-->

Laporan hasil wawancara kantin sekolah


I.Latar belakang
Kantin merupakan tempat menjual berbagai macam makanan dan minuman yang ada disekolah. pada saat jam istirahat kantin adalah tempat favorit bagi para siswa karena disinilah tempat siswa untuk melepaskan penat nya sehabis belajar. disana banyak dijajakan makanan yang sangat enak seperti bakso,siomay,empal gentong,seblak dan berbagai macam minuman dingin yang tentunya harganya sangat murah karena harganya menyesuaikan dengan uang jajan siswa yang ada disana.

berdagang dikantin merupakan suatu usaha yang bisa mendapatkan banyak keuntungan dikarenakan kantin memiliki banyak pembeli yaitu adalah siswa sekolah. sebut saja ibu Tini beliau berjualan dikantin sekolah menjajakan berbagai macam makanan dan minuman yang setiap harinya habis terjual dan keuntungan yang dimilikinya lumayan bisa menafkahi keluarga. sebagai penjual di kantin Bu Tini selalu memberikan makanan yang sehat dan juga bersih karena bagi ibu Tini kebersihan makanan merupakan hal yang utama.

II.Maksud dan tujuan
1.Mengetahui modal usaha berjualan
2.Mengetahui keadaan ekonomi pedagang kantin
3.Mengetahui pendapatan kantin sekolah

III.Topik wawancara
Wawancara pedagang kantin

IV.Waktu dan tempat
Rabu 10 Oktober 2018
Tempat: kantin SMAN 9 Cirebon
Waktu: 13.00

V.Anggota wawancara
Narasumber: ibu tini setiani
Ketua: dilan permana
Juru foto: diah tresmawati
Juru tulis: entin nurhayati
Juru video: eko hartono
Juru rekam: didin edwin

VI.Percakapan wawancara
Pewawancara: selamat siang bu boleh minta waktunya sebentar,kami sedang ada tugas untuk mewawancarai kantin sekolah
Narasumber: iya silahkan nak mau wawancara apa? kebetulan lagi jam pelajaran jadi lagi sepi pembeli.
Pewawancara: kira-kira sudah berapa lama ibu berjualan di kantin sekolah ini?
Narasumber: oh sudah 5 tahun nak semenjak waktu angkatan 2013 ibu sudah mulai berjualan disini dan waktu itu disini masih sedikit orang yang berjualan nya baru ibu sama temen ibu saja tetapi temen ibu sudah tidak disini lagi dia sudah pindah ke kantin SD
Pewawancara: Boleh tau bu apa saja yang ibu jual disini dimulai dari makanan dan minumanya?
Narasumber: disini ibu menjual berbagai macam makanan yaitu ada pisang goreng, mie goreng, naget, sosis, seblak, nasi lengko minuman nya ada tea jus,nutrisari,jasjus dan beberapa minuman botol. ada juga cireng isi. ibu tidak tetap menjual makanan yang sama kadang-kadang kan murid juga bosen jadi ibu tiap bulan berganti-ganti jenis makanan yang ibu jual supaya lebih bervariasi.
Pewawancara: bisa dijelaskan bu secara singkat saja berapa harga makanan yang ibu jual disini?
Narasumber: ibu menjual makanan disini tidak terlalu mahal karena ibu menyesuaikan bekal jajan yang dimiliki murid semuanya dibawah 10 ribu yaitu ada nasi lengko 5000,nasi goreng 8000,pisang goreng 2000 kue bawang 1000 kalau ciki-cikian ada yg 1000,2000.
Pewawancara: berapa modal ibu berjualan disini?
Narasumber: 3 juta de untuk membeli bahan-bahan makanan disini. tapi itu waktu dulu karena ibu menjual makanan lumayan mahal jadi ibu berpikir untuk menjual makanan yang murah saja karena waktu dulu menjual makanan yang diatas 10 ribu tidak telalu laku. sekarang kira-kira 1,5 juta sebulan
Pewawancara:berapa harga sewa tempat di kantin ini bu?
Narasumber: 15 juta pertahun nak. lumayan gede sempat dulu ibu mau 1 tahun saja karena takut tidak sesuai dengan pendapatan ibu, tapi perkiraan ibu salah ternyata pertahun ibu bisa dapat lebih dari itu jadi ibu lebih memilih disini saja.
Pewawancara: bagaimana dengan jualan di kantin ini bu apakah makanaya terjamin kualitasnya?
Narasumber: oh yang pasti terjamin nak karena ibu selalu mengutamakan kebersihan makanan dan ibu juga selalu membungkus makanan nya agar tidak terkena debu dan lalat jadi jangan ragu untuk membeli disini
Pewawancara: berapa penghasilan ibu ini dengan modal segitu dan berapa yg ibu dapat perharinya
Narasumber: ibu biasanya melakukan perhitungan tiap bulan jadi perharinya ibu tidak hitung. kalau perbulan ibu bisa mendapatkan 1 - 2 juta.
Pewawancara: apakah keadaan ekonomi ibu lebih baik setelah berjualan disini
Narasumber: lumayan mempengaruhi sebelum saya berdagang disini saya berjualan di rumah dan penghasilan nya beda jauh dengan yang disini karena disini selalu habis daganganya dan pembelinya lebih banyak.jadi ibu tidak menyesal berjualan disini bisa sampai menguliahkan anak juga.
Pewawancara: oh begitu berarti ibu sangat beruntung ya bisa mempunyai usaha yang sangat bisa membantu mencukupi kebutuhan ekonomi.
Narasumber:iya nak alhamdullilah Allah sudah melancarkan rezeki ibu dengan mudah
Pewawancara: suami ibu apa tidak bekerja
Narasumber: oh suami ibu sudah meninggal 9 tahun yang lalu
Pewawancara: oh maaf bu. ibu pastinya sangat berjuang keras ya bu dalam untuk menghidupi keluarga ibu
Narasumber: iya dengan begini ibu sudah lebih bersyukur karena kehidupa ibu selalu tercukupi
Pewawancara: terimakasih bu atas wawancara nya
Narasumber: ya sama sama

VI.Kesimpulan
Perjuangan ibu Tini dalam memenuhi kebutuhan ekonominya sangat patut diacungi jempol bagaimana tidak, ibu Tini sampai bisa menguliahkan anaknya hanya dengan berjualan dikantin sekolah. kegigihan dan ketekunan ibu tini dalam berjualan tidak pernah pudar setiap harinya ibu Tini selalu membuat berbagai macam makanan dan minuman seorang diri. dengan usaha sebesar ini ibu Tini bisa sampai mendapatkan 1 hingga 2 juta perbulannya.

VII.Saran
Dengan usaha yang maksimal pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal juga.oleh karena itu janganlah berputus asa ditengah jalan selalu berusaha untuk bisa mencapai tujuan dan yang pasti pantang menyerah itu kuncinya. tidak ada usaha yang tidak membuahkan hasil. sedikit demi sedikit pasti akan merasakan hasilnya juga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel