-->

Penyebab pindahnya ibu kota DKI Jakarta ke Kalimantan Timur

City, Jakarta, Indonesia, Urban


Sebentar lagi ibu kota Indonesia akan pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur. dengan begini pusat pemerintahan dan segala yang berkaitan dengan urusan negara akan beralih ke Kalimantan Timur. hal ini sudah resmi dibicarakan oleh presiden Jokowi pada konferensi pers yang berlangsung di Istana negara pada senin lalu. semua sudah dipertimbangkan dengan matang dimulai dari infrastruktur dan penentuan lokasi yang menjadikan Kalimantan Timur sebagai pengganti ibu kota dari Jakarta. pada konferensi pers tersebut dihadiri oleh Jusuf Kalla selaku mantan wakil presiden, Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta dan beberapa petinggi negara lainnya.

Ada beberapa alasan mengapa ibu kota Jakarta sudah tidak diinginkan lagi menjadi ibu kota. karena beban Jakarta sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan "ujar presiden jokowi" . bukan hanya itu, ada beberapa alasan lagi terkait pemindahan ibu kota ini yaitu karena belakang ini sudah seringkali terjadi masalah yang menyebabkan menurunya kinerja segala urusan pemerintahan salah satunya yaitu meningkatnya polusi udara di Jakarta yang terjadi pada beberapa hari yang lalu serta bencana banjir yang sering melanda ibu kota. hal inilah yang juga menjadi pemicu pindahnya ibu kota.

Berikut ini adalah alasan mengapa Kalimantan Timur dijadikan sebagai calon ibu kota negara Indonesia
  • Kalimantan Timur memiliki beberapa infrastruktur yang lebih memadai dari pada daerah yang lainnya.
  • Luas daerah wilayah kalimantan timur cukup besar yang memungkinkan bisa dijadikan pusat pemerintahan
  • Lokasi wilayahnya berdekatan dengan kota yang sudah berkembang seperti kota samarinda dan balikpapan 
  • ada banyak lahan milik pemerintah yang bisa dijadikan untuk membangun pusat pemerintah 
  • Letaknya sangat strategi yaitu berada di tengah-tengah negara Indonesia
  • Aman dari berbagai bencana seperti gempa bumi,longsor banjir dan bencana lainnya
Itulah beberapa penyebab kalimantan timur akan dijadikan sebagai calon ibu kota. tentunya  dengan berpindahnya ibu kota bukanlah suatu hal yang sangat mudah dilakukan. diperlukan biaya yang sangat besar untuk terwujudnya semua itu. presiden jokowi akan memberikan solusi yang tepat untuk mengatur dengan menerapkan metode praktis yang diharapkan sangat efektif untuk memindahkan ibu kota.

Disamping itu sempat juga mewawancarai masyarakat yang tinggal di kalimantan timur mengenai perpindahan ibu kota. mereka memberi jawaban sangat menyetujui dan menerima keputusan tersebut. mereka mengiginkan apabila  berpindahnya ibu kota ke kalimantan timur diharapkan bisa meningkatkan produktifitas sumber mata pencaharian dan bisa meningkatkan taraf kehidupan ekonomi serta mengiginkan akan banyaknya dibangun infrastruktur yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sosial.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel