan lebih dibandingkan dengan kedua jenis kartu lainnya. apa sajakah keuntunganya? simak dibawah ini.

Keuntungan kepemilikan jenis kartu terletak pada saat proses transfer, penarikan dan juga pembuatan kartu. berikut adalah tabel jumlah limit yang harus kamu ketahui pada setiap jenis kartu BANK BCA BLUE GOLD Dan PLATINUM agar tidak terjadi kekeliruan di kemudian hari.


1.Limit kartu debit BCA BLUE

Kartu BCA BLUE adalah kartu yang memiliki biaya admin yang murah dibandingkan dengan gold dan platimum karena tiap bulanya anda hanya mengeluarkan biaya admin sebesar 15 ribu saja. jadi sangat cocok untuk para mahasiswa yang tidak memerlukan transaksi dalam jumlah besar. berikut ini adalah daftar limit yang ada pada kartu BCA BLUE

 Biaya pembuatan kartu  Rp 10.000

 Biaya administrasi perbulan Rp 15.000

 Limit tarik tunai di ATM Rp 7.000.000

 Limit transfer antar rekening Rp 25.000.000

 Limit transfer ke rekening lain Rp 10.000.000

 Limit pembayaran  Rp 25.000.000

 Limit setoran tunai Rp 15.000.000

2.Limit kartu debit BCA GOLD

Kartu BCA Gold merupakan kartu yang memiliki biaya admin yang tidak terlalu besar yaitu 16 ribu perbulan. sangat cocok untuk para pegawai yang memerlukan biaya transfer dalam jumlah menengah. berikut adalah jumlah limit yang ada pada kartu BCA GOLD.

 Biaya pembuatan kartu  Rp 15.000

 Biaya administrasi perbulan  Rp 17.000

 Limit tarik tunai di ATM  Rp 10.000.000

 Limit transfer antar rekening  Rp 50.000.000

 Limit transfer ke rekening lain  Rp 15.000.000

 Limit pembayaran  Rp 50.000.000

 Limit setoran tunai Rp 30.000.000

3.Limit kartu debit BCA PLATINUM

Kartu BCA PLATINUM adalah jenis kartu yang memiliki biaya admin terbesar jika dibandingkan dengan kedua kartu jenis blue dan gold.dengan memiliki kartu jenis platinum ini kamu bisa melakukan transfer antar bank maksimal sebesar 100 juta dan ke bank lain maksimal sebesar 25 juta pertransaksi. oleh karena itu kartu BCA PLATINUM ini sangat cocok sekali untuk pengguna yang sering melakukan transfer dalam jumlah besar. berikut adalah limit yang ada pada kartu bca platinum.

Biaya pembuatan kartu  Rp 20.000

Biaya administrasi perbulan  Rp 20.000

Limit tarik tunai di ATM  Rp 10.000.000

Limit transfer antar rekening  Rp 100.000.000

Limit transfer ke rekening lain  Rp 25.000.000

Limit pembayaran Rp 100.000.000

Limit setoran tunai  Rp 50.000.000

Untuk meminimalisir pengeluaran biaya admin perbulan. kamu bisa melakukan pergantian kartu dengan biaya sebesar 10 ribu saja.

Jadi sebagai kesimpulanya persyaratan pembukaan rekening bank yang kedua kalinya bisa dilakukan dengan membawa persyaratan seperti saat pertama kali membuka rekening baru. dan untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Membawa persyaratan seperti E-KTP,NPWP serta setoran awal 500 ribu
  2. Mengambil nomor antrian yang biasanya diberikan oleh satpam
  3. Menunggu antrian yang telah ditentukan
  4. Mengisi formulir pendaftaran rekening baru
  5. Membaca seluruh syarat kebijakan dan ketentuan yang ada dalam formulir tersebut
  6. Mendengar seluruh penjelasan petugas bank. jika ada yang belum mengerti tanyakan kembali agar tidak terjadi kesalahpahaman.
  7. Tanda tangan buku tabungan lalu selesai. biasanya proses pembuatan rekening baru ini sekitar 30 menit tergantung kinerja petugas banknya
Dengan memiliki rekening bank kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dalam hal bertransaksi yaitu sebagai berikut :
  1. Mempermudah dalam melakukan transfer uang
  2. Memudahkan dalam melakukan pembayaran. misalnya kredit motor,mobil
  3. Memperlancar proses transaksi antar penjual dan pembeli dari jarak yang sangat jauh
  4. Memudahkan melakukan pembayaran tagihan bulanan seperti listrik PAM dan Gas
  5. Terhindar dari pencurian dan perampokan sehingga aman terkendali
  6. Dapat menyimpan uang dalam jumlah besar 
Catatan : kode transfer bank BCA 014

Cek mutasi rekening bisa  menggunakan mesin ATM ,sms banking,Mobile banking dan internet banking.

Bagi anda yang sudah mengaktifkan sms bangking bisa mengetik MUTASI (SPASI) KODE AKSES kirim ke 69888 untuk cek mutasi dan jika ingin cek saldo bisa ketik SALDO (SPASI) KODE AKSES kirim ke 69888 dengan begitu tanpa ke mesin ATM anda sudah bisa mencek sisa saldo anda dengan mudah.

Mutasi rekening adalah riwayat masuk atau keluarnya saldo dari dalam rekening anda. Jadi jika ada saldo masuk atau keluar bisa dilihat perincianya mulai dari jam berapa dana masuk beserta jumlahnya.

Apabila anda masih bingung dan masih ada pertanyaan yang sudah dijelaskan tadi diatas. bisa untuk menanyakan kepada satpam apa-apa saja syarat dan bagaimana alur yang harus dilakukan untuk bisa membuat rekening bank. maka dengan senang hati satpam akan menuntun dan menjelaskan tahapan-tahapan  apa saja yang harus dilakukan.

Jika tidak ada waktu untuk pergi ke luar anda sekarang bisa menghubungi costumer service bank BCA lewat whatsapp di nomor 0811-1500-998. jangan lupa sebelum anda memulai obrolan awali pembukaan chat dengan hastag #HaloBCA karena jika tidak maka tidak akan dilayani.

Seperti yang sudah-sudah pengalaman admin bertanya kepada costumer service BCA lewat whatsapp membuat rekening 2 dalam 1 KTP itu diperbolehkan akan tetapi ada beberapa pengecualian pada dua jenis tabungan yaitu BCA tabunganku dan simpanan pelajar. kedua jenis tabungan itu tidak diperbolehkan untuk membuat 2 akun.

apakah 1 orang bisa memiliki 2 rekening bca selain dari dua jenis rekening tersebut?

Bisa. Kamu dapat pergi ke cabang bank BCA terdekat untuk meminta dibikinkan rekening lagi dengan alasan dan tujuan yang jelas. dengan memiliki 2 rekening itu artinya anda memiliki management uang yang lebih sehingga diharuskan memiliki lebih dari 1 rekening.

Contoh nasabah yang memiliki rekening lebih dari satu mereka biasanya memiliki usaha yang dimana pengelolaan uang dibagi menjadi dua yaitu untuk pribadi dan untuk usaha.

1 orang bisa memiliki 2 rekening bca bukanlah suatu hal yang sulit asalkan anda sudah memenuhi persyaratan yang diminta oleh pihak bank dengan begitu permintaan membuat 2 akun rekening bisa diproses saat itu juga.

Untuk lebih jelasnya informasi chat yang saya dapatkan dari cs seperti gambar dibawah ini

Chat diatas tersebut bertuliskan pesan bahwa

"Bapak dapat membuka rekening lebih dari satu, baik dengan rekening yang sama ataupun jenis rekening yang berbeda. Akan tetapi, berbeda dengan jenis rekening BCA Tabunganku dan Simpanan Pelajar, satu orang hanya boleh memiliki 1 rekening di BCA untuk produk tersebut, kecuali bagi orang tua yang membuka rekening Tabunganku untuk anak yang masih di bawah perwalian sesuai pada kartu keluarga"

Anda bisa menanyakan perihal lain tentang cara pembuatan 2 akun rekening BCA dengan cara menyimpan nomor cs BCA whatsapp dulu di kontak anda lalu mulai chat dengan hastag #HaloBCA baru anda bisa terhubung dan mengobrol dengan cs nya.

Untuk melakukan pengecekan saldo anda bisa menggunakan aplikasi M-banking

Dengan manfaatkan service m-banking BCA, karena itu kamu dapat lakukan beberapa transaksi bisnis sekalian. Dimulai dari pengujian saldo rekening BCA, sampai membayar atau pembelian. Sebagai contoh adalah pembelian pulsa. Transaksi bisnis ini kenyataannya pun tidak dikenai ongkos administrasi.

Membuat 2 rekening BCA dengan nama yang sama tapi menggunakan nomor telepon berbeda

Jika anda masih saja tetap mau membuat 2 rekening dengan atas nama yang sama coba silahkan daftar melalui M-BCA saja dan pastikan email dan nomor HP berbeda. 

Nanti pas video call dengan cs nya bilang saja mau buat 2 rekening dengan urusan bisnis dan pribadi. nanti mungkin cs akan mempekenankan agar pembuatan 2 rekening tersebut bisa dilakukan. 

Update 3 Juni 2022

Layanan baru dari BCA

Sekarang sudah ada layanan baru yang membuat nasabah menjadi lebih mudah menghubungi customer service yaitu lewat aplikasi Hallo BCa. 

Layanan ini bersifat gratis dan tidak dipungut biaya pulsa sama seperti halnya panggilan whatsapp hanya akan diperlukan kuota saja.

Penilaian saya dari ketiga metode cara untuk menghubungi costumer service BCA yaitu lebih baik melakukan panggilan via aplikasi Hallo BCA karena kita bisa langsung mengobrol secara jelas. jika dilakukan via chat whatsapp nunggunya lama dan kalau via panggilan telepon di 1500888 akan memakan banyak pulsa kalau nelponya lama.

Kalau HP kamu jadul mungkin alangkah baiknya bisa langsung pergi ke cabang Bank BCA terdekat lalu anda tanyakan apakah bisa membuat rekening BCA yang baru tapi sebelumnya pernah menjadi nasabah. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai pembukaan rekening bank BCA untuk pertama kali dan kedua kalinya beserta keuntungan memiliki rekening bank. pada saat ini memang memiliki satu rekening saja belum cukup untuk memenuhi aktifitas perbankan. apalagi bagi orang-orang yang memiliki pekerjaan seperti bisnis online atau yang berkaitan dengan masalah transfer pasti akan sangat diperlukan memiliki rekening lebih dari satu untuk dapat memanagement keuanganya.

KESIMPULAN

Ya, kemungkinan untuk mempunyai dua rekening bank dengan KTP dan nama yang serupa. Beberapa bank memungkinkannya pribadi untuk mempunyai beberapa rekening sama mereka, asal syarat mereka disanggupi. Tetapi, penting untuk mengecek peraturan bank tertentu berkaitan dengan ini.

Tiap bank mempunyai ketentuan dan peraturan yang beda berkaitan jumlah maksimal rekening yang bisa dipunyai oleh seseorang. Beberapa bank kemungkinan batasi jumlah rekening yang bisa Anda punyai, sedangkan lainnya kemungkinan tidak ada batas. Anda bisa mengontak bank yang ingin Anda membuka rekeningnya untuk memperoleh info selanjutnya mengenai peraturan mereka.

Disamping itu, pastikanlah jika Anda mematuhi hukum atau memakai jati diri palsu waktu buka rekening. Bila ada ketidaksamaan dalam info yang Anda beri ke bank, itu bisa mengakibatkan permasalahan hukum atau pemberhentian rekening.

Maka walaupun kemungkinan untuk mempunyai dua rekening bank dengan KTP dan nama yang serupa, ketentuan bank dan peraturan bisa bervariatif. Seharusnya Anda mengontak bank yang ingin Anda membuka rekeningnya untuk memperoleh info yang semakin lebih tepat.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel