-->

Pada tanggal berapa Bank memotong biaya administrasi perbulanya?

Saat ini penggunaan ATM sudah menjadi kebutuhan primer bagi hampir seluruh orang. Bagaimana tidak? Orang pekerja kantoran,karyawan swasta maupun buruh sekalipun sudah menggunakan ATM sebagai alat penerima upah gaji mereka setiap bulanya. jadi tidak heran perkembangan pengguna ATM kian hari makin banyak..

Menggunakan ATM saat ini sangat memberikan banyak sekali manfaat seperti saat ini kita dapat melakukan transfer ke orang lain dengan sangat cepat dan mudah dalam hitungan detik sudah mendarat ke rekening tujuan. melakukan pembayaran apapun juga sudah bisa menggunakan yang namanya M-Banking seperti bayar tagihan listrik,cicilan motor,iuran BPJS dan yang masih banyak yang lainnya.

Akan tetapi dengan beberapa keuntungan yang diberikan ATM tersebut kita juga harus membayar kepada bank sebagai biaya jasa setelah kita menikmati beberapa fasilitas mereka dan biaya itu dinamakan biaya administrasi.

Begitu pula semua bank yang ada di Indonesia pasti semua nasabah mereka diharuskan membayar Biaya administrasi yang dibayar setiap bulanya. dengan begitu mereka bisa tetap dapat terus menikmati fasilitas yang ada di bank.

Pasti anda bertanya-tanya emang berapa sih biaya administrasi bank yang di ambil tiap bulanya?

Dan tanggal berapa biaya administrasi tersebut dipotong pada saldo ATM kita setiap bulan nya?

Dari pada penasaran kita langsung saja ke intinya.

Untuk masalah biaya administrasi perbulan yang dikeluarkan setiap bank nominalnya berbeda-beda tergantung jenis kartu ATM yang anda punya. karena setiap bank memiliki kartu dengan beragam fasilitas yang bisa nasabah gunakan. tentu ini juga berpengaruh terhadap biaya admin yang dikeluarkanya nanti. semakin banyak keuntungan didapat nasabah dari kartu tersebut tentu biaya adminya akan besar juga.

Contohnya pada kartu ATM tahapan BCA ada 3 jenis kartu yaitu kartu Tahapan blue,gold dan platinum. ketiga jenis kartu tersebut memiliki keuntungan yang berbeda dan kartu yang lebih banyak memberikan keuntugan yaitu member platinum. karena member platinum memiliki banyak keuntungan yang tidak bisa didapat oleh kartu lain maka biaya adminya lebih besar.

Berikut biaya administrasi tahapan BCA menurut jenis kartunya :

ATM kartu blue : 15.000 biaya admin perbulan

ATM kartu gold : 17.000 biaya admin perbulan

ATM kartu platinum : 20.000 biaya admin perbulan

Untuk lebih jelasnya tentang besaran biaya admin pada setiap jenis kartu ATM setiap bank perbulanya bisa liat artikel ini

Lanjut menjawab pertanyaan kedua yaitu tanggal berapa biaya administrasi tersebut dipotong pada saldo ATM kita setiap bulan nya?

Berdasarkan jawaban dari customer care setiap bank biaya pemotongan administrasi bank tiap bulanya itu jatuh pada hari jumat di minggu ke 3 setiap bulanya. tetapi tidak terpaku pada hari itu juga karena bisa saja ada kebijakan baru yang menyebabkan pemotongan saldo biaya admin terjadi dibawah tanggal 17 atau diatas tanggal tersebut. jadi apabila saldo anda terpotong secara tiba-tiba jangan panik karena itu merupakan hal wajar karena setiap ATM ada biaya potongan admin perbulanya.

Tapi lain hal lagi untuk bank BCA mereka akan memotong biaya admin setiap tanggal 15 setiap bulanya. 

Bank BCA memotong biaya admin setiap tanggal 15 perbulanya berlaku untuk semua jenis ATM baik itu expresi,tahapan dan lainnya.

MEMILIH ATM YANG TIDAK ADA BIAYA ADMINYA

Jika anda berpikir biaya admin adalah suatu hal yang menyusahkan maka saatnya anda pindah ke bank yang tidak memungut biaya admin perbulanya. Apakah ada? Tentu saja ada.

Pikirkan saja ketimbang anda menabung perbulanya hanya 50 ribu dan anda menggunakan bank yang biaya adminya besar maka tabungan anda mungkin bisa saja habis tak tersisa hanya karena terpotong biaya adminya bulanan nya saja. tentu rugi banget kan.

Dibawah ini merupakan saran bank yang tepat untuk anda yang tidak memiliki biaya admin sama sekali alias gratis biaya admin perbulanya.

1. Tabunganku

Memilih rekening tabunganku sebagai rekening utama bank anda adalah pilihan yang tepat sekali. selain bebas biaya admin perbulanya rekening tabunganku bisa dimiliki oleh siapa saja. rekening tabungan ini biasanya sering disebut rekening tabungan rakyat karena tidal terlalu memberatkan nasabah yang ingin memakainya.

Apa saja keunggulan yang dimiliki rekening tabunganku ini sehingga bisa disebut rekening tabungan rakyat? 

Beberapa keunggulanya ialah kecilnya batas minimal setoran,daftarnya paling mudah dan satu lagi yaitu bebas biaya admin.

Rekening tabunganku merupakan produk yang dibuat pemerintah untuk rakyat yang bertujuan untuk memberikan kemudahan mendapatkan rekening dan keringanan dari beban biaya pembuatanya.

Fasilitas yang diberikan rekening tabunganku yaitu sebagai berikut :

1. Bebas biaya admin perbulanya
2. Pembukaan rekening minimal setoran awal 20.000 untuk bank umum dan 10.000 untuk bank BPR/syariah
3. Minimal setoran tunai 10.000
4. Biaya penalty saldo dorman hanya sebesar 2000 perbulan
5. Biaya penutupan 20.000

Jika diatas kita sudah mengetahui berbagai keuntungan yang didapatkan sekarang kita membahas sesuatu yang tidak bisa didapatkan ketika menggunakan rekening tabunganku ini.

Rekening ini tidak mempunyai ATM & E-banking

Rekening tabunganku tidak memiliki ATM sehingga anda tidak dapat menarik uang ditempat lain. aktivitas setor dan tarik tunai hanya bisa ditempat anda mendaftar rekening tersebut (pusatnya)

2.  CIMB Niaga On Account

Selain tabunganku rekening bank yang memiliki keuntungan bebas biaya admin perbulan yaitu adalah tabungan CIMB Niaga On Account. berbeda dengan tabungaku tabungan ini memiliki fasilitas kartu ATM serta sms banking dan mobile banking sehingga anda tidak perlu khawatir harus pergi ke kantor untuk melakukan aktivitas perbankan.

Selain gratis biaya admin anda juga tidak perlu membayar biaya tarik tunai dan transfer karena semua itu sudah gratis.

Untuk masalah biaya setoran pembuatan rekening tidak memerlukan biaya besar yaitu hanya sebesar 100 ribu rupiah saja dan 50 ribu saldo mengendap.

Kelebihan lain yang didapat jika kita buka rekening di CIMB Niaga On Account adalah bisa mendapatkan kuota sebesar 3 gratis perbulanya akan tetapi dengan syarat nasabah harus melakukan transaksi minimal sebanyak 3x setiap bulanya. untuk kuota gratis tersebut hanya diperuntukan untuk pengguna kartu indosat,tsel dan XL.

Selain itu anda juga bisa mendapatkan bunga sebesar 0,25% jika menabung dengan jumlah diatas 1 juta.

Jika dilihat secara keseluruhan tabungan ini sepenuhnya sudah memanfaatkan teknologi ponsel pintar karena segalanya sudah bisa diatur dalam aplikasi OCTO MOBILE dan apabila anda ingin setor tunai bisa melalui minimarket seperti alfamart dan indomart.

3. Tabungan Faedah BRISyariah iB

Selanjutnya ada bank Tabungan faedah BRISyariah iB. Pada tabungan ini juga bebas biaya adin perbulan. anda hanya perlu daftar dengan syarat membawa KTP,NPWP dan usia minimal 17 tahun. untuk masalah setoran anda hanya perlu biaya 100 ribu rupiah sebagai langkah awal untuk menabung dan selanjutnya anda bisa setor minimal 10 ribu.

Adapun fasilitas yang didapatkan yaitu buku tabungan,Kartu ATM,SMS banking dan internet banking. pada tabungan bank ini bersifat syariah sehingga pelaksanaan nya sesuai dengan ketentuan syariah islam

Adapun beberapa macam biaya rendah yang bisa anda nikmati yaitu

1. Setoran awal = 100.000
2. Setoran selanjutnya = 10.000
3. Biaya administrasi bulanan = Gratis
4. Biaya administrasi bulanan kartu ATM = gratis
5. Saldo minimum mengendap = 50.000
6. Biaya pergantian buku tabungan karena habis = Gratis
7. Biaya pergantian buku tabungan bank karena hilang/rusak = 5.000
8. Biaya pembuatan kartu ATM karena rusak/hilang = 15.000
9. Biaya penutupan rekening = 25.000
10. Inquiry = info saldo,info mutasi,5 transaksi terakhir,ganti PIN,transfer dan registrasi SMS banking melalui ATM

4. Tabungan BTN e'Batarapos

Pilihan ke 4 rekomendasi tabungan bank tanpa biaya admin yaitu tabungan BTN e'Batarapos. pada tabungan ini memiliki layanan bebas biaya admin perbulan asalkan saldo yang tersimpan pada rekening anda minimal lebih dari 1 juta. untuk setoran awal minimal 50.000 saja, disediakan juga kartu ATM untuk mempermudah penarikan uang. fasilitas berupa internet banking dan sms banking juga ada.

Untuk melakukan pembukaan rekening pada jenis tabungan ini anda bisa mengunjungi kantor pos terdekat jika di daerah sekitar anda tidak ada kantor bank BTN.

Syarat dokumen yang wajib dibawah ketika mendaftar yaitu hanya Fotocopy E-KTP dan FC NPWP saja.

Untuk langkah mendaftarnya yaitu sebagai berikut :

1. Siap dokumen yang sudah dijelaskan tadi
2. Kunjungi outlet kantorpos terdekat
3. Kunjungi ke bagian Customer service untuk membuka rekening tabungan BTN e'Batarapos
4. Isi formulir dan serahkan semua dokumen yang telah dibawa
5. Ikuti prosedur yang diarahkan customer service
6. Dalam 5 menit tabungan BTN e'Batarapos siap diggunakan.

5. BNI Syariah iB Hasanah

Tabungan ini menyediakan cara menabung dengan sistem akad atau perjanjian wadiah dan mudharabah. keuntungan lain yaitu anda akan mendapatkan kartu BNI silver. bila anda belum tahu mesin ATM BNI sudah sangat tersebar luas di seluruh indonesia. untuk itu anda tidak usah khawatir lagi dengan masalah penarikan uang.

Tentunya tabungan ini bebas dari biaya admin bulanan,gratis biaya pembuatan ATM dan gratis saldo minimum. untuk lebih jelas berikut ini keunggulan dan syarat yang harus dipenuhi ketika ingin mendaftar tabungan BNI iB Hasanah

1. Dapat melakukan transaksi di counter teller BNI dan BNI syariah seluruh Indonesia.
2. Pembukaan rekening otomatis berinfaq sebesar 500
3. Dapat dijadikan sebagai agunan pembiayaan.

Persyaratan 

1. Kartu identitas asli KTP/paspor
2. Kartu NPWP
3. Setoran awal minimum 100.000

Update 19 Januari 2022

Pertanyaan yang sering diajukan

Apakah setiap bank memiliki tanggal memotong biaya administrasi perbulanya?

Ya, terkadang setiap kebijakan bank berbeda-beda jadi tidak semua bank memiliki tanggal pemotongan biaya administrasi yang sama. 

Ada juga bank yang memotong biaya administrasi Perbulanya secara random contohnya seperti bank jenius BTPN.

Pemotongan biaya administrasi bank apakah wajib dibayar?

Sebenarnya ini tergantung dari sisa saldo di rekening anda. Potongan biaya admin jika saldo anda dalam keadaan 0 maka akan dipotong setelah anda memiliki saldo.

Jika saldo berturut-turut 0 dalam 6 bulan biasanya bank akan memberikan status rekening nasabah menjadi pasif atau dinonaktifkan sehingga tidak bisa digunakan lagi. untuk bisa menggunakanya silahkan datang ke Kanton cabang bank terdekat untuk melakukan aktivasi rekening lagi. 

Lantas bisakah kita menghindari biaya potongan administrasi perbulanya?

Tidak, bisa karena mau bagaimana pun apabila anda sewaktu waktu membutuhkan rekening dan di isi saldonya maka otomatis akan dipotong. Kecuali jika anda sudah tidak membutuhkanya lagi maka status rekening anda jika 6 bulan tidak ada aktivitas maka akan dormant atau dinonaktifkan sementara sampai anda melakukan aktivasi lagi ke kantor cabang bank terdekat.

Fungsi pengaturan dan pengawasan perbankan berpindah ke OJK


DPR mengesahkan UU No.21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengalihkan fungsi pengaturan dan pengawasan perbankan dari Bank Indonesia ke OJK.

Undang-Undang ini membagi ruang lingkup pengaturan dan pengawasan mikroprudensial lembaga keuangan sebagai kewenangan OJK, sementara pengaturan dan pengawasan makroprudensial menjadi tanggung jawab BI dengan sasaran stabilitas sistem keuangan.

DPR mengesahkan UU No.6 Tahun 2009 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No.2 Tahun 2008 Tentang Perubahan Kedua atas UU No.23/1999 Tentang Bank Indonesia menjadi Undang-Undang.

UU ini memperjelas dan mempertegas peran BI dalam fungsinya sebagai lender of the last resort.

Penutup

Setiap bank tidak selalu sama mereka memotong biaya administrasinya. itu semua tergantung dengan kebijakan masing-masing bank. jika anda ingin mengetahui kapan bank memotong biaya maka anda bisa melihat mutasi rekening bank dan lihat pada bulan sebelumya disitu pasti akan tertera pada tanggal berapa bank tersebut memotong biaya untuk admin. sehingga setelah itu kedepannya anda sudah tau kapan bank akan memotong saldonya.

Itu saja beberapa penjelasan mengenai tanggal pemotongan biaya admin dan beberapa saran tabungan bank bebas biaya admin yang bisa anda gunakan untuk menabung

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel