-->

Contoh pidato tentang dampak arus globalisasi

Globe, Earth, World, Globalization


Assaalamualaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat Bapak kepala sekolah SMAN 9 Cirebon
Kepada yang terhormat Wakil kepala sekolah SMAN 9 Cirebon

Yang terhormat seluruh Bapak dan Ibu guru beserta jajaran Staf Tata Usaha SMAN 9 Cirebon

Pertama-tama mari kita panjatkan Puji syukur atas kehadirat Allah SWT atas berkat limpah dan rahmatnya kita semua dapat berada disini mengikuti upacara bendera dalam keadaan sehat amin yarrobal allamin. sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan atas junjungan Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW kepada para keluarganya,sahabatnya serta pengikutnya sampai akhir zaman termasuk kita semua.

Di pagi yang cerah ini saya ingin menyampaikan mengenai dampak arus globalisasi. siapa disini yang belum mengetahui apa itu globalisasi? globalisasi adalah proses masuknya budaya asing ke dalam lingkungan kita. bisa dilihat kan sekarang banyak anak-anak sekolah terutama perempuan yang suka sekali dengan lagu-lagu korea sampai menirukan gaya tarian nya. itu adalah salah satu contoh masuknya budaya luar kedalam kehidupan kita. walaupun masuknya secara tidak langsung tetapi akan berdampak pada kehidupan orang yang menerima budaya luar tersebut.

Kita boleh saja menirukan gaya dan lagu-lagu luar itu. tetapi jangan sampai menjadikan budaya itu merubah budaya asli kita sendiri, apalagi sampai melanggar norma-norma yang ada di lingkungan masyarakat. contohnya tidak pernah lagi mengucapkan salam ketika ingin bertamu, tidak pernah menggunakan hijab lagi. hal tersebut akan membuat budaya kita sendiri akan rusak dan jangan sampai itu terjadi. sebagai warga Indonesia harusnya kita patut bangga terhadap budaya kita sendiri karena budaya inilah yang menjadikan ciri identitas kita sendiri sebagai warga Indonesia. sebagai generasi penerus bangsa. tidak ada salahnya kita semua melestarikan budaya Indonesia yang sekarang ini sudah lama tidak diggunakan seperti menggunakan pakaian adat, mempelajari tarianya dan memperkenalkan budaya kita sendiri kepada orang luar dengan cara membuat video dan membagikanya di sosial media.

Memang arus globalisasi tidak bisa dibendung . dan jika itu bisa maka tidak akan bertahan lama. karena semakin canggih dan maju nya ilmu teknologi lama kelamaan semua orang bisa mengakses berbagai informasi dari manapun dan kapanpun sampai berita atau peristiwa dari luar negeri bisa kita ketahui dengan mudahnya. jadi sebagai pengguna internet diharapkan menggunakanya dengan sangat bijak. jangan sampai kita semua menerima informasi atau berita tidak benar dan apabila ingin membagikanya disarankan sebelum membagikanya ke orang lain pastikan terlebih dahulu informasi tersebut di dapat dari sumber yang benar dan terpercaya. apabila kita hanya membagikanya saja tanpa tau kebenaranya maka akan berdampak pada diri kita sendiri. dosa ditanggung sendiri. dan satu lagi janganlah mengakses video-video maupun gambar yang tidak benar.

Oleh karena itu. kita semua selaku generasi milenial yang smart haruslah selalu memetik pelajaran dari setiap kejadian yang terjadi. dari arus globalisasi yang telah kita bicarakan sebelumnya, kita ambil sisi positifnya dan buang jauh-jauh sisi negatifnya. yaitu jangan sampai berlebihan menerapkan budaya luar apalagi sampai melanggar norma-norma kita sendiri. dan sisi positifnya perolehlah berbagai informasi yang bermanfaat dan sebanyak-banyaknya untuk bisa dipelajari, seperti mengakses situs pendidikan, belajar berbagai materi soal-soal pelajaran.

Demikian pidato saya. semoga teman-teman semua bisa memahami dan menyikapinya arus globalisasi ini dengan bijak. mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenang. kurang lebihnya mohon maaf. wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel