-->

Laporan hasil Wawancara budidaya jangkrik


I.Latar belakang
Jangkrik merupakan serangga kecil hitam yang bisa mengeluarkan bunyi yang sangat merdu sekali,bunyi jangkrik ini biasanya terdengar di malam hari karena aktivitas binatang kecil ini lebih suka pada malam hari, selain itu jangkrik ini mempunyai enam kaki dan bagian belakang kaki nya sangat persis dengan belalang sehingga jangkrikpun bisa melompat sangat jauh,tidak jarang sebagian orang suka mengkonsumsi jangkrik ini menjadi rempeyek yang rasanya gurih dan nikmat dan juga mengandung protein,habitat asli jangkrik ini ada di sawah biasanya memakan padi-padian maupun dedaunan. Jangkrik bisa bersifat kanibal jika produksi makanan disekitar nya habis.
II.Maksud dan tujuan
1.Memenuhi tugas bahasa Indonesia
2.Melatih Kerja sama antar kelompok
3.Membentuk karakter dan menerapkan sopan santun kepada orang lain
4.Mengetahui Tata cara budidaya jangkrik
5.Membantu mengembangkan inspirasi siswa untuk dapat berkreasi dan berinovasi sehingga terciptanya perubahan
III.Anggota Wawancara
Narasumber: pak Endang
Ketua: Muhammad Po Darussalam
Juru foto: Anggi Rizky
Juru Rekam: Andi Mulyadi
Juru Video: Yuni Alfina
Juru tulis: Andarwan
IV.Waktu dan tempat
Kamis 13 Desember 2018
Waktu: 15.00 WIB
Tempat: pasar perumnas cirebon
V.Percakapan Wawancara
Pewawancara: permisi pak saya dari SMA Negeri 9 Cirebon ingin mewawancarai bapak tentang budidaya jangkrik ini, apakah bapak punya waktu sebentar?
Narasumber: iya boleh nak sebentar saja ya
Pewawancara: pak bapak disini budidaya jangkrik sudah berapa lama?
Narasumber: sudah 5 tahun
Pewawancara: bagaimana cara budidaya jangkrik ini pak?
Narasumber: gampang, budidaya jangkrik tidak perlu kandang yang besar cukup dengan triplek, tergantung jumlah jangkrik nya yang mau kita budidayain jika sedikit pake kandang yang kecil aja kira-kira panjang 150 cm dan lebar 75 cm tinggi nya 25 cm, susun tripleknya dulu jika sudah siapkan isinya seperti habitat alami nya aja kasih lumpur di kandang nya karena jangkrik suka ditempat yang lembab jangan ditaruh ditempat yang panas karena bisa mati, setelah itu kasih dedaunan buat makanan nya jangan lupa buat dinding kandang dengan kawat jaring supaya bisa melihat keadaan nya didalem, antisipasi juga bagian atas nya supaya tidak keluar jangkrik nya, oh iya bagian bawahnya dipasang kaki empat supaya ga ada binatang yang masuk ke dalam lumerkan kaki nya dengan oli supaya binatang asing tidak bisa mendaki ke atas, setelah kandang di buat selanjutnya taruh kandang ditempat yang teduh dan sejuk dan jauh juga dari daerah yang berisik dan rame supaya jangkrik bisa cepat kawin, untuk membuat jangkrik kawin biasanya dibutuhkan indukan jantan dan betina yang berasal dari alam aslinya soalnya lebih murni dan agresif untuk kawin, taruh dikandang  lebih banyak yang betinanya, oh iya lupa taruh juga mangkuk yang isinya pasir untuk tempat bertelurnya. Setelah masa kawin segera ambil telur takut dimakan sama induk atau yang jantanya.kalau mau ngasih makan anakan jangkrik kasih makan dedak ayam saja dan airnya berupa dedaunan yang mengandung air contoh nya sawi atau daun pepaya,tidak usah dikasih air minum lagi. Kira-kira kalau pertumbuhan nya bagus panen bisa cepat antara 22-25 harian.
Pewawancara: bagaimana cara membedakan induk betina dan jantan?
Narasumber: kalau jantan biasanya punya suara kalau betina tidak, betina punya jarum dibagian bawah untuk menaruh telur-telur di tanah, yang ketiga kalau betina punya sayap yang halus kalau jantan agak kasar.
Pewawancara: apa saja kebiasaan atau hal yang unik yang dimiliki jangkrik pak?
Narasumber: hhmmm apa ya?
Biasanya jangkrik jantan membunyikan suaranya itu untuk menarik perhatian betinanya,jangkrik punya dua sayap yang satu sayap luar untuk terbang dan satunya sayap dalam untuk membunyikan suara.Jangkrik punya mata banyak cuman hanya berfungsi pada malam hari saja.
Pewawancara:biasanya hasil panen jangkrik ini sekilo dijual dengan harga berapa pak?
Narasumber: kalau lagi naik harga bisa sampai 90 ribu,normal nya 75, kadang bisa 50 ribu juga.
Pewawancara: biasanya orang-orang menggunakan jangkrik ini buat apa pak?
Narasumber:biasanya buat makanan burung,dipelihara di rumah, ada juga yang dimasak daging jangkrik lebih besar proteinya dari pada daging sapi atau kambing.ya lebih banyak mah untuk makanan burung lagi pada gemar pelihara burung sih soalnya.
Pewawancara: terimakasih pak atas Wawancaranya semoga dagangan nya lancar
Narasumber: amin,sama-sama

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel