-->

25 Contoh Poster slogan iklan Makanan dan minuman lengkap beserta gambar

Iklan adalah sebuah bentuk promosi yang ditawarkan antara lain seperti barang atau jasa yang disampaikan melalui berbagai media yaitu TV,banner atau internet dengan cara membayar biaya sponsor yang tujuanya ditujukan kepada sebagian masyarakat agar mereka tertarik dan akhirnya membeli produk tersebut.

Jika anda sering melihat TV pasti sering melihat produk berupa makanan dan minuman atau saat kalian berada di jalan raya kalian melihat banner besar bertuliskan misalnya "keripik kentang enak" yang jika ada orang melihatnya merasa terpikat dan ingin membeli produk tersebut. itulah yang sering disebut iklan.

Untuk pembuatan iklan harus dibuat semenarik mungkin untuk diminati oleh siapa saja yang melihatnya. namun jenis iklan tidak hanya berupa gambar saja melainkan ada jenis iklan seperti teks dan suara. untuk iklan teks biasanya ditampilkan untuk media tertulis yaitu internet dan jika iklan tersebut berupa audio paling tepat dipasang di radio. jika kita melakukan promosi iklan diharuskan sesuai dengan jenis media dan pemirsa kita. semakin relevan iklan maka iklan tersebut semakin banyak juga peminatnya.

MEMBUAT IKLAN MENARIK DAN BANYAK DIMINATI

Jika anda ingin membuat iklan yang menarik alangkah baiknya melakukan langkah berikut ini.

1. Memikirkan konsep

Sebelum membuat iklan kita harus pikirkan dulu target dari iklan yang akan dipasang beserta media mana yang paling cocok untuk iklan tersebut ditempatkan. Misalnya anda sudah memutuskan membuat iklan produk kecantikan yang berarti target anda adalah perempuan umur antara 15-35 tahun. 

2. Membuat iklan

konsep sudah dibuat dan anda tinggal membuat iklan. gunakan imajinasi anda untuk membuat iklan agar seseorang yang melihat iklan anda bisa merasakan produk yang anda tawarkan sehingga bisa menarik minat audiens.

Untuk produk kecantikan pastinya anda harus membuat iklan gambar agar terlihat lebih menarik. buatlah gambar dengan background yang cerah karena wanita lebih suka warna yang fresh segar dan juga cerah.


3. Menempatkan iklan

Hal terakhir yang tidak kalah penting dari yang lainnya yaitu menempatkan iklan. carilah tempat yang pas agar iklan anda bisa dilihat oleh semua orang. terutama oleh target audiens anda yaitu perempuan.

Kebanyakan mereka sering mengunjungi mall atau sallon nah tempat tersebut adalah peletakan iklan yang bagus dan sesuai dengan target anda. atau jika anda memikirkan tempat yang lebih bagus dan efisien segeralah pasang. akan tetapi pikirkan juga budget untuk biaya promosi nya. Apabila dana nya minim sebaiknya anda taruh ditempat yang setidaknya tidak terlalu mahal untuk masalah biaya promosi.

TATA BAHASA YANG BAIK UNTUK IKLAN

1. Menggunakan kalimat menarik (Slogan)

Jika anda ingin membuat iklan tentu tata bahasa adalah hal yang harus diperhatikan. dengan menggunakan kalimat yang unik pasti akan menarik perhatian para pendengar/pembaca agar membeli produk anda.

Memberikan slogan sebaiknya antara 3 hingga 5 kata saja. slogan yang baik adalah slogan yang pendek tetapi mengandung banyak arti dari iklan yang kita siarkan.

Contohnya : Lihat produk iklan dibawah ini

Iklan diatas berupa produk minuman. oleh karena itu kita berikan slogan yang menarik dan mampu memberikan dekskripsi tentang keseluruhan manfaat serta kenikmatan yang didapat dari minuman tersebut.

Bisa kita tulis slogan minuman tersebut yaitu "Minuman segar penunjang rasa lapar" 

Dari kalimat slogan tersebut mendeksripsikan bahwa minuman itu memberikan rasa segar dan manfaat karena bisa menghilangkan rasa lapar bagi siapa saja yang meminumnya.

2. Membujuk

Memberikan kalimat membujuk merupakan suatu cara yang harus ditulis dalam iklan untuk dapat menarik para konsumen supaya memberikan ketertarikan terhadap produk kita. 

Dalam membuat kalimat ajakan kita tidak hanya memberikan kalimat membujuk saja akan tetapi sertai juga kalimat yang bisa membuat orang sangat ingin membeli produk kita.

Misalnya dalam suatu produk makanan anda berisi iklan makanan ringan seperti contoh gambar dibawah ini

Contohnya slogan nya seperti ini : "Cobain lumernya Keripik ebi ini, beli 2 gratis 1"

3. Menggunakan sudut pandang berbeda

Ketika anda mempromosikan produk dalam bentuk video tentu harus memerlukan pemeran iklan untuk dapat menunjang kesuksesan iklan tersebut. tanpa seorang pemeran, iklan tidak akan berjalan dengan sempurna.

Banyak perusahaan yang menyewa seorang artis untuk memamerkan produk mereka sebagai pengganti pihak pemasang iklan. karena seorang public figure pasti akan disenangi oleh masyarakat. oleh karena itu, menyewa seorang artis untuk mempromosi produk kita dalam iklan adalah ide yang sangat cemerlang.

Gunakan juga kata aku,saya atau kami yang biasanya dipakai sebagai pengganti pihak pemasang iklan.

Bentuk iklan berupa video adalah salah satu cara yang paling efisien ketimbang hanya memampang sebuah poster. akan tetapi memang biayanya juga lumayan mahal. 

CONTOH IKLAN DAN JENIS-JENIS IKLAN

Ada banyak jenis iklan yang perlu anda ketahui karena setiap iklan memiliki jenis dan ciri-ciri nya masing-masing.

1. IKLAN PRODUK

Iklan produk adalah iklan yang memperkenalkan suatu produk dari perusahaan kepada konsumen. Ciri-ciri iklan produk yaitu ada sebuah produk yang ditawarkan. tujuan iklan produk yaitu mempengaruhi masyarakat agar membeli produk tersebut

Pastinya anda sangat sering melihat iklan ini baik di tv maupun di jalan. sebuah perusahaan banyak menggunakan jenis iklan ini untuk meningkatkan penjualan produk yang mereka jual. 

Iklan produk harus dibuat simple dan semenarik mungkin dengan tujuan gampang diingat dan mudah untuk dikenali. karena kebanyakan konsumen lebih memutuskan membeli barang yang mereka sudah kenal dibanding produk baru.

Berikut contoh iklan produk 

A. CONTOH IKLAN SUSU CAP ENAAK

Diatas adalah contoh produk iklan susu cap enaak yang berupa kemasan saschet dan kaleng. diatas juga telah dituliskan slogan "Bikin yang enaak tambah enaak" 

Ditambah lagi dengan promo jika anda membeli 2 saschet maka akan mendapatkan harga hanya sebesar Rp 2500 rupiah saja.

CONTOH TEKS PRODUK IKLAN SUSU KENTAL MANIS

Halo-halo abis belanja ya? diskon enaak dapat segambreng anti barang rombeng. mending yang awet enaak bergaransi. jadi nyaman dihati ga sih.. dah murah tapi enaak dipakai. yang penting bikin makin shantik say. Ada yang enak dan bisa hemat pakai cap enak ngumpul bareng jauh-jauhan tetep tambah enak. kirim sana sini makin semarak. bikin yang enak tambah enak.

B. CONTOH IKLAN PRODUK SABUN


Contoh iklan diatas adalah iklan produk sabun yang bernama lifebuoy. slogan mereka adalah " Sabun anti kuman dengan penggunaan no 1 di dunia "

Tersedia juga dua kemasan botol dan sachet agar konsumen memiliki pilihan.

CONTOH TEKS PRODUK IKLAN SABUN

Kamu kenapa? Aku taku virus. jangan takut pakai gosok fiuhh. yah pakai sabun handwash tekan gosok fiuhh. lawan 99% kuman.

D. CONTOH IKLAN PRODUK MINUMAN ALE-ALE

Contoh iklan diatas adalah produk minuman ale-ale rasa leci yang memiliki slogan "Makin seger makin tak terkalahkan"

Produk tersebut cocok untuk diiklankan pada musim panas karena minuman yang segar pasti akan mengurangi rasa haus ketika beraktivitas.

CONTOH TEKS PRODUK IKLAN ALE-ALE

Baru ale-ale leci, seger leci yang fantastis kini bisa kamu nikmatin tiap hari. Ale-ale leci baru cobain nih buah leci dengan aroma yang khas dan fruty. manis dan segernya slurpy abis. baru ale-ale leci maken seger makin tak terkalahkan.

E. CONTOH IKLAN TROPICANA SLIM

Iklan diatas merupakan contoh iklan produk kesehatan yaitu tropicana slim. mereka mempunya slogan " Manisnya hidup untuk keluarga "

CONTOH TEKS PRODUK IKLAN TROPICANA SLIM

Aku ganti gula pakai tropicana slim. masaknya pake tropicana slim. cemilanya juga. dari dapur turun ke perut dari perut naik ke hati. tropicana slim manisnya hidup untuk keluarga.

F.CONTOH IKLAN SUSU DANCOW

Contoh iklan diatas adalah iklan susu dengan tagline " aku dan kau suka dancow "

CONTOH TEKS PRODUK IKLAN DANCOW

Gimana PR nya? Banyak dan susah bunda. ayo minum susu dulu. Oke bunda. kata guruku kita perlu nutrisi buat mikir. 2 teguk untuk PR matematika. 2 lagi buat main deh.

Baru kini dengan 2x minyak ikan dan omega 6 dancow fortigro.

Selesai juga PR nya. selesai dong aku kan 2x lebih hebat.

G. CONTOH IKLAN MINUMAN FLORIDINA

Iklan diatas merupakan iklan minuman jeruk penyegar yang bernama floridina dengan slogan " Bulir lebih utuh & lebih banyak "

CONTOH TEKS PRODUK IKLAN FLORIDINA

Floridina baru so juicy floridina florida orange dengan pulp protection system bulir lebih utuh lebih banyak mengandung vitamin C bulirnya pop hanya 3000

H. CONTOH IKLAN LUWAK WHITE COFEE

Iklan diatas merupakan iklan kopi luwak dengan promosi beli 1 gratis 1 yang akan memikat para penonton untuk membeli produk tersebut.

CONTOH TEKS PRODUK IKLAN LUWAK WHITE COFEE

wo ooo luwak white cofee hitam baru ada paket umroh gratis dan ratusan hadiah emas yok ayok menangkan ratusan emas murni caranya gampang

I. CONTOH IKLAM MIE SEDAAP

Iklan diatas adalah iklan mie instan berbentuk cup yang memiliki slogan "Sedaap nya makin juara"

CONTOH TEKS PRODUK IKLAN MIE SEDAP CUP

Ini mie sedap cup kemasan baru makin kece juara sedapnya topping komplitnya bikin makin asik pasti mie sedap cup. laper tapi mager? Cobain mie juaranya dalam cup 

J. CONTOH IKLAN WAFER POCKY

Iklan diatas adalah iklan snack wafer coklat berbentuk stik yang bernama pocky dengan slogan "Ceria #DiRumahAja Bareng Pocky!

CONTOH TEKS PRODUK IKLAN POCKY

Pocky coklat dari biji koko berkualitas lembut membalut biskuit stik yang renyah lezat sempurna ga berantakan pocky coklat.

K. CONTOH IKLAN INDOMIE GORENG 

Iklan diatas adalah iklan indomie goreng geprek dengam tagline "Pedas Indonesianya Hypeabis"

CONTOH TEKS PRODUK IKLAN MIE GORENG

Indomie goreng geprek pedas kuah seblaknya hype abis kerupuknya nyes mie nya lebar auto suka. ini pedes gepreknya nendang kremesanya kress greget. indomie hype abis seblak hot jeletot dan indomie goreng ayam geprek pedas indonesianya hype abis.

2. CONTOH IKLAN BARIS

Pada iklan ini sesuai dengan namanya yang hanya memuat beberapa baris yang biasanya menginfokan tentang sewa rumah,jual produk dan jasa atau bisa juga info obat herbal.

Pada iklan baris tidak terdapat gambar yang bisa mendeksripsikan dari tulisan tersebut. dikarenakan tempatnya yang terbatas tulisan iklan baris harus singkat padat dan jelas agar mudah dipahami pembaca.

Biasanya iklan baris banyak terdapat di koran dan jumlahnya sangat banyak disatu halaman koran yaitu bisa memuat hingga 50 iklan didalamnya. karena hanya tersedia space iklan yang kecil biaya yang diperlukan untuk beriklan disana tidak terlalu besar.

Berikut beberapa contoh iklan baris




3. CONTOH IKLAN KOLOM

Iklan kolom memiliki space yang luas sehingga gaya penulisan bisa dilakukan memanjang dan terdapat gambar produk yang menjelaskanya. 

Biasanya iklan model begini memerlukan kosa kata kalimat yang mendeskripsikan sesuatu hal yang sangat detail tidak seperti iklan baris yang hanya dibuat singkat padat dan jelas.

Iklan ini juga biasanya berada di koran yang berisi lowongan pekerjaan,jual barang pribadi misalnya kendaraan atau info jasa menarik seperti pijat refleksi panggilan dari rumah.

Biaya pemasangan iklan ini tentunya lebih mahal dikarenakan kita disediakan space yang lebih besar dan luas jika dibandingkan dengan iklan baris sangat jauh beda yang hanya memberikan tulisan padat berbentuk kotak kecil. karena itu juga tulisanya lebih besar dan lebih mudah ditemukan oleh pembaca koran.

Berikut beberapa contoh iklan kolom

4. CONTOH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT 

Iklan layanan masyarakat merupakan sejenis iklan yang memberikan informasi kepada penduduk masyarakat. karena sifatnya non komersil iklan masyarakat ini dibuat oleh pemerintah sebagai bentuk cara mengurangi musibah atau masalah besar yang sedang menimpa negara tersebut.

Iklan pelayanan masyarakat memiliki gaya tulisan dan gambar yang unik seperti gambar anime atau tokoh kartun sebagai pemeranya.

Contoh iklan layanan masyarakat biasanya tentang penghijauan lingkungan,berhenti melakukan kekerasan terhadap anak,jaga kebersihan dan masih banyak lagi.

Iklan layanan masyarakat kebanyakan bisa anda lihat di televisi atau di beberapa tempat lembaga pemerintah seperti kantor kecamatan,kelurahan dan jalan raya.

Berikut beberapa contoh iklan layanan masyarakat 

5.CONTOH IKLAN JASA

Iklan jasa merupakan sejenis iklan yang menawarkan jasa yang bertujuan agar orang-orang menggunakan jasa yang kita miliki. 

Pada iklan jasa biasanya terdapat gambar yang mendeksripsikan tentang jasa yang dimilikinya. misalnya jasa cuci motor,jasa rental mobil,jasa angkut barang,jasa cetak foto dan masih banyak yang lainnya.

Iklan jasa juga biasanya berisikan tarif atau harga yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen untuk layanan jasanya. terdapat juga kontak perusahaan didalamnya jika sewaktu-waktu anda minat maka bisa langsung menghubungi nomor tersebut.

Pada iklan jasa juga terdapat alamat kantor tempat dimana jasa tersebut berada.

Iklan jasa biasanya banyak terdapat dijalan raya,pasar,mall atau di beberapa toko.

Contoh beberapa iklan jasa yang bisa anda pelajari

6. CONTOH IKLAN KOMERSIAL

Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk memamerkan produk oleh suatu perusahaan yang bertujuan untuk menjangkau konsumen lebih luas dan membangun brand atau merk mereka.

Biasanya Iklan komersial berisi layanan atau produk seperti makanan,minuman,paket internet kouta,layanan ecomerce dan masih banyak lagi.

Iklan komersial sangat banyak sekali dan terdapat dimana-mana seperti televisi,papan iklan,spanduk,selebaran pamflet dan masih banyak lagi.

Berikut contoh iklan komersial

7. CONTOH IKLAN LOWONGAN PEKERJAAN

Pada iklan lowongan pekerjaan berisikan informasi lowongan pekerjaan yang ditujukan kepada pencari kerja.

Iklan lowongan kerja biasanya menuliskan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan  kepada pelamar beserta jadwal inteview dan tempat pengiriman berkas lamaran.

Iklan lowongan pekerjaan juga menuliskan posisi apa yang sedang dibutuhkan perusahaan lengkap dengan nomor kontak dan alamat perusahaan.

Berikut contoh iklan lowongan pekerjaan

8. CONTOH IKLAN PENDIDIKAN

Sama halnya dengan iklan layanan masyarakat. iklan pendidikan merupakan iklan yang berisikan seputar dunia pendidikan misalnya iklan stop kenalakan remaja,bantuan pendidikan,anti bolos dan masih banyak lagi.

Iklan pendidikan lebih mengarah ke pesan nasehat untuk memberikan ajakan kepada siswa untuk tidak melakukan hal yang menyimpang  serta  memberikan efek jera dengan menjelaskan sanksi atas perbuatan jika melanggar peraturan tersebut.

9. CONTOH IKLAN BAHASA INGGRIS

Iklan bahasa inggris adalah iklan yang bertuliskan bahasa inggris. sama halnya dengan iklan bahasa indonesia, iklan bahasa inggris biasanya ditujukan kepada turis atau pendatang untuk mempromosikan produk lokal kepada mereka.

Sebenarnya iklan selalu kita ketemui dimana saja baik itu di TV internet dan jalan raya. memang sebenarnya membuat iklan harus memiliki budget yang lumayan besar apalagi iklan yang ada di televisi dan jalan raya itu harganya sangat mahal. 

Terkecuali jika anda beriklan di internet masih bisa dikontrol karena setiap iklan yang muncul di internet bisa diatur sesuai budgetnya yang kita punya. 

Contohnya anda ingin pasang iklan produk kue kering maka nanti jika budget anda hanya ada 2 juta maka nanti akan ada perhitungan akan seberapa banyak jangkauan pemirsa. semakin banyak budget maka jangkauan orang-orang akan lebih banyak. 

Contoh- contoh iklan diatas bisa menjadi referensi anda untuk bisa membedakan jenis-jenis iklan dan bagaimana kata-kata yang benar untuk membuat iklan sehingga penyampaian kepada orang-orang bisa dimengerti. 

Itulah contoh macam-macam iklan semoga bisa membantu anda mengetahui ciri-ciri dan jenis iklan untuk memenuhi tugas bahasa indonesia anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel