-->

Laporan hasil wawancara kecelakaan motor


I .Latar Belakang
Puji syukur atas kehadirat ALLAH SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga kami sebagai salah satu kelompok wawancara di kelas X-3 SMAN 9 CIREBON dapat melaksanakan tugas bahasa Indonesia di semester genap ini dengan sebagaimana mestinya. Kegiatan wawancara ini bertujuan untuk memperoleh informasi dari narasumber. selain itu kami juga ingin menambah pengalaman dan sebagai bekal kami di masa depan.

Hasil diskusi kami memutuskan untuk mewawancarai seorang pemilik warung yang berada tidak jauh dari lokasi kecelakaan. dengan terlaksananya kegiatan wawancara ini. maka insya Allah kami telah memenuhi tugas bahasa Indonesia dengan harapan kai mendapatkan nilai yang memuaskan dan semoga hasil wawancara ini bermanfaat bagi teman-teman.

II .Maksud dan Tujuan
1. Memenuhi tugas Bahasa Indonesia semester genap
2. Meningkatkan solidaritas antara anggota kelompok
3. Belajar untuk dapat bekerjasama dan mengesampingkan ego
4. Melatih mental dalam berbicara dengan orang yang lebih berpengalaman
5. Melatih untuk disiplin dan beranggung jawab
6. Memperoleh informasi dari narasumber langsung

III .Topik Wawancara
Kecelakaan sepeda motor

IV .Waktu dan Tempat
Kegiatan wawancara ini dilaksanakan pada
Hari / tanggal : Senin, 14 Maret 2016
Pukul : 16.30 WIB
Tempat : Pusat Cirebon, Jalan Ciremai Raya

V .Anggota Wawancara
Narasumber :Bapak.Sutandi
Ketua :M.syaikhu Rais
Pewawancara :Nugy prayuda
Reskha Nanda A. dan choerul imam
Juru Foto : Mak'bud purwoko
Juru video :Fajri adlan
Juru Rekam :jidan fikri maulana
Juru Tulis : aby khoeril lukman. dan shella listia dewi

VI. Kronologi Wawancara
Pada hari Selasa, 14
Maret 2016, pukul 16.30 wib
kami melihat kerubunan orang sedang melihat kecelakan motor yang menabrak sesama antara motor dengan motor ujar seseorang yang melihat dengan jelas kejadian tersebut.dan kamipun bercakap-cakap dengan bapak sutandi dan meminta untuk melakukan wawancara untuk kepentingan tugas sekolah kami. bapak Sutandi adalah seorang pemilik warung yang melihat saksi kecelakaan tersebut. 

Wawancara dalam bentuk dialog
Kami: assalamuallaikum pak saya boleh mewawancarai tentang kecelakaan tadi?
Narasumber: boleh silahkan saja.
Kami: oke saya mulai saja ya pak pertanyaan nya, pak seperti apa kronologis kejadian kecelakaan antara motor dengan motor ini pak??
Narasumber: saya melihat sendiri sepertinya motor kehilangan kendali waktu belok ke arah timur dan bertemu dengan motor lagi dan akhirnya dia menabrak dari arah yang berlawanan. setelah kejadian itu korban sempat pingsan dan dibawa ke pinggir jalan agar tidak menghalangi lalu lintas.
Kami: siapa saja yang menolong korban dan apa saja kerusakan dan apakah korban terluka parah?
Narasumber: warga sekitar yang menolong korban dan membantu menggotong kerumah sakit secara pasti saya belum tau luka korban parah atau tidak nya karena pada saat kejadian tidak ada tim medis untuk menolong dia langsung dibawa kerumah sakit
Kami: apakah bapak tahu penyebab kehilangan keseimbangan sepeda motor tersebut sampai dia menabrak motor yang lainya?
Narasumber: hari itu sedang dalam keadaan hujan mungkin penyebabnya karena jalanan licin dan penggemudi ngebut akhirnya kehilangan kendalinya yang menyebabkan kendara yang dinaikinya melaju dengan arah yang tidak menentu yang akhirnya kendaraan nya menabrak kendaraan lain yang berlawanan.
Kami: ada berapa orang yang menaiki motor yang menabrak itu pak?
Narasumber: ada 3 orang suami istri penumpang yang menaikinya satu anak digendong oleh ibunya tapi untung saja anak yang digendongnya tidak mengalami luka sama sekali karena ibunya menggendongnya dengan kuat sehingga tidak terjatuh dari pangkuan nya.
kami: apakah ada penguna jalan lain pak yang mengalami luka?
Narasumber: yang ditabraknya sekarang juga sudah dilarikan ke rumah sakit dikarenakan ada luka yang cukup parah di bagian wajah akibat tabrakan dengan pengendara yang hilang kendali tersebut dan juga motornya mengalami kerusakan yang parah. sementara kedua kendaraan mereka dibawa ke kantor polisi untuk diamankan.
kami : bagaimana keadaan sekitar ditempat lokasi kecelakaan ini pak?
Narasumber: banyak orang yang menolongnya tadi dan juga kondisi lalu lintas setelah kecelakaan cukup membuat macet dikarenakan lalu lintas terhambat oleh kendaraan korban yang akibatnya sekarang masih saja macet sejauh 100 meter keadaan ini membuat polisi turun tangan untuk mengatur keadaan lalu lintas yang macet ini.
Kami : apakah bapak tahu pak mengapa pengendara tersebut kehilangan kendali pak?
Narasumber : sebelum tertabrak bapak lihat korban mengendarai kendaraan tersebut dengan sangat kencang mungkin ini dikarenakan pengemudi terlalu terburu-buru membawa motor yang menyebabkan nya kehilangan kendali.
Kami: oke terima kasih pak atas informasinya semoga di kota cirebon ini tidak ada lagi kecelakaan yang memakan korban lagi ya pak
Narasumber: iya saya harap pengguna jalan selalu lebih memperhatikan keselamatan lalu lintas dan mengendarai dengan tenang dan tidak tergesa-gesa.

VII.Kesimpulan hasil wawancara
Penyebab kecelakaan ini disebabkan karena pengendara motor yang tidak bisa mengendalikan motor nya dikarenakan jalanan licin karena pada waktu itu keadaan lagi hujan deras sehingga motor terus melaju tanpa arah dan mengakibatkan menabrak pengguna jalan yang lainnya dari arah yang berlawanan. untungnnya pengendara yang membawa anak dan istri nya tidak mengalami cedera luka yang parah tetapi hanya mendapati luka lecet yang membuatnya dilarikan ke rumah sakit dikhawatirkan ada penyakit serius yang tidak diketahui.

IX.SARAN
Ketika hujan turun sebaiknya para pengendara motor lebih berhati-hati dalam berkendara dialibatkan jalanan licin dan selalu memberi Lampu sen setiap hendak berbelok dan diharapkan setiap pengguna jalan harus menggunakan perlengkapan berkenndara seperti helm,jaket dan juga kaca spion karena hal itu sangatlah penting untuk meningkatkan keselamatan. setiap pengendara juga tidak diperkenankan untuk melakukan kebut-kebutan dikarenakan bisa terjadi hal-hal yang dapat membahayakan seperti kejadian yang tadi motor tidak bisa sepenuhnya dikendalikan karena jalanan yang licin.

Setelah terjadinya kecelakaan ini diharapkan pembaca bisa memetik pembelajaran bahwa keselamatan adalah hal yang paling penting dibandingkan sampai ketempat tujuan dengan cepat. karena kecelakaan tidak hanya merugikan kita sendiri tetapi merugikan orang lain yang ada disekitar nya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel