-->

Cara memasak nasi menggunakan rice cooker tanpa ribet terbaru

Rice, Food, Healthy, Cuisine, Meal

Nasi merupakan makanan pokok orang indonesia. oleh karena itu wajar orang indonesia mengkonsumsi makanan harus dibarengin dengan nasi. nasi memang makanan yang bisa membuat orang kenyang. jadi itulah alasan orang indonesia menggunakan nasi ketika setiap ingin makan entah itu makan pagi siang sore dan malam pasti selalu ada nasi yang menemani. selain menjadi alasan nasi itu mengenyangkan ternyata nasi juga mempunyai harga jual yang terbilang murah. kamu bisa mendapatkan nasi dengan harga 10 ribu dengan berat sebesar satu kilo. berbeda dengan negara luar yang menggunakan gandum serta roti yang nilai jualnya lebih mahal dibanding nasi. selain itu juga indonesia merupakan negara berkembang yang tingkat perekonomianya masih dalam tahap berkembang jadi wajar apabila harga kebutuhan disini dengan diluar amat jauh berbeda.

Sebenarnya membuat nasi adalah suatu hal yang sangat mudah terlebih lagi jika ada rice cooker yang mebuat segala kegiatan membuat nasi menjadi lebih praktis dan tidak usah menggunakan cara mengaduk-aduk lagi seperti kita memasak di kompor. Pada rice cooker memasak nasi hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 20 menit saja nasi sudah bisa dinikmati. alasan orang sekarang beralih ke rice cooker juga memang harga rice cooker sudah murah yaitu berkisar harga 160 ribu saja kamu sudah bisa mendapatkan rice cooker ukuran 2 kilo.

CARA MEMASAK NASI YANG ENAK DAN GURIH TERBARU

Sebelum memasak nasi ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. bahanya yaitu adalah :

  • Beras
  • Air
  • Wajan rice cooker yang sudah dicuci bersih
  • Daun pandan
  • Dan yang terakhir Pastikan listrik dirumah menyala
CARA MEMASAKNYA :

  1. Pertama masukan beras kedalam wajan rice cooker. takaranya sesuai dengan ukuran rice cooker anda.
  2. Cuci beras dengan menggunakan air ledeng bersih
  3. Aduk beras sambil memasukan air nya dan pastikan cuci beras 3x sampai air cucian beras benar-benar bening jangan sampai masih kotor
  4. Bila beras sudah bersih maka hal yang harus dilakukan adalah memasukan air hangat kedalam wajan rice cooker lebih satu centi dari ketinggian beras. dengan menggunakan air hangat maka beras akan menjadi lebih cepat matang dibanding menggunakan air biasa.
  5. Masukan daun pandan kedalam nasi yang sudah dimasukan air hangat tersebut. tujuan nya agar nasi menjadi lebih wangi dari daun pandan tersebut.
  6. Masukan beras ke dalam rice cooker
  7. Masukan colokan ke lubang listrik
  8. Dan yang terakhir yang paling penting jangan lupa memindahkan status rice cooker ke dalam mode memasak. bila tidak maka nanti nasi tidak akan mulai proses masaknya.
Nah setelah 20 hingga 30 menit maka ceklah apakah nasi anda sudah matang apa belum. ciri-ciri matang yaitu dengan berubahnya status rice cooker dari proses memasak ke selesai memasak. bisa dilihat pada bagian luar rice cooker.

Bagaimana? mudah bukan caranya. jadi bagi calon pengantin baru atau ibu rumah tangga baru tidak perlu bingung lagi memasak nasi karena tinggal liat tutorialnya saja bisa langsung praktek memasak nasi. bila kamu ingin memakan nasi dalam kadaan lembut sedikit kamu bisa menambahkan air lebih banyak dari ukuran nasi yang sudah ditentukan. dan apabila kamu ingin memakan nasi agak kering maka bisa mengurangi air dari takaran yang sudah ditemtukan. karena memang selera orang bisa berbeda beda. ada yang suka nasi lembek dan ada juga yang suka nasi agak kering.

Apabila nasi sudah matang alangkah baiknya jika kamu langsung mencabut aliran rice cooker nya karena untuk menghemat listrik dan juga tidak membuat nasi menjadi lebih kering. jadi jika kamu terus menerus mencolokan ke listrik maka kandungan air di dalam nasi bisa menguap dan menyebabkan nasi kering. fungsi rice cooker sebenarnya juga bukan hanya untuk memasak nasi tapi bisa juga untuk menghangatkan makanan. jadi apabila ada makanan yang dingin tidak usah memasaknya kembali menggunakan kompor. lebih baik menggunakan rice cooker supaya tidak usah mengotori tempat memasak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel