-->

Contoh pidato memperingati hari menanam pohon Indonesia

Environmental Protection, Environment


Assaalamualaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat Bapak kepala sekolah SMAN 9 Cirebon
Kepada yang terhormat Wakil kepala sekolah SMAN 9 Cirebon

Yang terhormat seluruh Bapak dan Ibu guru beserta jajaran Staf Tata Usaha SMAN 9 Cirebon

Pertama-tama mari kita panjatkan Puji syukur atas kehadirat Allah SWT atas berkat limpah dan rahmatnya kita semua dapat berada disini mengikuti upacara bendera dalam keadaan sehat amin yarrobal allamin. sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan atas junjungan Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW kepada para keluarganya,sahabatnya serta pengikutnya sampai akhir zaman termasuk kita semua.

Di hari menanam pohon Indonesia ini yang jatuh pada tanggal 28 November 2019, kita semua selaku keluarga SMA Negeri 9 Cirebon turut ikut serta dalam menanam pohon di lingkungan sekitar sekolah. tujuan diperingati hari menanam pohon ini adalah untuk memulihkan kerusakan hutan, serta lahan dari tangan-tangan orang yang tidak bertanggung jawab. sudah banyak kejadian dibeberapa wilayah yang terkena bencana seperti banjir akibat hutan yang gundul. kalo teman-teman sering melihat TV sudah banyak sekali hutan-hutan yang ditebang habis yang menyebabkan hutan tersebut menjadi gersang,panas dan hewan-hewan tidak mempunyai tempat untuk tinggal. mereka hanya mementingkan kepentingan sendiri saja namun tidak mengetahui apa dampak besar yang akan terjadi apabila melakukan tebang bebas. jika musibah sudah terjadi maka semua akan bungkam dan malah menyalahkan orang lain.

Kejadian seperti ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. diperlukan pemeliharan kembali hutan dan lingkungan yang rusak yaitu dengan melakukan reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul. kita semua pastinya tidak mau kan terjadi musibah yang menimpa diri kita sendiri? selain dampak buruk yang sudah dijelaskan tadi masih banyak bencana yang lebih bahaya dari hutan yang gundul. yaitu adalah bencana longsor dan juga banjir. apabila hutan sudah tidak ada pohon lagi maka jika terjadi hujan tidak ada yang bisa menyerap air yang bisa menyebabkan banjir dan apabila hujan berkepanjangan maka air akan membawa tanah yang bisa menyebabkan terjadinya longsor. bukankah itu sangat berbahaya bagi kita semua?

Oleh karena itu, kita semua sebagai manusia yang cinta terhadap tanaman janganlah sesekali melakukan kerusakan atau sampai menebang pohon sembarangan. cintai pohon karena dengan adanya mereka kita semua bisa hidup seperti sekarang ini. pohon memberikan banyak kehidupan kepada manusia terutama yaitu oksigen. marilah kita semua lakukan penanaman pohon dilingkungan sekolah tercinta kita ini agar lingkungan sekolah kita bisa lebih asri dan sejuk yang nantinya akan membuat kenyamanan bagi kita semua untuk belajar. selalu ingatlah sesuatu yang kita tanam saat ini akan menjadi buah manis yang bisa didapatkan di masa depan layaknya sebuah tanaman kecil yang ditanam di pot yang suatu hari nanti akan tumbuh menjadi sebuah pohon yang besar dan bisa memberi buah yang lezat.

Itu saja yang bisa bapak sampaikan. semoga dihari menanam pohon ini kita semua sadar betapa pentingnya menanam pohon untuk berlangsungnya kehidupan. semoga kita semua juga diberikan kesehatan selalu oleh yang maha kuasa agar dapat bisa menjalani aktivitas dengan normal. bicaranya saya disini diharapkan anak-anak bisa memetik pelajaran yang penting didalamnya. mohon maaf apabila ada salah kata. wabilahi taufik walhidayah wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel