-->

Seorang peneliti sedang melakukan penelitian di daerah X yang berdekatan dengan tepi sungai. Ia mengatakan bahwa dalam dua tahun ke depan, daerah tersebut berpeluang terjadi banjir

Seorang peneliti sedang melakukan penelitian di daerah X yang berdekatan dengan tepi sungai. Ia mengatakan bahwa dalam dua tahun ke depan, daerah tersebut berpeluang terjadi banjir.
Besar peluangnya yaitu dua per tiga. Pernyataan berikut yang sesuai dengan maksud pernyataan peneliti adalah...

A. 2/3 x 2 = 1,33 sehingga antara 1 dan 2 tahun dari sekarang akan terjadi banjir di daerah X.
B. 2/3 lebih besar dari pada 1/2 sehingga kita dapat meyakini bahwa akan terjadi banjir di daerah X suatu saat dalam dua tahun ke depan.
C. Peluang terjadinya banjir di daerah X dalam dua tahun ke depan lebih tinggi dari pada peluang tidak terjadi banjir.
D. Kita tidak dapat mengetahui kapan terjadinya banjir, karena itu rahasia ilahi.
E.Pasti akan terjadi banjir dua tahun ke depan karena telah diprediksikan.

Jawaban C

Meskipun 2/3 x 2 = 1,33 terletak di antara 1 dan 2 kita tidak bisa memastikan bahwa antara 1 dan 2 tahun dari sekarang akan terjadi banjir di daerah X. Dengan demikian, pernyataan pilihan A salah.

Meskipun 2/3 lebih besar dari pada 1/2 , kita tidak dapat meyakini bahwa akan terjadi banjir di daerah X suatu saat dalam dua tahun ke depan. Dengan demikian, pernyataan B salah.

Peluang terjadinya banjir = P (A) = 2/3
Peluang tidak terjadi banjir = P (A')

P (A') = 1 - p (A) = 1 - 2/3 = 1/3

Ternyata 2/3 > 1/3. Hal ini bermakna peluang terjadinya banjir di kota X dalam dua tahun ke depan lebih tinggi dari pada peluang tidak terjadinya banjir. Dengan demikian, pernyataan pilihan C benar.

Meskipun kita tidak dapat mengetahui kapan terjadinya banjir karena itu rahasia illahi, tetapi dengan ilmu kita dapat memprediksikan terjadinya banjir. Akan tetapi, meskipun telah diprediksikan terjadi banjir, kita pun tidak bisa memastikan banjir akan terjadi. Dengan demikian, pernyataan pilihan D dan E salah.

Jadi pernyataan yang benar adalah pilihan C

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel