-->

Inilah hal penting bagi peserta prakerja gelombang 9 & 10 yang harus dipersiapkan

Apa kabar sahabat prakerja! Semoga kalian selalu sehat dan semangat menjalani hari dimasa pandemi ini ya. jaga kesehatan dan selalu memakai masker ketika keluar rumah. 

Bagi sobat semua yang belum keterima kartu prakerja atau yang baru mau daftar masih tersedia kuota prakerja di gelombang terakhir nih yaitu gelombang 9 dan 10. karena banyak beredar kabar kloter prakerja hanya sampai gelombang 10 saja. 

Sambil menunggu pembukaan gelombang 9 yang dibuka pada tanggal 17 September 2020 sebaiknya kita ketahui dulu nih  apa-apa saja hal penting yang harus kamu lakukan sebelum mendaftar sebagai peserta kartu prakerja. 

Berdasarkan pengalaman gelombang sebelum-sebelumnya ada banyak peserta yang mengalami kendala pada saat pendaftaran hingga saat proses pencairan insentif mengalami kendala sehingga membutuhkan waktu beberapa hari lebih lambat dibandingkan peserta prakerja yang sudah mempersiapkan di saat sebelum pendaftaranya. Apa saja persiapanya itu? Yuk simak dibawah ini

PERSIAPAN KETIKA INGIN MENDAFTAR KARTU PRAKERJA 

1. REGISTRASI AKUN

Bagi anda yang belum melakukan registrasi akun silahkan anda lakukan registrasi terlebih dahulu sebelum pembukaan gelombang selanjutnya dibuka. mengapa begitu? Karena dengan melakukan registrasi dulu anda tidak perlu lagi melakukanya pada saat pendaftaran dibuka. 

Jika anda ingin tau registrasi akun itu membutuhkan waktu yang sangat lama karena ada beberapa tahap yang harus anda isi. pertama yaitu anda diharuskan mengisi biodata, kedua mengisi foto KTP serta foto selfie dan yang ketiga anda harus mengisi beberapa soal. 

2. UPGRADE E-WALLET

Setelah registrasi di akun prakerja anda harus melakukan upgrade e-wallet. upgrade e-wallet ini sangat penting dilakukan sebelum anda diterima jadi peserta prakerja. karena jika anda sudah diterima jadi peserta prakerja dan belum upgrade sampai saat itu alhasil akun prakerja anda akan mendapatkan notifikasi seperti dibawah ini

Belum lagi proses update yang membutuhkan waktu yang lumayan lama. bahkan menurut pengalaman orang sebelum-sebelumnya ada yang sampai 3 hari lebih tanggapan hasil proses upgrade akunya E-wallet nya belum juga ada jawaban. 

Jika anda mengikuti pelatihan sebelum akun e-wallet anda ter upgrade  dikhawatirkan tidak ada cukup waktu untuk proses upgrade nya sehingga insentif yang tadinya mau masuk ke akun ternyata tertunda karena akun nya belum premium. 

3. INSTAL APLIKASI WAJIB PRAKERJA

Apabila anda sudah diterima prakerja alangkah baiknya sebelum memulai menginstal terlebih dahulu aplikasi yang sangat dibutuhkan pada saat pelatihan.

Contoh aplikasi yang wajib ada yaitu aplikasi e-commerce seperti tokopedia atau bukalapak karena disanalah kita akan membeli pelatihanya begitu juga anda diharuskan menginstal aplikasi lembaga pelatihanya contoh nya apabila memilih skill academy maka anda harus menginstal aplikasinya  di playstore. 

Belum lagi ketika selesai pelatihan anda harus mengikuti acara webinar. acara webinar ini wajib dilaksanakan oleh peserta prakerja yang telah selesai mengikuti pelatihan dan sebagai bahan tambahan pelajaran agar mendapatkan sertifikat kelulusan. 

Webinar dilaksanakan di aplikasi zoom. jadi sebelum memulai acaranya sebaiknya anda instal dulu aplikasi zoom nya agar lebih mudah ketika ingin mengikuti webinar. 

Jadi, kesimpulanya ada 3 aplikasi yang wajib di instal yaitu tokopedia atau bukalapak(e-commerce) , skill academy (lembaga pelatihan) , zoom (webinar) 

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan sebelum memulai pendaftaran pelatihan prakerja jika anda tidak ingin mengalami masalah dikemudian hari. Semoga bermanfaat 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel