-->

Tips Cara Menurunkan demam pada anak tanpa harus ke dokter

Demam merupakan penyakit yang dapat menyerang siapapun, mulai dari anak-anak maupun orang dewasa. Tetapi penyakit akan lebih mudah menyerang pada anak-anak.oleh karena itu sebagai orang tua kita harus senantiasa menjaga kesehatan anak dengan memberinya pola makan yang teratur serta lingkungan dan waktu tidur yang cukup.
Jika anak mengalami sakit pasti gejala yang dialami oleh setiap anak ialah demam tinggi. Sebelum membawa nya ke dokter alangkah baiknya memberikan asupan nutrisi,istirahat yang cukup dan obat untuk menjaga tubuh agar suhu demam tidak meningkat.

Berikut merupakan obat herbal yang dapat menurunkan demam

1.bawang merah
Pasti ibu-ibu sudah populer dengan bawang merah kan?
Yap bawang merah ini selain dapat dijadikan bumbu masak, umbi ini ternyata mampu menurunkan panas dengan cepat.
Terbukti pada ibu-ibu yang mempunyai anak demam dengan membalurkan nya bawang merah dibadanya ketika tidur di malam hari dan keesokan paginya demam sudah turun.
Caranya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan bawang merah kemudian memberinya sedikit minyak kayu putih atau minyak telon setelah itu siap dioleskan ke badan anak
Lakukan pengolesan pada anak ketika tidur pada malam hari.

2.Sambiloto
Tanaman herbal yang dapat menurunkan demam kedua ialah sambiloto
Sambiloto merupakan tanaman herbal yang mempunyai banyak fungsi, namun dibalik khasiat nya sambiloto mempunyai rasa yang sangat pahit sekali, tapi bagi kebanyakan orang hal ini sudah biasa dikonsumsi buat penyembuhan.
Banyak orang tua mencari tanaman herbal ini untuk dikonsumsi
Mereka biasanya menggunakan obat ini menjadi jamu.
Untuk anak juga sangat ampuh menurunkan demam caranya ialah dengan merebus sambiloto kemudian disaring. Untuk menghilangkan rasa yang sangat pahitnya untuk anak-anak sebaiknya tambahkan madu supaya rasa nya tidak terlalu pahit.

3.Air Kelapa Muda
Air kelapa muda memang banyak diburu oleh orang,dikarenakan air kelapa mempunyai mukjizat yang sangat ampuh untuk mengatasi banyak penyakit salah satunya ialah demam.
Sejak dulu air kelapa memang menjadi andalan banyak orang untuk menyembuhkan penyakit.
Berilah anak setidak nya minimal satu gelas sehari air kelapa untuk menurunkan demam.
Harus diperhatikan bahwa air kelapa yang dipakai untuk obat ialah air kelapa yang masih muda.

4.Jahe
Obat herbal keempat penurun panas ialah  jahe.
Jahe sering sekali dipake dalam pembuatan minuman penghangat karena rasa hangat nya yang enak contoh nya skoteng,wedang jahe,bajigur dan masih banyak lagi
Selain dijadikan seperti minuman penghangat,jahe juga bisa dijadikan minuman penurun panas lho salah satunya diolah dengan cara mengambil perasan dari jahenya.
Caranya geprek jahe hingga ancur kemudian rebus jahe tersebut kemudian air rebusan nya diminum.
Biar anak suka kasih satu sendok madu agar rasanya tidak tawar.
Jahe memang tidak terlalu banyak di pakai sebagai obat herbal penurun panas, tetapi banyak yang sudah terbukti jahe juga dapat menurunkan panas.

5.Memakan sayur dan buah-buahan
Sayur dan buah-buahan memang sangat bagus untuk pencernaan,selagi tubuh demam banyak dokter menganjurkan memakan buah dan sayuran untuk meningkatkan imunitas anak supaya memperkebal tubuh ketika terserang penyakit.
Buah yang bagus untuk mempercepat penurunan panas ialah pepaya,pisang dan semangka.
Mencari sayuran pun tidak perlu yang mahal cari yang harganya terjangkau seperti wortel,bayam,kangkung.
Jenis sayuran diatas juga sudah dapat mencukupi nutrisi bagi anak, selain murah bayam,kangkung dan wortel juga dapat meningkatkan energi pada anak ketika ia sedang sakit.

Hal-hal diatas dapat dilakukan kepada sang buah hati kita ketika sedang mengalami demam.
Ketika beberapa hari tidak ada penurunan panas alangkah baiknya anak harus segera dibawa ke dokter agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Semakin cepat anak diperiksa ke dokter maka penyakit akan mudah teratasi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel