-->

Laporan hasil wawancara gua sunyaragi

LAPORAN HASIL WAWANCARA GUA SUNYARAGI

I.Latar belakang
Gua sunyaragi merupakan situs peninggalan sejarah kota cirebon yang didirikan pada tahun 1703 M oleh pangeran kararangen pada bangunan ini konon katanya tempat
Beristirahat dan bermeditasi para sultan cirebon dan keluarganya namun ada juga yang berkata gua sunyaraga merupakan makam tempat raja-raja Cirebon, gua sunyaragi mempunyai banyak cerita panjang di dalam nya menurut beberapa sumber, ada dua sumber yang menceritakan tentang sejarah berdirinya gua sunyaragi yaitu versi lisan yang merupakan cerita yang diceritakan turun temurun dari beberapa generasi ke generasi oleh para bangsawan dan yang kedua versi buku purwaka caruban nagari yang ditulis oleh pangeran kararangen, pada sampai saat ini sumber yang dipakai hanyalah dari buku purwaka caruban nagari.
II.Maksud dan tujuan
1.Memenuhi tugas bahasa Indonesia
2.Mengetahui sejarah singkat tentang gua sunyaragi
3.Mengetahui nama bangunan peninggalan gua sunyaragi
4.Menumbuhkan rasa percaya diri kepada siswa agar tidak malu dalam berbicara di depan umum
5.Menerapkan etika disiplin dan sopan kepada orang lain tentang taktakrama berbicara
III.Anggota wawancara
1.Narasumber: Bapak Eko priyantno
2.Ketua: Deni syahputra
3.Sekretaris: Risma anggraini
4.juru foto: Desta nurhikmah
5.juru rekam: indah nurfitri
6.juru video: Kiki maulana
IV.Waktu dan tempat
Senin 12 November 2018
Waktu: pukul 13.00
Lokasi: jalan by pass kecamatan Kesambi,Kota Cirebon jawa barat
V.Percakapam wawancara
Pewawancara: Assalamualaikum pak permisi saya dari sekolah Darul hikam ingin mewawancarai bapak Eko untuk tugas sekolah kami, apakah benar ini bapak Eko?
Narasumber:Walaikumsallam,benar. Mari saya ajak jalan-jalan sambil tanya jawab.
Pewawancara: makasih pak, saya mulai aja wawancara nya, disini ada berapa banyak bangunan pak? Dan tolong ceritakan
Narasumber: yang ini namanya bangsal jinem dulu ini tempat sultan memberikan ajaran-ajaran kepada pengikutnya dan sekaligus tempat pelatihan ilmu kanuragan yang diberikan oleh sultan, yang kedua ini namanya goa pengawal tempat ini adalah tempat berkumpulnya para pengawal untuk menjaga sultan atau membantu sultan jika sewaktu-waktu diperlukan, ketiga gua pandekemasang yakni tempat untuk membuat senjata untuk berperang atau mempertahankan kerajaan,keempat gua simanyang ini fungsinya sama seperti pos penjaga dimana tempatnya dekat dengan pintu gerbang,yang kelima gua lengse yaitu tempat para raja dan pemaisyuri untuk beristirahat tempat ini mangkanya sangat bagus dan menarik yang dibangun khusus raja.yang ke enam ini namanya gua peteng dinamakan peteng ini memang gelap biasanya tempat ini dijadikan meningkatkan ilmu seperti meningkatkan kekebalan tubuh,yang ke tujuh gua arga jumud yaitu tempat untuk mengadakan rapat untuk petinggi-petinggi yang membahas seputar keraton, yang ke delapan gua padang ati yaitu tempat untuk bermeditasi untuk memperoleh ketenangan hari,yang kesembilan gua pawon disini tempat memasak dan menyimpan persediaan makanan,kesepuluh gua kelanggenan yang unik dari gua ini orang cirebon percaya kalau kita bersemedi disini maka kita akan cepat diberi jodoh dan dinaikan jabatanya Nah itu semua bangunan gua-gua yang ada disini.
Disini ada patung perawan sunti yang diyakini kalau ada seorang lajang/belum menikah memegang batu ini maka akan kesulitan cari jodoh.
Pewawancara: dilihat dari bangunan nya, gua sunyaragi ini dibuat dari apa pak?
Narasumber: gua ini dibangun dari batu karang yang berasal dari kapal tiongkok yang membawa batu karang di pelabuhan cirebon yang kemudian dipungut oleh sunan gunung jati, uniknya dari gua ini itu kalau ditelusuri sampai dalam lama kelamaan akan bertambah pendek jadi haru menunduk ini mempunyai arti sebagai manusia harus selalu rendah hati.
Pewawancara: terimakasih pak atas penjelasan nya, ini bisa menambah ilmu saya dan wawasan saya di gua sunyaragi ini.
Narasumber: Iya sama-sama

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel