-->

Macam macam jus sayur dan khasiatnya untuk pertumbuhan anak


Sayuran merupakan makanan yang mengandung banyak akan protein dan vitamin di dalam nya, oleh karena itu banyak sekali orang-orang yang sering mengkonsumsi nya, manfaat dari sayuran yaitu diantaranya untuk mencegah atau mengobati penyakit, meningkatkan stamina,membantu mempercepat pertumbuhan anak-anak dan masih banyak lagi.

Untuk orang dewasa mengkonsumsi sayuran bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan tetapi bagi anak-anak sangatlah sulit sekali karena anak-anak biasanya hanya ingin memilih makanan yang enak saja dan tidak ingin memakan makanan yang tidak enak seperti sayuran. hal ini sungguh sangat disayangkan bagi para orang tua karena pada fase anak-anak dalam masa pertumbuhan diharuskan memakan asupan yang bergizi tinggi seperti sayur-sayuran jika tidak terpenuhi maka pertumbuhan anak menjadi tidak maksimal dan bisa saja terjadi kekurangan gizi yang akan mendatangkan berbagai macam penyakit. 

Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan ini semua alangkah baiknya orang tua terutama ibu-ibu membuat makanan yang enak dengan cara mengubah jenis makanan tersebut tetapi dengan bahan yang sama yaitu dengan membuatkan nya jus sayuran.
Dengan ini bisa meningkatkan minat anak untuk mengkonsumsi sayuran.

Berikut ini Beberapa diantaranya sayuran yang bagus untuk dibuat jus

1. Jus wortel


Wortel merupakan sayuran yang sangat bermanfaat terutama untuk anak-anak.
Jus wortel merupakan alternatif agar anak mau mengkonsumsi sayuran.
Cara membuatnya cukup mudah hanya perlu 5 atau lebih wortel (sesuai kebutuhan) yang sudah dibersihkan lalu potong dengan ukuran yang sama, setelah itu blender dengan memasukan setengah gelas air lalu tunggu hingga wortel menjadi halus dan saring apabila ingin dikonsumsi dalam keadaan dingin berikan beberapa es batu lalu jus wortel siap untuk dinikmati.
Kandungan yang ada pada wortel sangat memberikan banyak manfaat diantaranya  vitamin A,C,D,E,K,B1,B2,B3,B5,B12 serta beberapa zat besi,fosfor dan magnesium.

2. Jus bayam


Bayam merupakan sayuran yang bagus untuk pertumbuhan anak-anak terutama untuk menjaga kesehatan tulang karena mengandung kalsium dan magnesium. Tidak hanya itu bayam bisa menangkal radikal bebas agar terhindar dari penyakit kanker dapat juga meningkatkan fungsi otak bagi sang buah hati.
Agar anak mau memakan bayam buatlah jus yang lezat caranya siapkan bahan bayam,setengah apel,kiwi dan irisan nanas campur semua bahan jadi satu di blender jangan lupa masukan setengah gelas air lalu blender hingga halus dan terakhir tambahkan madu agar anak suka. Dengan begini sayuran yang pahit akan terasa manis dan enak.

3. Jus tomat


Tomat memiliki banyak manfaat yang didapat ketika mengkonsumsinya karena didalamnya banyak mengandung vitamin A,C dan K dan juga dapat menangkal radikal bebas agar terhindar dari penyakit kanker, vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, vitamin C untuk menjaga kesehatan kulit dan vitamin K yang membantu menjaga  kesehatan tulang dan membantu meningkatkan fungsi otak.
Tidak jarang tomat dijadikan sebagai minuman jus, bahkan banyak yang mengkonsumsi untuk dibuat jus agar mendapatkan khasiat dari tomat tersebut terutama untuk menjaga kesehatan wajah serta kulit.
Cara membuat jus tomat sangat mudah sekali anda hanya membersihkan tomat sampai bersih dan masukan ke dalam blender tambah air sedikit lalu masukan sedikit gula dan garam setelah itu siap dinikmati.

4. Jus lobak


Nah sayuran yang satu ini pasti sudah tau kan?
Yap lobak merupakan sayuran yang mirip dengan wortel akan tetapi memiliki warna  sama ukuran yang sangat berbeda. Lobak memiliki ukuran yang besar dibanding wortel dan warna nya pun putih tidak oranye.
Lobak biasanya sering diolah sebagai makanan sup
Tetapi selain itu lobak juga akan lebih nikmat jika dibuat menjadi jus lobak.
Caranya yaitu siapkan lobak bersih, air gula dan es serut.
Jika anda ingin mengkombinasikan dengan sayuran yang lain boleh-boleh saja. Lalu blender hingga halus jangan lupa saring terlebih dahulu sebelum diminum agar lebih mudah diminum.
Manfaat lobak sangat banyak sekali terutama untuk manula seperti menjaga kesehatan bagi penderita diabetes dan menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Jus brokoli


Buah terakhir yang dapat dijadikan jus ialah brokoli. Tahukah anda bahwa brokoli lebih banyak mengandung vitamin C dibanding jeruk.
Brokoli sering dipakai untuk sayur sop ataupun sebagai sandwich. Mengkonsumsi  Brokoli juga bisa mendapatkan manfaat lho diantaranya melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan tulang dan gigi dan juga meningkatkan kesehatan jantung. Brokoli mempunyai banyak kandungan yang sangat diperlukan oleh tubuh kita
Mulai dari vitamin A,C,E zat besi, kalsium dan masih banyak lagi.
Selain menjadi bahan masakan ternyata brokoli enak juga lho jika dijadikan jus.
Untuk lebih enak diminum bisa dikombinasikan dengan buah seperti melon.

Berikut caranya:
Pertama siapkan bahan brokoli,gula pasir,air panas,timun,air jeruk lemon,melon dan es serut.
Kedua larutkan gula pasir dengan air panas setelah itu potong semua bahan yaitu melon,brokoli dan timun kemudian masukan semua ke blender lalu blender hingga halus.

Itulah macam-macam jus sayuran yang mempunyai banyak khasiat.

Perlu anda ketahui agar lebih enak anda bisa mencoba menggabungkan buah-buahan atau sayuran lain. Tentunya dengan kombinasi yang tepat.
Selamat mencoba

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel