-->

Contoh pidato pentingnya melestarikan hewan langka

Komodo Dragon, Reptile, Large, Dangerous


Assaalamualaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat Bapak kepala sekolah SMAN 9 Cirebon
Kepada yang terhormat Wakil kepala sekolah SMAN 9 Cirebon

Yang terhormat seluruh Bapak dan Ibu guru beserta jajaran Staf Tata Usaha SMAN 9 Cirebon

Pertama-tama mari kita panjatkan Puji syukur atas kehadirat Allah SWT atas berkat limpah dan rahmatnya kita semua dapat berada disini mengikuti upacara bendera dalam keadaan sehat amin yarrobal allamin. sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan atas junjungan Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW kepada para keluarganya,sahabatnya serta pengikutnya sampai akhir zaman termasuk kita semua.

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia memiliki berbagai macam hewan yang sangat unik dan khas yang tidak bisa didapatkan di negara lain. beberapa hewan tersebut telah menjadi kebanggaan negara Indonesia sampai-sampai menarik wisatawan berkunjung ke Indonesia untuk berlibur. sebagai warga Indonesia patutlah kita mencintai keberadaan flora dan fauna kita karena tidak hanya sumber daya alam saja yang melimpah akan tetapi terdapat banyak hewan yang indah. diantaranya ada komodo, tarsius, harimau sumatra,badak bercula satu, anoa dan masih banyak lagi. akan tetapi semua itu tidak akan bertahan lama jika kita tidak menjaga dan merawatnya dengan baik. oleh sebab itu diperlukan pemeliharaan dan penjagaan yang ketat agar terhindar dari perburuan liar apalagi sampai memperjual belikan hewan yang dilindungi ini.

Berbicara mengenai hewan yang dilindungi. apakah anak-anak tahu apa itu hewan yang dilindungi? hewan yang dilindungi adalah hewan yang harus dijaga kelestarian lingkungan dan habitatnya agar tidak mengalami kepunahan. karena saat ini hewan seperti harimau sumatra dan badak bercula satu ini masih banyak diburu oleh banyak orang yang mengakibatkan penurunan jumlah. dengan begini pasti hewan ini akan langka dan perlu segera dilakukan tindakan agar tidak terjadi kepunahan. banyak orang menggunakan kulit serta cula dan tidak peduli tentang nasib hewan tersebut yang bisa terancam.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan hewan menjadi langka yaitu perusakan habitat, timbulnya suatu penyakit, dan yang paling utama adalah perburuan liar. perburuan liar merupakan suatu hal yang sering terjadi di Indonesia terutama pada hewan-hewan liar seperti harimau. hindarilah melakukan perburuan liar dikarenakan jumlah harimau beserta hewan-hewan lain akan mengalami kepunahan jika terus-menerus di buru. mereka tidak menyadari bahwa yang mereka lakukan itu adalah kesalahan yang sangat besar. mereka hanya mengutamakan kepentingan pribadi. tetapi tidak melihat dampak buruk yang bisa diakibatkan. namun bukan hanya itu dampak yang ditimbulkan melainkan perusakan habitat pun bisa terjadi apabila melakukan perburuan secara brutal dan dapat menimbulkan binatang menjadi stress juga yang bisa mendatangkan penyakit.

Oleh karena itu dimohon bagi para masyarakat Indonesia. janganlah memburu hewan yang dilindungi karena ini merupakan aset berhaga bagi kita untuk menarik pengunjung wisata mancanegara. janganlah melakukan kerusakan dan mengambil keuntungan dari hewan yang dilindungi jika tidak mau brurusan dengan hukum dikemudian hari. rawatlah dan jagalah hewan yang dilindungi selagi kita bisa melakukan nya. itu saja pidato dari saya apabila ada kesalahan mohon dimaafkan. kurang lebihnya mohon maaf. wabilahi taufik walhidayah. wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel