-->

Pengertian pembabakan waktu adalah, Tujuan , fungsi , dan Manfaatnya

Pocket Watch, Classic, Antique, Book


Dalam pelajaran sejarah disekolah pasti kita sering mendengar periodisasi dan pembabakan waktu. namun dari kebanyakan siswa hanya sedikit juga yang memahaminya walaupun sudah dapat penjelasan dari berbagai macam sumber di internet. hal ini tentunya akan berdampak pada nilai sejarah siswa menjadi rendah. kejadian semacam ini seringkali terjadi dikarenakan kurangnya pemahaman siswa dalam menyampaikan maksud dari pertanyaan tersebut yang menyebabkan kesalahan dalam pengisian soal. sejarah merupakan suatu pelajaran yang  tentunya memiliki banyak kejadian-kejadian bersejarah yang diharuskan kita ingat dan pahami secara detail. oleh karena itu setiap siswa harus memiliki daya ingat yang sangat banyak dan kuat agar bisa mengigat semuanya.

PENGERTIAN PERIODISASI DAN PEMBABAKAN WAKTU

Periodisasi dan pembabakan waktu merupakan kedua hal yang sangat berkaitan,oleh karena itu cobalah baca dan pahami artinya sehingga teman-teman tidak keliru dalam mengartikanya.

PERIODISASI

Jika diartikan periodisasi itu adalah pembabakan waktu yang berurutan sesuai dengan peristiwa kejadian. jadi yang dimaksud periodisasi itu adalah suatu kejadian/peristiwa dalam sejarah yang sudah diurutkan sesuai dengan urutan tanggal dan waktu sehingga kita dapat mengetahui alur dari zaman sejarah tersebut. Contohnya pada zaman dulu ada yang namanya zaman prasejarah yang artinya adalah zaman dimana manusia belum mengenal tulisan dan berlanjut ke zaman sejarah yaitu zaman dimana manusia sudah mengenal tulisan. tujuan dibuat peiodisasi yaitu untuk mengetahui alur zaman yang berurutan sehingga kita dapat melihat perkembanganya dari waktu ke waktu.

PEMBABAKAN WAKTU

Pembabakan waktu adalah suatu pembagian waktu yang berfungsi untuk mengelompokan peristiwa sejarah dari berbagai macam banyaknya zaman. tujuanya adalah untuk memudahkan kita untuk memahami pengertian dari zaman satu ke zaman yang lainnya. contohnya yaitu zaman prasejarah yang melalui beberapa tahapan yang akhirnya sampai pada zaman sekarang yaitu zaman reformasi. itu merupakan hasil pengelompokan dari pembabakan waktu.

Di negara Indonesia kita ini sudah banyak melewati berbagai macam zaman yang sudah dikelompokan sehingga kita bisa mempelajari dan memahaminya dengan mudah. zaman nya yaitu sebagai berikut :

  •  XXX - 400 : Zaman Prasejarah
Zaman sejarah
  • 400 - 500 : Zaman pengaruh Hindu Buddha dan pertumbuhan islam
  • 1500 - 1670 : Zaman kerajaan islam  dan mulai masuknya pengaruh barat serta perluasan pengaruh VOC
  • 1670 - 1800 : Masa penjajahan oleh VOC
  • 1800 - 1811 : Masa pemerintahan Herman W. Daendels 
  • 1811 - 1816 : Masa pemerintahan Thomas Stamford Raffles
  • 1816 - 1830 : Masa pemerintahan komisaris jenderal dan perlawanan terhadap pemerintah kolonial belanda
  • 1830 - 1870 : Sistem tanam paksa oleh gubernur Van Den Bosch
  • 1870 - 1942 : Sistem ekonomi Liberal Kolonial dan Politik Etis
  • 1942 - 1945 : Masa pendudukan Jepang
  • 1945 - 1949 : Perjuangan mempertahankan kemerdekaan
  • 1949 - 1950 : Masa pemerintahan RIS
  • 1950 - 1959 : Penerapan sistem liberal parlementer
  • 1959 - 1966 : Masa demokrasi terpimpin
  • 1966 - 1998 : Masa orde baru
  • 1998 - Sekarang : Era reformasi

Itulah pengertian dari periodisasi dan pembabakan waktu semoga bisa menambah ilmu dan wawasan sobat untuk memahami dan mendalami peristiwa-peristiwa dalam sejarah. mempelajari sejarah bukanlah suatu hal yang sulit. apabila kita sering membaca dan memahami arti dari peristiwa sejarah tersebut maka insya allah akan selalu bisa mengingatnya. jadi buat teman-teman yang ingin mempelajari sejarah tidak hanya membaca saja gunakan ingatan untuk dapat mengigat materi yang telah kita baca tadi sehingga belajar tidak menjadi sia-sia. memilih jurusan IPS bukan berarti anda menjadi orang yang gagal. semua jurusan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel