-->

Laporan hasil Wawancara perkebunan kelapa sawit


I.Latar belakang
Siapa sih yang tidak tahu perkebunan kelapa sawit?
Yah perkebunan ini merupakan tempat penghasil minyak masak maupun minyak industri yang sangat bermanfaat untuk bahan industri makanan ataupun mesin biodiesel, dimasa sekarang perkebunan kelapa sawit sudah banyak tersebar di beberapa wilayah indonesia salah satunya yaitu pulau jawa yang lahan perkebunan nya semakin lama semakin berkembang meluas.tetapi dengan adanya perkebunan itu lahan hutan  ataupun persawahan seringkali dipakai untuk tempat budidaya kelapa sawit sehingga tempat binatang ataupun tumbuhan lainya yang hidup didalamnya semakin surut.
Tetapi dengan adanya perkebunan ini menambah nilai ekonomi bagi pemiliknya karena hasil dari minyak kelapa sawit ini sangat dicari oleh beberapa perusahaan terutama perusahaan luar negeri yang bisa mendapatkan bayaran yang begitu mahal.
II.Maksud dan Tujuan
1.Memenuhi tugas bahasa Indonesia
2.Menambah wawasan tentang perkebunan kelapa sawit
3.Mengetahui cara berbudidaya tanaman kelapa sawit
4.Melatih kerja sama antar kelompok
5.Melatih berbicara dan mengemukakan pendapat kepada sesama Anggota kelompok
III.waktu dan tempat
Rabu 26 Februari 2019
Waktu:13.00
Tempat: perkebunan kelapa sawit.
IV.Anggota Wawancara
1.Narasumber: pak Dedi haryanto
2.Ketua: Ismi prayoga
3.Sekretaris: Indah maulina
4.Juru Foto: Andi Lesmana
5.Juru video:Harina Restu
6.Juru Rekam: Yuni Asri Fatriandi
V.Percakapan Wawancara
Pewawancara: Permisi pak,saya dari rombongan Pariwisata Cirebon ingin mewawancarai bapak tentang perkebunan kelapa sawit bapak ini,bolehkah saya mewawancarai bapak sebentar?
Narasumber: oh boleh-boleh silahkan.
Pewawancara:sudah berapa lama pak ada perkebunan kelapa sawit disini?
Narasumber: sudah lumayan lama kira-kira 5 tahun lebih
Pewawancara: biasanya dijadikan apa saja sih pak hasil panen dari kelapa sawit ini?
Narasumber:Buahnya Bisa dijadikan minyak goreng,sabun,mentega,dan beberapa kosmetik,Selain buahnya cangkang dan ampasnya juga bisa diolah lagi
cangkangnya bisa  dijadikan arang,dan ampasnya bisa dijadikan makanan hewan.
Pewawancara: susah tidak sih pak mengelola kelapa sawit ini?
Narasumber: gampang-gampang susah sih caranya soalnya harus diperhatikan lebih rinci mulai dari bibit nya harus yang unggul karena itu merupakan awal mula dari kesuksesan menanam kelapa sawit,belum lagi penggunaan pupuk nya harus sesuai takaran.belum lagi hama yang menggangu harus diberikan obat anti hama.
takutnya kalau dari hal yang kecil saja tidak benar maka kedepan nya hasil panen nya akan buruk malah hasil minyak nya bisa jadi jelek kualitasnya atau bisa jadi tidak berbuah sama sekali bisa rugi membuang-buang waktu dan tenaga.
Pewawancara: berapa lama sih pak tanaman kelapa sawit ini berbuah dan menghasilkan minyak?
Narasumber:Biasanya tanaman kelapa sawit ini berbuah sekitar 4 tahun dan bulai matang buah nya 5-6 bulanan.cirinya kalau sudah matang buahnya warna merah oranye bisa juga ditandai jatuh ke tanah.jika sudah matang harus cepat-cepat diambil karena kalau kematangan minyak nya akan beda hasilnya.yah jadi harus benar-benar kerja keras lah kalau mengelola kebun kelapa sawit ini.
Pewawancara: hasil dari kebun kelapa sawit ini dikemanakan pak?
Narasumber: setelah panen hasilnya akan di taruh untuk diolah ke beberapa macam jenis bisa minyak,lilin,bahan bakar lalu dijual dengan harga yang bisa dibilang lumayan besar. Alasan menanam kelapa sawit disini memang harga nilai ekonomi nya juga sangat tinggi bahkan sampai di ekspor ke luar negeri.
Pewawancara: bagaimana sih pak cara mengolah hasil panen kelapa sawit ini menjadi minyak?
Narasumber: proses nya lumayan panjang untuk dijadikan minyak cuman bapak bukan bagian pengelola hasilnya jadi kurang tau bagaimana cara mengelola nya
Pewawancara: berapa keuntungan yang didapat dari mengelola kebun kelapa sawit ini pak?
Narasumber: tidak bisa dijelaskan.
Ya intinya sih mulai dari modal perawatan dan menanam nya besar tapi pas panen juga alhamdulillah lebih besar dari harga modal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel