-->

Laporan hasil Wawancara bencana banjir


I.Latar belakang
Banjir merupakan bencana yang sering melanda kawasan negara Indonesia.mulai dari perkotaan dan pedesaan pun bisa terkena banjir. Dampak nya sangat menyusahkan sekali bagi beberapa masyarakat terutama para petani yang gagal panen yang berakibat padinya tenggelam banjir.tidak hanya itu lingkungan pun akan menjadi rusak dan tercemar,tidak sedikit juga warga terkena penyakit kulit yang disebabkan oleh genangan air kotor.banyak beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya banjir seperti aliran air tersumbat,buang sampah sembarangan,dan bisa saja terjadi akibat hujan yang turun terus-menerus.ada beberapa cara yang bisa kita cegah untuk mengatasi banjir yaitu dengan menjaga lingkungan tetap bersih dan membuat sumur resapan

II.Maksud dan Tujuan
1.Memenuhi tugas bahasa Indonesia
2.Mengetahui penyebab terjadinya banjir dan cara mencegah banjir
3.Melatih kerja sama antar kelompok dan dapat memperoleh informasi dari Narasumber
4.Melatih siswa agar dapat berbicara di depan umum dengan lancar
5.Menambah wawasan siswa tentang dampak banjir

III.Waktu dan Tempat
Kamis 28 Februari 2019
Tempat: Bapermas Rw 17 Kurnia Asih
Pukul: 05.57 WIB

IV.Anggota Wawancara
Narasumber: Pak Tyo Rusnandi
Ketua: Zaenal Abidin
Sekretaris: Chika Saraswati
Juru Foto: Indah Dwi Ningsih
Juru video: Gunawan Adi putra
Juru Rekam: Joko Yanto Kumara

V.Percakapan Wawancara
Pewawancara: Permisi pak saya dari Sekolah Negeri Cikampek ingin mewawancarai bapak tentang bagaimana mengatasi masalah banjir,apakah saya boleh meminta waktunya sebentar?
Narasumber: ya silahkan
Pewawancara: bagaimana cara mengatasi banjir di wilayah ini pak?
Narasumber: disini jarang terjadi banjir karena tiap minggu warga melakukan gotong royong untuk membersihkan sampai keliling komplel mulai dari got,halaman rumah,jalan raya sampai sekitar masjid.selain itu satu warga sudah mengeluarkan dana untuk membuat sumur resapan air yang berfungsi mengatasi banjir ketika hujan turun terus-menerus. Sebelumnya memang sering banjir tapi akibat saya selaku Ketua RW memberikan sosialisasi kepada warga sekitar tentang penting nya kerja sama untuk mengatasi banjir, alhamdulillah kompleks kami tidak terkena banjir lagi pada waktu hujan.
Pewawancara: bagaimana sih pak fungsi kerja sumur resapan air?
Narasumber: sumur resapan air itu jadi kita membuat lubang yang dalam ditanah kemudian jika ada hujan datang air itu akan terserap oleh tanah dan menampung semua air disitu,itu sangat berguna sekali pada saat hujan turun deras dan lama sekali. Maka tidak usah khawatir karena aliran air hujan akan tertampung semuanya.
Pewawancara: sebelum memasang sumur serapan ini,apa tindakan yang warga lakukan untuk mencegah banjir ini pak?
Narasumber: sebelum nya belum ada tindakan, hanya mencegah air masuk ke dalam rumah saja dengan membuat papingblok untuk menahan air masuk ke dalam.
Pewawancara: apakah kali sungai pada waktu itu tidak berfungsi pak sehingga terjadi banjir?
Narasumber: dulu sungai ini tercemar kotor sekali banyak sampah akibat orang-orang yang tidak bertanggung jawab membuang sampah sembarangan disini,jadi air mudah penuh dan meluap kemana-mana,tapi sekarang sudah dibuat papan dilarang membuang sampah dan diberi jaring agar jika ada orang yang membuang sampah tidak akan masuk ke dalam kali.
Pewawancara: sosialisasi apa saja pak yang sudah bapak berikan kepada warga?
Narasumber: sosialisasi tentang kebersihan,arahan tentang bagaimana cara mencegah banjir,hal-hal apa saja yang perlu dilalukan ketika banjir,apa saja yang menyebabkan terjadinya banjir dan masih banyak lagi
Pewawancara: oh begitu.terimakasih ya pak atas Wawancara nya
Narasumber: sama-sama

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel