-->

10 Contoh proposal 17 Agustus 2022 singkat beserta file DOC & PDF

Proposal merupakan sebuah surat yang berisi sebuah rancangan kegiatan yang ditulis secara sistematis dan terperinci. proposal sangatlah banyak manfaatnya. biasanya seseorang menggunakan proposal pada saat akan ada sebuah acara besar. 

Pada kegiatan acara 17 agustus membuat proposal adalah suatu hal yang sangat penting dikarenakan biaya penunjang kegiatan tersebut tidak akan cukup hanya dari iuran donasi dari masyarakat sekitar. oleh karena itu, anda perlu membuat proposal sebanyak mungkin agar kemungkinan proposal anda disetujui akan semakin besar. tanpa proposal kelangsungan acara bisa berjalan tidak semestinya.

Pada setiap acara pasti akan membutuhkan sebuah persiapan yang sangat matang seperti mempersiapkan berbagai alat untuk menunjang kegiatan tersebut. dengan begitu pasti acara tersebut membutuhkan anggaran dana yang sangat besar. dengan dibuatnya proposal maka akan meringankan beban biaya.

Pada artikel ini kita akan membahas

1. Contoh proposal 17 agustus singkat, padat dan jelas
2. Gambar Cover proposal 17 Agustus 2022
3. Contoh proposal 17 agustus dalam bentuk pdf dan doc
4. Contoh rincian biaya proposal 17 Agustus 2022
5. Gambar logo HuT RI 77

Mengapa proposal bisa meringankan beban biaya anggaran suatu acara?

Tujuan dibuatnya proposal diggunakan untuk mengajak sebuah kerja sama dari pihak panitia penyelenggara acara kepada pihak lain yang mau diajak kerja sama. 

kerja sama tersebut akan membawa keuntungan bagi kedua belah pihak. biasanya sebuah penyelenggara acara akan mengajukan proposal kepada perusahaan dan jika disetujui maka perusahaan akan memberikan sebuah produk yang bisa di promosikan ke acara tersebut (sering dinamakan sponsor)

Biaya hasil dari sponsor tersebut bisa diggunakan untuk membiayai keperluan acara seperti membeli properti,konsumsi dan keperluan acara lainnya.

Sebuah acara akan selalu berjalan lancar jika ada yang mendukung acara tersebut yakni dari para sponsor juga ikut menyempurnakan kegiatan acara. contohnya saja pada lomba balap Formula F1 di arena balap terdapat banyak logo brand yang dimana perusahaan tersebut ikut serta dalam kerja sama yang diselenggarakan acara tersebut. 

Contoh banner HUT RI 77 Untuk Logo Proposal 17 Agustus 2022 DOC & PDF





Cara Menyusun Proposal 17 Agustus 2022 yang Benar


Menyusun proposal yang baik akan sangat penting untuk diperhatikan karena dengan adanya proposal yang baik dan benar akan membuat apa yang telah diajukan dalam isi proposal mudah diterima oleh para pesponsor.

Untuk itu patut kiranya kita semua paham dan mengetahui terkait dengan cara-cara yang tepat terkait dengan penulisan, struktur, dan lain-lain. 

Untuk itu simak dengan teliti uraiannya di bawah ini. 

1. Penulisan pada Cover


Adapun langkah atau cara-cara yang dapat anda lakukan saat membuat proposal 17 Agustus yang baik dan benar dirasa gampang dan sangatlah mudah. Anda hanya harus memerhatikan terkait dari segi luar dan isi proposal itu.

Oleh sebab itu, kamu harus menyusun dan membuat sebuah proposal tersebut sedemikian rupa dan dengan rapi termasuk dari sisi tampilan atau covernya. 

Karena tampilan awal atau cover dianggap sangat penting sebab akan menentukan isi dari proposal yang dibuat di dalamnya. Maka sebelum kamu menyusun dan membuat proposal, alangkah baiknya agar memperhatikan teknik dan cara-caranya berikut ini. 

Yang pertama pasti akan membutuhkan cover yang berguna sebagai pengantar sebelum masuk ke inti dari adanya proposal yang telah dbuat untuk menuliskan di covernya juga harus benar dan tepat. Simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini. 
Cara penulisan dirgahayu harus tepat. Perhatikan contoh dibawah :

SALAH:


Selamat Hari Ulang Tahun RI ke-77
Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77
Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77
Peringatan Ulang Tahun RI ke-77
HUT RI ke-77

BENAR:

Selamat Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia
Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia
Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia
HUT ke-77 RI
Peringatan Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia

Contoh Cover proposal 17 agustus 2022

Dibawah ini merupakan bagian cover depan dari Proposal 17 Agustus 2022 tampak depan.  untuk nama desa dan wilayah silahkan di edit sendiri. 

Contoh Cover proposal 17 agustus 2022 dibawah ini hanyalah referensi untuk umum dan sebagai contoh bahwa pembuatan proposal tidaklah sulit yang terpenting isi nya itu sederhana, lengkap, dan dapat diterima. 

2. Jelaskan Maksud dan Tujuan


Isi proposal bisa panjang tanpa penjelasan yang singkat dan padat. Memang, proposal yang tepat dan sehat harus disajikan secara jelas dan rinci. Untuk itu, hindari hukuman yang berlebihan untuk memaksimalkan maksud dan tujuan Anda. 

3. Cantumkan kebutuhan biaya 


 Hal lain yang dianggap penting adalah kebutuhan biaya. Memang, salah satu tujuan dari proposal ini adalah untuk mencari bantuan keuangan. Harap sertakan biaya yang diperlukan untuk operasi tersebut. 

4. Transparansi 


Isu penting lainnya adalah transparansi. Anda dapat menyertakan komposisi komite dan pengelola dana. Bahkan, Anda juga bisa melihat sisa dana event tersebut akan digunakan untuk apa.

Berikut ini ada contoh proposal 17 agustus 2022 yang disusun dengan baik dan benar dan bisa dijadikan contoh oleh anda yang mau membuat sebuah acara lomba.

1. CONTOH PROPOSAL KEGIATAN HUT RI KE - 77 DESA CIREMAI GIRI  TAHUN 2022

A. PENDAHULUAN

17 Agustus 1945 merupakan tanggal yang mengisahkan suatu peristiwa bersejarah bagi masyarakat Indonesia. pada tanggal tersebut merupakan awal mulanya negara Indonesia terbebas dari para penjajah setelah sekian lamanya dijajah oleh bangsa seperti belanda dan jepang. tentunya pada momentum ini masyarakat Indonesia harus mengingat dan mengenang sebuah jasa pahlawan yang telah membela negara tanah air kita. sebagai pemberi penghormatan kepada mereka kita adakan sebuah upacara bendera beserta acara lomba-lomba kepada anak bangsa Indonesia sehingga mereka mengetahui perjalanan negara Indonesia pada zaman penjajahan hingga saat ini.

B.MAKSUD DAN TUJUAN

Tujuan dilaksanakanya acara ini adalah untuk :

1. Memberikan edukasi kepada anak-anak betapa pentingnya menghargai jasa para pahlawan
2. Memberikan semangat kepada seluruh masyarakat agar memiliki jiwa seperti para pahlawan kemerdekaan yaitu jiwa patriotrisme dan pantang menyerah
3. Mengadakan beberapa jenis perlombaan kepada anak-anak untuk memeriahkan acara 17 agustus 

C.PESERTA

Seluruh warga Rw 17 Ciremai giri kelurahan kecapi kecamatan harjamukti

D. WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan acara HUT RI akan dilaksanakan pada :

  1. Tanggal : Senin 17 Agustus 2022
  2. Tempat : Lapangan Baperkam Rw 17 Ciremai Giri

E. SUSUNAN KEPANITIAAN

  • Ketua : Muhammad Syahroni
  • Sekretaris : Dinda Mulyaningsih
  • Bendahara : Restu Apriliani
  • Seksi acara : Tino Rudihartono
  • Seksi dokumentasi : Sinta bella
  • Seksi peralatan : Gunawan Nasution
  • Seksi lomba : Bettand Senopati
  • Seksi pembina : Grizzy Koel

F. JENIS KEGIATAN

  • Upacara kemerdekaan
  • Lomba sepedah
  • Lomba sepak bola
  • Tarik tambang
  • Lomba makang kerupuk
  • Lomba balap karung
  • Pentas menari
  • Lomba Makan
  • Lomba sepeda
  • Malam puncak

G. ANGGARAN DANA 

  • 100 Kerupuk : Rp 50.000
  • Tali tambang : Rp 50.000
  • 10 Karung : Rp 20.000
  • Dekorasi area lomba : Rp 150.000
  • Konsumsi : Rp 500.000
  • 2 Bola sepak : Rp 10.000
  • 2 Mic : Rp 70.000
  • Sewa Panggung : Rp 200.000
  • Sewa orkestra : Rp 100.000
  • Hadiah lomba : Rp 2.500.000
  • Peralatan pendukung lainnya : Rp 100.000

Total : Rp 3.750.000

Panitia pelaksanan 

Ketua                              sekretaris


M Syahroni                     Dinda Mulyaningsih


Mengetahui 


Ketua Rw



Gibran Pranaya


2. CONTOH PROPOSAL PENGAJUAN DANA 17 AGUSTUS 2022 DOC MEMPERINGATI HARI KEMERDEKAAN KARANG TARUNA

A.LATAR BELAKANG

Meraih kemerdekaan merupakan suatu hal yang tidak mudah untuk didapatkan. oleh karena itu sebagai warga negara Indonesia sudah sepatutnya harus menjaga negara ini dengan segenap jiwa dan raga. jika kita menarik ulur waktu kebelakang betapa susahnya para pahlawan Indonesia mengusir para penjajah sampai-sampai nyawa menjadi taruhanya. mendengar hal tersebut kita seharusnya bersyukur hidup di masa bebas penjajahan. betapa pahitnya masa penjajahan negara Indonesia pada waktu itu

Sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi rasa persatuan. kita harus mengenang jasa para pahlawan yang sudah berjasa untuk negeri kita ini yakni dengan menjadikan 17 agustus sebagai hari kemerdekaan negara republik Indonesia. oleh karena itu, pada hari ini kita lakukan sebuah upacara beserta berbagai macam perlombaan  agar anak generasi sekarang tidak melupakan momen bersejarah negaranya sendiri. oleh karena itu peran organisasi karang taruna sangat berperan penting dalam mewujudkan acara ini. kami berharap untuk memberikan dukungan yang sebesar-besarnya.

B. MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan dilaksanakanya acara ini adalah untuk mengingatkan kepada generasi penerus bangsa agar mengetahui sejarah negara Indonesia serta menerapkan jiwa nasionalisme dan patriotisme agar dapat berpartisipasi dalam hal bela negara. 

C. PESERTA

Peserta yang mengikuti acara Hari Ulang Tahun Negara republik Indonesia adalah seluruh para pemuda desa silih asuh 2

D. JENIS KEGIATAN

Jenis kegiatan yang akan dilaksanakan yakni sebagai berikut :

1. Lomba makan kerupuk
2. Lomba makan pakai sumpit
3. Lomba kelereng
4. Lomba sepeda hias
5. Lomba adzan
6. Lomba Masukan pensil ke dalam botol
7. Lomba puisi
8. Panggung nyanyi
9. Malam puncak perayaan pembagian hadiah
10. Penutupan dibarengi dengan makan bersama

E. WAKTU DAN TEMPAT

Acara HUT RI ini akan dilaksanakan pada

  1. Hari & tanggal : 14 - 18 Agustus 2022
  2. Tempat : lapangan Komplek silih asuh 2
  3. Waktu : pukul 15.00 - selesai

F. SUSUNAN KEPANITIAAN

  1. Pembina : Ari mukti kuncoro
  2. Penanggung jawab : Hendry
  3. Bendahara : Gabriel 
  4. Sekretaris : Aswadi 
  5. Seksi acara : Adrian maulana
  6. Seksi konsumsi : Aprilia hanna
  7. Seksi keamanan : Hengky prabowo


G. RENCANA ANGGARAN BIAYA

  • Panggung : 500.000
  • Mic : 70.000
  • Peralatan lomba : 300.000
  • Konsumsi : 1.000.000
  • Banner : 50.000
  • Seragam panitia : 400.000
  • Hadiah : 2.000.000
  • Kabel jack : 30.000
  • Sewa kamera : 300.000
  • Cuci foto : 50.000
  • Album : 40.000
  • Kertas kado : 10.000
  • Terpal : 60.000
  • Bendera merah putih : 30.000

Total : 4.840.000

Panitia pelaksanan 

Ketua                              sekretaris


                     


Mengetahui 


Ketua Rw


3. Contoh Proposal 17 Agustus 2022 Karang Taruna

A. Latar Belakang


17 Agustus adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, dan setiap hari bangsa Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan. Memiliki patriotisme, kita adalah orang-orang yang berjiwa nasional, cinta tanah air. 

Oleh sebab itulah, karang taruna di Desa Ngambon mempunyai ide untuk menyelenggarakan lomba dan pentas seni yang diadakan dalam rangka memperingati 75 tahun Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

B. Landasan Kegiatan


1. UUD 1945
2. Pancasila
3. Anggaran Dasar Karang Taruna
4. Anggaran Rumah Karang Taruna
5. Program Kerja Karang Taruna

C. Nama dan Tema Kegiatan


Kegiatan ini adalah PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN KE-77 RI dengan tema Indonesia Merdeka Jaya.

D. Tujuan Kegiatan


Adapun tujuan diadakannya acara ini, yaitu:

  • Mengajak seluruh warga desa agar mengingat jasa jasa para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan.
  • Mempererat tali silaturahmi yang harus dilakukan antar sesama warga.
  • Agar dapat menumbuhkan semangat juang dalam meraih prestasi yang sangat berguna bagi anak-anak.
  • Dapat meningkatkan jiwa-jiwa sportifitas yang bisa diraih dari adanya berlomba bagi anak-anak.

E. Bentuk Kegiatan


Adapun jenis lomba yang akan diadakan antara lain sebagai berikut :
1. Lomba Anak-anak

  • Balap Kelereng
  • Pecah Balon
  • Makan Kerupuk
  • Mengambil Koin Dalam Jeruk
  • Pecah Air
  • Balap Karung
  • Memasukan Paku ke Botol

2. Lomba Group
  • Balap Bakiak
  • Volley Net Tertutup
  • Sepak Bola Daster
3. Lomba Pemuda
  • Merias Wajah Dengan Mata Tertutup
  • Balap Egrang
  • Lomba joget

D. Pelaksanaan Kegiatan


  1. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
  2. Hari dan tanggal: Senin dan selasa,  17 dan 19 Agustus 2022
  3. Waktu: 08.30 WIB s.d. selesai
  4. Tempat: Lapangan Desa Ngambon
 

E. Panitia Pelaksana


Adapun Susunan Panita 17 agustus 2022 Karang Taruna desa Ngambon antara lain sebagai berikut : 

  • Penanggung Jawab: 
  • Ketua Panitia: 
  • Wakil Ketua: 
  • Sekretaris: .
  • Bendahara: .
  • Seksi Acara: .
  • Seksi Dokumentasi: 
  • Seksi Upacara: ..
  • Seksi Peralatan: 
  • Seksi Lomba: .

F. Estimasi Biaya


  • Karung 10 item Rp. 30.000
  • Bakiak 6 pasang Rp. 60.000
  • Kerupuk 1 kaleng Rp. 40.000
  • Buah jeruk 1 kg Rp. 45.000
  • Balon 50 Pcs Rp. 15.000
  • Bola Plastik 5 pcs Rp. 25.000
  • Kertas kado 5 pcs Rp. 10.000
  • Tali tambang 2 pcs Rp. 55.000
  • Bendera merah putih 1 buah Rp. 40.000
  • Konsumsi dewan juri Rp 150.000
  • Benang/tali 1 pcs Rp. 10.000
  • Bendera merah putih 5 buah Rp. 80.000
  • Perlengkapan hadiah Rp. 1.000.000
  • Akuntabel Rp. 70.000
  • Sewa panggung Rp2.500.000

Total Kebutuhan dana ..........

G. Peserta Kegiatan


Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan, maka Kegiatan ini akan dimeriahkan dan diikuti oleh anak-anak, pemuda, dan warga yang telah selesai dalam mengikuti proses pendaftaran dan seleksi yang diberikan oleh panitia dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Dengan adanya peserta yang ramai, tentu akan memeriahkan acara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan 17 agustus 2022 akan semakin seru. 

H. Penutup


Demikian proposal dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang kami buat ini telah kami ajukan kepada Bapak/Ibu yang bertujuan agar dijadikan sebagai bahan pertimbangan, demikian atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 20 Juli 2022

 

Ketua Panitia                                                Ketua Karang Taruna Ngambon

 

(Nama dan TTD)                                                     (Nama dan TTD)

CONTOH PROPOSAL KEGIATAN 17 AGUSTUS 2022 DI MASYARAKAT TINGKAT DESA

I. PENDAHULUAN

I.1 LATAR BELAKANG

Topik HUT RI ke 77 : "Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Teruskan Pembangunan Ekonomi Ke arah Kenaikan Kesejahteraan Rakyat, dan Kita Perkokoh Ketahanan Nasional Hadapi Rintangan Global"

I.2 MAKSUD DAN TUJUAN

I.2.1 Tujuan

Adapun tujuan diselenggarakannya aktivitas ini sebagai wujud rasa sukur ke Tuhan Yang Maha Esa dan keceriaan dalam menyongsong Hari Ulangi Tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 di tanggal 17 Agustus 2022 di masyarakat dengan meyelenggarakan beberapa kegiatan seperti perlombaan untuk anak-anak dan dewasa.

I.2.2 Arah Aktivitas

Adapun arah diselenggarakannya acara ini :
Memperkuat tali bersilahturahmi antara sama-sama masyarakat RT01/RW04 Kelurahan Waluya Cikarang Utara, Bekasi.
Tingkatkan semangat juang dalam raih prestasi antara anak-anak.
Memupuk jiwa sportifitas dalam berlomba-lomba antara anak-anak
Memupuk semangat berkebangsaan antara angkatan untuk perkuat ketahanan nasional hadapi rintangan global.

I.3 DASAR KEGIATAN

Aktivitas ini dikerjakan berdasar:
Pancasila sila ketiga, "Persatuan Indonesia".
Panduan dan instruksi bapak Ketua RW 04 mengenai penerapan aktivitas dalam rencana peringatan HUT RI ke 77 pada tingkat RT di lingkungan RW 04 Kelurahan Waluya Cikarang Utara, Bekasi.

II. ISI PROPOSAL

II.1 TEMA KEGIATAN

Aktivitas yang memprioritaskan kebersama-samaan masyarakat antara angkatan dan aktivitas anak-anak yang memiliki sifat meningkatkan daya kreativitas, keterampilan, kecakapan dan sportifitas.

II.2 MACAM KEGIATAN

1. Acara sukuran HUT RI ke 77, 17 Agustus 2022 di masyarakat

Sukuran dan Doa
Makan Malam Bersama-sama dan Ramah Tamah
Detail penerapan akan diputuskan selanjutnya

2. Perlombaan balita dan anak-anak
Tingkat Balita (umur 0 - lima tahun) 3 lomba
Tingkat SD (umur 6 - 12 tahun) 5 lomba
Tipe perlombaan akan diputuskan selanjutnya

II.3 PESERTA

Semua masyarakat RT01/RW04 Kelurahan Waluya Cikarang Utara, Bekasi.

II.4 WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

a. Perlombaan balita dan anak-anak

Hari, tanggal : Kamis, 17 Agustus 2022
Waktu : Jam 08.30 WIB s/d usai
Tempat : Lapangan Sepakbola RT01/RW04

b. Acara sukuran HUT RI ke 77 - 17 Agustus 2022

Hari, tanggal : Senin, 20 Agustus 2022
Waktu : Jam 19.30 WIB s/d usai
Tempat : Lapangan Sepakbola RT01/RW04

II.5 SUSUNAN KEPANITIAAN

Perlindungan : Tuhan Yang Maha Esa

Penasehat : Bapak Ketua RW 04

Penanggung Jawab : Bapak Ketua RT 01/RW 04

Panitia Eksekutor

Ketua Eksekutor : Didin Komarudin
Sekretaris : Bagas Pramudita
Bendahara : Desti

Seksi-seksi

1. Seksi Acara Malam Sukuran
Koordinator : Wawan
Anggota : Wiwin, Bagus, Sri,
Pipit, Fauzan, Aries ,Bagas Pramudita,
Rahman Dhani, Dodit.

2. Seksi Perlombaan Anak-Anak
Koordinator : Kahar
Anggota : Aminah, Tantowi, Lilis, Fitri,
Maemunah, Ringgo, Dirga, Taratang, Dadang.

3. Seksi Umum dan Dokumentasi
Koordinator : Jajang Saepudin
Anggota : Bagas Pramudita, Dadang

II.7 JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN

Agenda detil penerapan aktivitas akan diputuskan dan dipublikasikan setelah itu.

III. ESTIMASI BIAYA

III.1 PENGELUARAN

1. Seksi Kesekretariatan
- Pembikinan Proposal Rp. 30.000
- Photo copy Rp. 30.000
Jumlah Rp. 60.000

2. Seksi Acara Malam Sukuran
- Konsumsi Rp. 900.000
- Selingan Organ Tunggal Rp. 1.500.000
Jumlah Rp. 2.400.000

3. Seksi Perlombaan Anak-Anak
- Alat dan bahan perlombaan Rp. 300.000
- Hadiah-hadiah Rp. 900.000
- Makanan ringan untuk 60 anak @Rp. 15.000 Rp. 900.000
Jumlah Rp. 2.100.000

4. Seksi Umum dan Dokumentasi
- Bersihkan bikin photo Rp. 100.000
- Transport Rp. 200.000
Jumlah Rp. 300.000
Keseluruhan Rp. 4.860.000
Termasuk: (Empat Juta Delapan Ratus Enam Puluh Ribu Rupiah)

III.2 SUMBER DANA

Aktivitas ini mendapat dana dari :

- Kontribusi kas RT Rp. 800.000
- Arisan ibu-ibu Rp. 560.000
- Bantuan beberapa donatur RT01/RW04 yang budiman Rp. 2.000.000
- Keterlibatan masyarakat minimum Rp. 30.000/rumah Rp. 1.500.000

Keseluruhan Rp. 4.860.000
Termasuk: (Empat Juta Delapan Ratus Enam Puluh Ribu Rupiah)

IV. PENUTUP

Begitu proposal ini kami bikin. Kami menginginkan support dan keterlibatan Bapak/Ibu. Mudah-mudahan acara ini bisa terwujud seperti yang kita harap.

Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami berterima kasih.

Bagi anda yang membutuhkan file berbentu PDF atau Doc bisa mengunduhnya disini

Proposal 1


Proposal 2


Proposal 3


Ketika ingin menulis proposal harus terlihat jelas dan rapih baik dalam segi struktur tulisan serta rincian harga didalamnya agar dapat dipercaya oleh lembaga instansi yang ingin anda tuju. Hal kecil semacam ini juga bisa jadi faktor penentu diterima atau tidaknya permohonan proposal anda.

Template Proposal diatas bisa anda gunakan sebagai referensi untuk anda yang masih bingung dengan bentuk isi proposal yang ingin dibuat. anda hanya tinggal merubah data-data seperti nama,rincian harga beserta tanda tanganya saja. Dengan demikian pembuatan proposal menjadi lebih mudah dan cepat.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel