-->

Cara mengatasi error Rebort propeler device pada laptop/notbook


Untuk kalian yang mempunyai laptop mungkin pernah mengalami error atau kendala yang dialami entah masalah hardware maupun software seringkali menjadi permasalahan yang menggangu kegiatan kerja anda.

Sebelum kendala ini dibawa ke tempat servise terdekat.tidak ada salahnya bagi kita untuk melakukan servise sendiri dikarenakan mungkin hanya terdapat masalah kecil saja yang tidak memerlukan biaya yang besar.
.
Nah maka dari itu disini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi error pada laptop yang mengalami error tidak bisa masuk ke Menu
Kira" tulisan nya seperti gambar dibawah ini
Tulisan nya ialah 
"Rebort and select proper Boot device
Or insert boot media in selected boot device and press a key"

Nah ketika mengalami masalah seperti itu maka yang harus dilakukan ialah pertama-pertama harus mengecek hardisk terlebih dahulu apakah tidak ada hardisk yang terpasang,ataupun banyak debu sehingga hardisk tidak bisa berfungsi normal atau bisa jadi pemasangan hardisk tidak benar.
Setelah mengecek semuanya baru hidupkan kembali laptop/notbook anda apakah masih muncul pesan tersebut.

Jika masih ada maka coba tekan secara bersamaan pada keyboard tombol "Ctrl+Alt lalu delete"
Fungsi dari Ctrl+Alt dan delete yaitu untuk merestart laptop dan mengulangi proses booting untuk membaca hardisk.

Ketika langkah ini masih belum juga dan masih terdapat pesan error yang sama.
Maka yang harus dilakukan meresrart kembali seperti cara tadi dan ketika muncul logo merk laptop tekan "delete" untuk masuk ke dalam bios nya.
Tampilan bios seperti ini
setelah masuk ke bios sebelum nya mari di cek dulu apakah status hardisk nya terbaca atau tidak,bisa dilihat di menu boot tentang hardisk, untuk berpindah kursor gunakan tanda panah atas,bawah,samping pada keyboard.jika tulisan hardisk terbaca dengan nama merk/model nya berarti hardisk tidak bermasalah tetapi jika hardisk bertuliskan seperti kode-kode atau angka saja berarti ada masalah pada hardisk atau mungkin hardisk rusak minta diganti yang baru.

untuk hardisk yang masih normal dan mengapa tetap muncul pesan error coba ke menu advanced perhatikan OS selection jika sebelum nya berstatus Legency OS diganti menjadi UEF Ios kemudian kembali dan exit

Itu saja yang bisa saya sampaikan jika masih ada kendala yang dialami sama,alangkah baiknya segera periksa ke tempat servis terdekat.
Terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel