-->

7 Tips Cara menghilangkan rasa gugup saat berpidato


Sewaktu ujian praktek ataupun ada tugas sekolah pada mata pelajaran bahasa Indonesia pasti ada materi presentasi membacakan pidato didepan kelas.
Hal ini tentunya bisa mendatangkan rasa gugup bagi sebagian orang pada saat berpidato karena belum terbiasa atau tidak percaya diri.

Tentunya rasa gugup ini pasti akan mempengaruhi nilai mata pelajaran, oleh karena itu setiap siswa diharuskan berlatih terlebih dahulu. Berlatih yang paling tepat ialah didepan cermin sambil berbicara dengan nada tegas serta menghafalkan teks tersebut.

Namun Dari sekian banyak anak masih saja ada anak-anak yang tetap gugup walaupun sudah berlatih, oleh karena itu sebelum memulai tampil di depan kelas alangkah baiknya kita melakukan beberapa persiapan sebelum nya agar meminimalisir rasa gugup.

Berikut merupakan tips yang bisa dilakukan agar tidak gugup ketika membaca pidato di depan kelas
Baca juga : Persiapan yang harus dilakukan sebelum berpidato

1. Selalu percaya diri


Percaya diri merupakan hal nomor satu yang harus dimiliki oleh siswa jika ingin tampil bagus di depan umum, karena jika kita sudah percaya diri maka tampil membacakan pidato ataupun memberikan amanat sekalipun akan sangat mudah dilakukan tanpa adanya grogi.
Lalu bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri?
Cara menumbuhkan rasa percaya diri itu sebenarnya mudah. Kita hanya perlu meyakinkan pada diri kita jika hal yang dilakukan nanti pasti akan berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan.
Jangan pernah berpikiran yang bermacam-macam karena jika sudah memikirkan hal-hal yang aneh yang tentu sebenarnya belum pasti terjadi nanti ketika tampil maka akan berdampak buruk, hal inilah pastinya sangat berbahaya dan harus dihindari.

2. Menghafal pada pagi hari


Siapkan dirimu dengan menghafal di pagi hari, karena pada pagi hari kondisi otak masih sangat fresh. Oleh karena itu sehabis bangun tidur cobalah menghafal perlahan-lahan maka pelajaran akan lebih cepat dihafal dari pada menghafal di siang atau sore hari.
Diusahakan sebelum menghafal sudah sarapan terlebih dahulu supaya pada saat menghafal tidak mengalami pusing

3. Persiapkan dengan Matang


Mempersiapkan semuanya dengan matang ini merupakan salah satu cara untuk menambah rasa percaya diri seseorang. Karena jika sebelum nya kita sudah berlatih sekeras mungkin makan untuk penampilan kedepan nya nanti tidak ada yang harus dikhawatirkan lagi bukan? Pikiran-pikiran yang aneh pun akan hilang karena kita sudah membuktikan bahwa saya bisa melakukan ketika pada saat latihan.
Dengan demikian, tidak ada masalah yang  perlu dikhawatirkan lagi itu semua tergantung kemampuan kita sendiri.

4. Selalu tenang dan tidak tergesa-gesa


Apabila ingin berpidato janganlah bersikap terburu-buru dalam menyampaikan nya, karena semua orang yang mendengarnya haruslah tau apa yang akan kita sampaikan. Sampaikanlah dengan santai layaknya berbicara dengan teman namun dengan sedikit nada tegas agar lebih berwibawa.
Memang tidak mudah mendapatkan ketenangan pada saat berpidato tapi dengan cara berikut mungkin anda bisa lakukan untuk mengurangi rasa gugup.
.melipat sebagian jari kaki
Melipat sebagian jari kaki akan membuatmu merasa lebih terfokus ke kaki mu sehingga pikiran kita tidak terlalu terpusat pada orang-orang yang ada di sekitar kita, biasanya faktor dari kegugupan seseorang berasal dari penonton yang membuat pikiran buyar dan tidak fokus lagi oleh karena itu dengan cara ini 30% akan membuat pikiran mu lebih fokus dan bisa mengabaikan keadaan sekitar
.jangan melihat keadaan sekitar
Jangan sesekali terfokus pada orang yang sedang melihat anda berpidato karena akan menambah rasa gugup anda dalam berpidato fokuslah lihat kedepan karena dengan cara ini akan lebih efektif untuk menghilangkan rasa gugup

5. Jangan anggap tugas sebagai beban


Terkadang siswa merasa depresi dan berakhir pada stress ketika ada tugas yang tidak bisa diselesaikan dengan baik yang ujung-ujung nya tidak berangkat sekolah.
Hal demikian tentunya sangat buruk dan berdampak pada nilai sekolah.
Ketika anda tidak mampu mengafal teks dengan baik berusahalah sebisa mungkin sedikit demi sedikit menghafal setiap kata. Agar anda tidak merasa kesepian mintalah teman atau kerabat anda untuk membantu menghafal teks pidato lakunlah dengan enjoy jangan terlalu dibebani.
Tidak apa-apa anda tidak dapat menghafal dengan sempurna yang terpenting anda sudah melakukan dengan semaksimal mungkin. Hal ini lebih baik dilakukan dari pada bolos sekolah yang sudah pasti nilai mata ujian anda pasti kosong

6. Istirahat yang cukup


Sebelum tampil di depan umum anda harus persiapkan kondisi tubuh yang fit agar lebih bisa memaksimalkan dalam menyampaikan pidato. Janganlah berlatih pada saat mau menjelang tampil, itu akan sia-sia berlatihlah pada jauh-jauh hari karena 1-2 hari sebelum tampil pikiran anda harus tenang dan tidak ada aktifitas yang membuat tubuh menjadi lelah. Tidurlah yang cukup supaya bisa fokus di keesokan harinya.

7. Makan-makanan yang mengandung banyak protein dan omega 3


Memakan banyak vitamin dan omega 3 dapat memperkuat daya ingat yang membuat anda lebih mudah menghafal dan sangat bagus untuk pertumbuhan otak, oleh karena itu beberapa hal yang harus diperhatikan pola makan yang teratur agar kondisi tetap prima saat tampil di depan kelas.
Makanan yang mengandung protein dan omega 3 seperti ikan,ayam,susu,buah-buahan,telur dan masih banyak lagi.

Itulah 7 Tips Cara menghilangkan rasa gugup saat berpidato

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel